Terbit: 19 April 2018
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.ComBad mood adalah kondisi perasaan tidak nyaman yang menyebabkan seseorang jadi malas melakukan apa saja. Dia jadi sering marah, tidak melakukan konsentrasi dengan baik, hingga memicu munculnya masalah baru karena sikapnya yang dianggap keterlaluan oleh orang lain.

Waspada, 5 Penyakit Ini Bisa Picu Munculnya Bad Mood

Bad mood terjadi bukan karena ada hal buruk yang terjadi pada diri seorang. Gangguan ini juga bisa muncul dari penyakit tertentu di bawah ini.

1. Stroke

Stroke tidak hanya berdampak pada penurunan fungsi dari otak saja. Kalau lesi terjadi pada di lobus frontal kiri, kondisi bad mood akan sering terjadi. Seseorang akan sering mengalami cemas, sedih, dan hal lain terkait dengan perasaan secara berlebihan.

2. Penyakit Parkinson

Penyakit Parkinson membuat seseorang mengalami gangguan pada tubuh berupa tremor yang cukup besar. Tubuh akan susah digerakkan karena terasa sangat kaki. Penderita Parkinson juga mengalami gangguan keseimbangan sehingga mudah sakit. Lebih lanjut nyaris sepatuh penderita penyakit ini alami bad mood parah hingga depresi.

3. Gangguan Tiroid

Gangguan tiroid yang menyebabkan seseorang jadi bad mood, lemas, lesu, dan gangguan kesehatan lain adalah hipotiroid. Sedikitnya kelenjar tiroid yang ada pada tubuh memengaruhi energi yang dimiliki. Kalau energi yang dimiliki sedikit, kondisi bad mood akan terus datang setiap hari.

- Iklan -
Iklan DokterSehat Farmaku Family Fest - Advertisement

4. Kekurangan vitamin

Tubuh juga bisa bad mood karena kekurangan vitamin D dan B12. Untuk mengembalikan mood, disarankan untuk mengonsumsi suplemen atau mengonsumsi aneka olahan susu dan biji-bijian.

5. OSAS

Obstructive sleep apnea syndrome adalah gangguan pada saluran pencernaan berupa kolapsnya sistem selama beberapa saat ketika tidur. Kondisi ini kerap membuat penderita alami susah napas, tremor, hingga gangguan mood yang berkepanjangan.

Nah, kalau Anda sering alami bad mood padahal tidak sedang mengalami masalah, coba periksakan kesehatan ya. Siapa tahu ada gangguan berbahaya di atas.


DokterSehat | © 2020 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi