Warna Lidah Menandakan Adanya Penyakit

kanker-lidah-doktersehat

DokterSehat.com – Saat tubuh mengalami beberapa masalah di tubuh, biasanya tubuh juga akan memberikan pertanda yang dapat dilihat dengan kasat mata atau dirasakan pada beberapa bagian tubuh manusia. Salah satu bagian tubuh yang dapat mengindikasikan adanya masalah pada tubuh adalah lidah, khususnya dalam hal warna lidah yang ternyata dapat berubah-ubah seiring adanya perubahan kondisi pada tubuh.

Lidah sendiri adalah sebuah organ tubuh yang memiliki fungsi sebagai pengecap makanan, yang tentu saja akan berpengaruh pada rasa makanan ataupun pada selera makan kita.

Fungsi lidah sebagai pengecap dapat menghilang saat terjadi sebuah kelainan maupun penyakit. Namun lidah sendiri dapat difungsikan sebagai pendeteksi adanya penyakit pada tubuh manusia. Normalnya, kita hanya mengetahui jika lidah memiliki warna merah muda.

Warna Lidah Menandakan Penyakit

Lidah kadang berubah warna sesuai dengan kondisi yang terjadi pada tubuh manusia, di antara warna-warna tersebut adalah:

1. Lidah berwarna putih

Saat lidah mengalami perubahan ke warna putih, hal ini menandakan orang tersebut biasanya menderita tifus, namun warna putih pada lidah ini juga dapat menunjukkan gejala flu atau masalah pencernaan, jika warna putih ini tipis-tipis, biasanya orang tersebut sedang kekurangan darah.

Sementara lidah bayi berwarna putih disebabkan oleh sariawan, yang merupakan pertumbuhan berlebih dari jenis ragi yang dikenal sebagai Candida albicans. Jika penyebab lapisan putih adalah sariawan, itu tidak akan dihilangkan dengan mudah. Gejala lain mungkin termasuk ruam popok untuk bayi, puting sakit dan terbakar untuk ibu, dan bahkan pada vagina.

Faktor risiko untuk sariawan termasuk penggunaan antibiotik pada kehamilan, penggunaan antibiotik saat menyusui (ibu atau bayi), atau riwayat infeksi ragi.

Lidah bayi berwarna putih mungkin juga disebabkan oleh penumpukan susu, suatu kondisi yang kadang-kadang disebut “lidah susu.” Dalam keadaan normal, susu berlebih dibuang dari lidah bayi saat menyusui atau disusui ketika lidah melakukan kontak dengan langit-langit keras. Namun pada beberapa bayi, lidah tidak bisa mencapai langit-langit keras, jadi tidak ada gesekan untuk menghapus kelebihan susu.

2. Lidah berwarna kuning

Lidah kuning kenapa? Saat lidah mengalami warna kekuningan dapat diindikasikan bahwa tubuh mengalami infeksi bakteri. Jika warna kuningnya agak kehijauan, maka infeksi bakteri sudah cukup tinggi. Warna kuning dapat berarti adanya panas tubuh yang berlebih, yang bisa disebabkan oleh adanya konsumsi rokok, makanan pedas, alkohol, atau adanya stres.

Lidah bayi kuning juga umum terjadi ketika sang bayi bangun pagi karena ketika mereka tidur, bakteri atau zat lain akan menumpuk di lidah. Ini akan menyebabkan warna kekuningan-hijau, kuning-putih, atau kuning-oranye. Penyebab lidah kuning pada bayi Anda, di antaranya.

  • Penggunaan antibiotik: Ini juga umum untuk memiliki lapisan lidah kuning setelah menggunakan antibiotik. Ini karena obat-obatan menyebabkan ketidakseimbangan flora atau mikroba, di seluruh tubuh, termasuk usus dan mulut bayi.
  • Kelebihan pertumbuhan bakteri: Lapisan kuning yang tebal di lidah adalah tanda yang jelas dari pencernaan yang buruk pada bayi.
  • Penyakit kuning: Penyakit kuning paling sering terjadi karena penyebab yang mendasarinya. Dalam hal apapun ada kelebihan bilirubin, yaitu sel darah merah dengan pigmen kuning.

3. Lidah berwarna merah

Jika lidah Anda cenderung kemerahan, hal ini menandakan adanya aktivitas panas pada tubuh. Jika warna merah hanya ada di ujung lidah, hal ini menandakan adanya panas pada jantung, sementara itu jika warna merah berada di ujung kanan atau kiri lidah, bisa jadi ada masalah di ginjal dan kandung empedu.

4. Lidah berwarna biru

Jika lidah mengalami perubahan warna ke warna biru, maka hal ini menandakan adanya darah yang dingin atau statis, tidak bergerak. Jika warna biru cenderung ungu, berarti kondisi darah justru lebih parah.

5. Lidah berwarna ungu

Jika lidah berwarna keunguan, maka ada indikasi adanya aliran darah yang tidak lancar atau adanya demam. Bahkan, jika warna ungu meliputi seluruh bagian lidah, bagian organ dalam tubuh diindikasikan sedang mengalami panas yang cukup tinggi.

6. Lidah berwarna hitam dan berbulu

Jauh lebih jarang lidah berbulu hitam. Meskipun relatif tidak berbahaya dan tidak bertahan lama, namun tidak sedap dipandang. Ini benar-benar pertumbuhan bakteri papillae yang menjebak dan kotoran mulut lainnya. Penyebabnya termasuk kebersihan mulut yang buruk dan penggunaan tembakau berlebihan, antibiotik, atau obat perut, seperti Pepto-Bismol. Anda mungkin merasakan rasa logam di mulut dan bau mulut.

Tetapi Anda dapat mengatasi lidah hitam hanya dengan menyikat dan flossing lebih sering, dan menggunakan scraper lidah untuk menghilangkan bakteri. Saat Anda melakukannya, hilangkan kebiasaan merokok di antara kebiasaan tidak sehat lainnya. Periksa ke dokter jika gejalanya bertahan lebih dari 10 hari.

7. Lidah berwarna cokelat

Anda mungkin melihat lidah kecokelata, ini sebagai tanda awal penyakit melanoma, jadi segera ke dokter jika melihat lidah berwarna cokelat.

8. Lidah berwarna pucat

Lidah pucat menandakan bahwa darah Anda sangat kekurangan hemoglobin, protein mengandung besi yang ditemukan dalam sel darah merah. Hemoglobin bertanggung jawab untuk mengirimkan oksigen ke jaringan tubuh, jadi ketika sering tidak cukup, ini menghasilkan kelelahan atau bahkan kelesuan.

Lidah berwarna pucat juga dapat menunjukkan bahwa bakteri, sel-sel mati, dan sisa makanan yang terjepit ke papillae (kuncup pengecap) lidah Anda. Bahkan yang kurang umum, lidah pucat dapat menunjukkan sariawan, yang merupakan jenis infeksi ragi.

Tanda Warna Lidah yang Sehat

Mari kita mulai dengan melihat kondisi lidah yang menunjukkan kesehatan prima: lidah yang normal berwarna merah jambu dengan rambut kecil atau kuncup pengecap berwarna putih terang di atasnya, ketebalan sedang, tidak ada retakan, bisul, atau bekas gigitan gigi.

Perhatikan permukaan lidah dengan ujung jari – Anda harus merasakan nodul kecil yang disebut papillae yang terasa sedikit kabur. Ini adalah rambut kecil di antara indera pengecap Anda.

Itu dia tanda penyakit yang bisa dilihat dari warna lidah seseorang. Caba cek sekarang, apa warna lidah Anda, Teman Sehat?