6 Warna Sperma Menandakan Kondisi Kesehatan Pria! Apa Warna Spermamu?

warna-sperma-doktersehat

DokterSehat.Com – Selama ini kita hanya mengenal warna sperma atau air mani adalah berwarna putih dengan kekentalan yang berbeda-beda. Selain itu kita tidak tahu kalau sebenarnya warna air mani cukup beragam dan masing-masing warna bisa menandakan kesehatan dari pria.

Mengapa sperma berubah warna? 

Warna sperma biasanya abu-abu keputihan dengan tekstur seperti jeli. Ini bisa bervariasi tergantung pada gen, pola makan, dan kesehatan Anda secara keseluruhan.

Kecuali jika Anda mengalami gejala biasa lainnya, perubahan warna sperma sementara biasanya tidak perlu dikhawatirkan.

Simak penjelasan jenis-jenis sperma laki-laki berdasarkan warna di bawah ini untuk mengetahui apa arti sperma berwarna kuning, utih kekuningan, merah atau kecokelatan, dan lainnya.

Macam-Macam Warna Sperma dan Artinya bagi Kesehatan Pria

Ketahuilah tanda kesehatan apa saja yang dialami pria dari jenis-jenis sperma pria berdasarkan warna yang dihasilkan, seperti berikut ini:

1. Putih kekuningan

Warna sperma kekuningan biasanya terjadi pada pria yang sudah semakin lanjut usia. Kondisi ini cukup normal selama tidak ada gangguan seperti rasa sakit saat ejakulasi terjadi atau saat berhubungan seks.

Selain karena faktor usia, jenis sperma dengan warna ini juga terjadi bila pria mengonsumsi makanan tinggi sulfur. Agar warna sperma kembali normal, pria disarankan untuk mengurangi makan bawang bombay, bawang putih, dan brokoli.

2. Putih pekat

Warna sperma yang keluar saat ejakulasi juga bisa putih pekat dan kekentalannya tinggi. Pria yang mengalami kondisi ini tidak perlu khawatir karena tidak berbahaya untuk kesehatan. Kondisi sperma jadi pekat terjadi karena ada penumpukan sperma akibat pria jarang ejakulasi.

3. Kuning keemasan

Jenis sperma yang berwarna keemasan atau kuning biasanya terjadi karena ada campuran urine. Pria yang tidak menginginkan spermanya tercampur dengan urine disarankan untuk kencing dahulu sebelum berhubungan badan dengan pasangan.

Saat pria menahan kencing, ada urine yang tersangkut di dekat saluran yang menyemburkan sperma. Saat pria ejakulasi, urine jadi ikut keluar dan dua cairan ini tercampur.

4. Merah atau agak cokelat

Jika warna sperma merah atau agak kecokelatan berarti ada gangguan pada prostat atau saluran kemih. Warna ini muncul akibat perdarahan yang terjadi di dalam organ dan ikut keluar terbawa sperma. Selain kedua gangguan kesehatan tersebut, berikut ini penyebab sperma berwarna merah lainnya yang perlu Anda waspadai:

  • Hipertensi

Tekanan darah tinggi (hipertensi) dapat menyebabkan air mani berwarna merah karena tercampur darah, terutama jika tidak ditangani.

  • PMS

Penyakit Menular Seksual (PMS) seperti herpes, klamidia, dan gonore dapat menyebabkan darah muncul di air mani Anda.

  • Seks yang kuat atau sering masturbasi

Dalam beberapa kasus, ejakulasi atau masturbasi yang sering dapat menyebabkan darah muncul di air mani Anda. Tidak mengalami orgasme dalam waktu lama, atau menghentikan diri sebelum ejakulasi, juga dapat menyebabkan darah masuk ke dalam air mani.

Ini biasanya tidak memprihatinkan dan akan normal dalam satu atau dua hari.

5. Kuning 

Uretra adalah saluran yang dilewati oleh air seni dan air mani, sehingga air seni dapat bercampur dengan air mani untuk mengubah warna. Meskipun air mani biasanya berwarna abu-abu keputihan, beberapa pria mungkin memiliki sperma yang berwarna kuning.

Namun, jika warna sperma kuning mewakili perubahan warna yang signifikan bagi seorang pria, ini And waspadai!

Beberapa penyebab potensial yang terkait dengan sperma berwarna kuning termasuk:

  • Urine dalam sperma

Semen mengalir melalui uretra, yang merupakan tabung yang sama dengan yang dilalui urin. Ada kemungkinan bahwa beberapa urin berwarna kuning dapat bercampur dengan air mani, yang akan memberi semen warna kuning atau gips.

  • Penyakit kuning

Ini terjadi ketika hati mengalami kesulitan memecah bilirubin, produk sampingan dari penghancuran sel darah merah. Ikterus paling sering menyebabkan mata menguning tetapi dapat menyebabkan kulit dan air mani tampak kuning juga.

  • Sel darah putih abnormal tinggi

Peradangan dapat menghasilkan sel darah putih berlebih. Ini dapat dilepaskan melalui semen, suatu kondisi yang dikenal sebagai pyospermia atau leukocytospermia. Sel darah putih tambahan dapat menyebabkan air mani tampak kuning. Ini dapat menjadi hasil dari infeksi.

  • Infeksi menular seksual

Infeksi menular seksual (IMS), seperti klamidia, herpes, atau gonore dapat menyebabkan semen kuning. Dalam hal ini, air mani pria mungkin juga memiliki bau yang tidak sedap.

  • Perubahan pola makan

Makan makanan yang mengandung pewarna dapat menyebabkan semen kuning. Bau ejakulasi juga dapat berubah jika pria makan makanan berbau kuat, seperti bawang putih, bawang merah, asparagus, atau brokoli.

  • Ejakulasi yang jarang

Jika seorang pria belum mengalami ejakulasi dalam beberapa waktu; semen lebih mungkin bercampur dengan urin.

6. Hitam

Warna sperma hitam biasanya disebabkan oleh hematospermia. Darah hitam biasanya adalah darah tua yang sudah lama ada di tubuh Anda.

Sperma hitam juga dapat dikaitkan dengan:

  • Cidera tulang belakang

Cedera pada sumsum tulang belakang Anda dapat menyebabkan air mani berwarna coklat gelap atau hitam. Meskipun alasan pastinya tidak diketahui, mungkin ada hubungannya dengan kerusakan vesikel seminalis. Kelenjar ini menghasilkan beberapa zat yang membentuk semen.

Jika Anda belum melakukannya, temui dokter tentang cedera Anda. Mereka dapat menilai apakah itu menyebabkan gejala tertentu atau apakah mereka merupakan hasil dari masalah mendasar lainnya.

  • Logam berat

Satu studi 2013 menemukan bahwa kadar logam berat yang tinggi – seperti timbal, mangan, dan nikel – dalam darah dapat menyebabkan semen berwarna gelap.

Ini dapat terjadi akibat paparan makanan, air, atau faktor lingkungan lainnya yang terkontaminasi.

Nah, dari macam-macam jenis sperma di atas, mana yang kira-kira pernah Anda alami, Teman Sehat?

Kualitas & Kondisi Sperma yang Sehat

Warna sperma yang sehat adalah putih atau keabu-abuan seperti awan. Ungkapan ‘kamu adalah apa yang kamu makan, minum, dan merokok’ ternyata benar ketika berbicara tentang air mani. Sebuah studi tahun 2014, yang diterbitkan di Fertility and Sterility, mengungkapkan bahwa pria yang kesehatannya secara keseluruhan mendapat nilai terendah lebih cenderung memiliki kadar sperma dan kualitas sperma yang lebih rendah.

Seorang pria terus membuat sperma hingga usia tua dan dapat tetap subur asalkan produksi sperma oleh testis berlanjut. Namun, berlebihan minum alkohol dan merokok dapat merusak produksi sperma, menyebabkan pria menjadi kurang subur.

Obesitas juga dapat menyebabkan masalah karena pria gemuk menghasilkan lebih banyak estrogen dari lemak, menghambat produksi sperma. Penggunaan steroid sebagai bagian dari rencana olahraga yang berlebihan juga dapat menghasilkan aktivitas sperma.

Cara Meningkatkan Kualitas Sperma

Bukan hanya diet atau pola makan wanita yang penting ketika mencoba untuk hamil. Mempertahankan pola makan yang seimbang dan sehat (antioksidan sangat baik untuk kesuburan) juga akan menjaga sperma tetap dalam kondisi yang baik, sementara kebiasaan mengonsumsi alkohol dan merokok dapat merusak kualitas sperma. Namun, kabar baiknya adalah efek ini dapat dibalik, jadi mulailah menguranginya penyebab kerusakan sekarang.

Selain itu, penelitian menunjukkan bahwa obesitas dapat menurunkan kualitas dan kuantitas sperma pria hingga seperempatnya, jadi ada baiknya menurunkan berat badan sebelum program kehamilan. Bahkan jika tidak kelebihan berat badan secara signifikan, olahraga yang sehat masih merupakan kegiatan yang bagus karena dapat secara aktif meningkatkan kesuburan pria dengan meningkatkan konsentrasi sperma.

Sebuah studi 2013 yang dilakukan oleh Harvard School of Public Health, menemukan bahwa pria yang melakukan aktivitas fisik di luar ruangan selama satu setengah jam setiap minggu, akan memiliki konsentrasi sperma 42 persen lebih tinggi daripada mereka yang tidak menghabiskan waktu di luar rumah.

Selalu konsultasikan pada dokter jika Anda mengalami rasa sakit, mengalami salah satu dari macam-macam sperma di atas, ketidaknyamanan, atau kelelahan bersamaan dengan perubahan drastis pada tekstur dan warna sperma Anda.