Terbit: 25 April 2018
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com– Jika Anda ditanya tentang penyakit apa yang paling berbahaya di dunia? Mungkin Anda akan menjawab kanker. Sebab, kanker memang penyakit yang sangat ganas dan tak segan untuk menghilangkan nyawa penderitanya tanpa mengenal usia maupun jenis kelamin. Penyakit ini bisa menyerang siapa saja, baik pria maupun wanita, dewasa maupun anak-anak. Pola hidup yang tidak sehat adalah salah satu pemicu terjangkitnya penyakit kanker.

Waspada, 3 Benda Rumahan ini dapat Memicu Kanker

Photo Credit : pexels.com

Akan tetapi, selain pola hidup yang tidak sehat, ternyata pemicu kanker juga bisa dari beberapa benda yang ada di sekitar kita, di rumah contohnya. Berikut adalah 3 benda di rumah yang bisa memicu pertumbuhan sel kanker.

  • Tirai dan Karpet

Tirai yang berfungsi untuk menutupi jendela dan menghalangi panas matahari dan karpet yang sering digunakan sebagai alas ini ternyata juga bisa memicu tumbuhnya sel kanker. Hal ini dikarenakan zat kimia yang bersifat karsiogenik dari asap rokok, yakni cadmium yang dapat menempel pada tirai dan karpet. Sayangnya, cadmium sangat kuat menempel dan tidak bisa dibersihkan. Agar hal ini tidak terjadi, sebaiknya jangan merokok di dalam ruangan yang terdapat tirai dan karpet.

  • Sofa

Selain tirai dan karpet, sofa juga merupakan benda yang wajib ada di setiap rumah. Benda yang biasanya digunakan sebagai tempat duduk ini juga bisa memicu tumbuhnya sel kanker. Hal tersebut disebabkan karena sofa dirawat dengan menggunakan bahan kimia anti api, yaitu TDCIPP. Akan tetapi, sebuah penelitian menemukan fakta bahwa TDCIPP hanya ditemukan pada sofa yang dibuat sebelum tahun 2013. Untuk itu, jika Anda memiliki sofa yang dibuat sebelum tahun 2013, Anda harus segera menggantinya dengan sofa yang baru agar terhindar dari risiko penyakit kanker.

- Iklan -
Iklan DokterSehat Farmaku PTH - Advertisement

  • Lemari

Lemari merupakan salah satu benda yang biasa diletakkan di dalam kamar untuk menyimpan pakaian. Tak jarang, Anda akan menggunakan produk bahan kimia bernama perchloroethylene yang Anda letakkan di dalam lemari untuk membuat baju tetap terjaga kebersihannya. Ternyata, bahan kimia ini mengandung karsinogen yang Anda temui pada produk lain seperti penghilang noda, semir sepatu, dan pembersih kayu. Tak heran jika zat ini juga dapat memicu terjadinya kanker.


DokterSehat | © 2020 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi