Terbit: 8 Desember 2019
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com– Jika dicermati, rambut yang sering terpapar sinar matahari cenderung mengalami perubahan warna dari hitam menjadi kecokelatan atau kemerahan. Apakah memang sinar matahari bisa memberikan dampak bagi kondisi rambut dengan signifikan?

Mengapa Rambut yang Sering Terpapar Sinar Matahari Warnanya Kecokelatan?

Dampak Rambut Sering Terpapar Sinar Matahari

Pakar kesehatan menyebut di dalam rambut terdapat protein yang disebut sebagai keratin. Protein ini bisa ditemukan di bagian folikel, tempat akar rambut tumbuh di kulit kepala. Saat masih berada di dalam folikel, sel rambut yang masih dalam kondisi hidup akan terus aktif dalam menumbuhkan rambut. Selain itu, folikel juga akan memproduksi melanin yang mempengaruhi warna rambut kita.

Sayangnya, sinar matahari bisa menghancurkan sel-sel melanin yang ada dalam batang rambut kita. Bahkan, paparan radiasi ultra violet akan membuat melanin ‘terbakar’. Efek terbakarnya melanin ini akan membuat rambut kita memiliki warna seperti karat, yakni kecokelatan atau kemerahan.

Dalam dunia medis, proses terbakarnya melanin rambut ini disebut sebagai proses oksidasi. Kandungan melanin di dalam rambut pun menurun drastis akibat dari hal ini.

Paparan Sinar Matahari Bisa Membuat Rambut Kusut

Tak hanya akan membuat warna rambut mengalami perubahan menjadi kemerahan atau kecokelatan, paparan radiasi ultraviolet dari sainar matahari ternyata juga bisa menyebabkan rambut menjadi lebih kusut dan sulit untuk diatur. Hal ini disebabkan oleh rusaknya struktur keratin rambut dengan drastis.

- Iklan -
Iklan DokterSehat Farmaku Darlie - Advertisement

Sebagai informasi, di dalam rambut terdapat senyawa yang dikenal dengan sebutan tiol. Tiol memiliki fungsi sebagai penjaga tekstur rambut agar tetap halus dan mudah untuk ditata. Jika rambut sering terpapar sinar matahari, maka tiol akan mengalami proses oksidasi dan kemudian berubah menjadi asam sulfonat. Hal ini bisa membuat rambut seperti menempel dan akhirnya menjadi kusut.

Tips Menjaga Rambut dari Sinar Matahari

Jika kita sering berada di luar ruangan, pakar kesehatan menyarankan kita untuk menjaga kondisi rambut agar tidak mudah rusak akibat paparan sinar matahari.

Berikut adalah beberapa cara yang bisa kita lakukan tersebut.

  1. Memberikan Perlindungan bagi Rambut

Jika kita cenderung sering terpapar sinar matahari secara langsung, ada baiknya memberikan perlindungan bagi rambut agar tidak mudah mengalami perubahan warna atau menjadi lebih kusut. Perlindungan ini bisa berupa memakai topi atau payung jika memang kondisi cuaca sangatlah panas dan terik.

Bahkan, jika perlu, kita bisa menggunakan semacam spray heat protectant. Semprotan ini memiliki fungsi mirip dengan tabir surya bagi rambut sehingga bisa memberikan perlindungan dari paparan sinar matahari langsung yang sangat panas dan menyengat.

  1. Hindari Keluar Ruangan Saat Cuaca Sangat Panas

Sinar matahari pagi dan sore memang baik bagi kesehatan, namun sinar matahari di siang hari yang sangat terik bisa saja membuat perubahan warna kulit dan kondisi rambut. Sebaiknya kita menghindarinya dan melakukan aktivitas di luar ruangan saja saat cuaca sedang panas dan terik.

Jika memang ingin keluar rumah, ada baiknya pergi di pagi atau sore hari saat cuaca dan sinar matahari jauh lebih nyaman bagi tubuh.

  1. Rutin Merawat Kondisi Rambut

Tak hanya dengan rutin mencucinya dengan shampoo setidaknya dua kali sehari, pakar kesehatan menyarankan kita untuk memberikan perawatan lebih baik bagi rambut. Caranya adalah dengan menggunakan kondisioner setelah berkeramas.

Jika sering pergi ke luar rumah saat siang hari, pakar kesehatan menyarankan kita untuk memakai kondisioner berbahan volumizing demi mencegah masalah lambut lepek serta berminyak.

 

Sumber:

  1. Shafer, Aaron. 2006. Why does hair lighten in the sun but skin darken? Does it have to do with melanin?. https://genetics.thetech.org/ask/ask180 (Diakses pada 7 Desember 2019).


DokterSehat | © 2021 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi