Terbit: 26 Juni 2018
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com– Pengaruh buruk lingkungan memang kerap menjadi momom menakutkan bagi kecantikan. Paparan sinar matahari bisa membawa berbagai macam dampak negatif, mulai flek hitam, kulit kering, dan yang paling bikin sebal adalah warna kulit tidak merata. Sebagaimana kita ketahui, bagian yang terpapar sinar matahari biasanya tampak lebih gelap dari yang tertutup oleh pakaian.

Langkah Mudah Mengatasi Warna Kulit Tidak Merata

Meski demikian, masalah kulit tidak merata tak selamanya disebabkan oleh matahari. Nyatanya, ada beberapa bagian yang tertutup, namun tetap saja warnanya lebih gelap dari yang lain. Hal ini disebabkan oleh penumpukan pigmen akibat biang keringat, luka, atau hal-hal yang tidak kita sadari. Hal ini tentunya sangat mengganggu dan mengurangi rasa percaya diri.

Kabar baiknya, masalah ini bisa diatasi dengan mudah. Tidak perlu mengeluarkan banyak uang, Anda cukup menggunakan bahan-bahan yang ada di sekitar kita. Beberapa bahan yang bisa digunakan adalah susu, almond, gula, lemon, putih telor, madu, oatmeal, dan yogurt.

Bahan-bahan di atas dikenal memiliki fungsi merawat kulit dan mencerahkan kulit. Anda bisa menggunakan bahan-bahan di atas baik dengan cara dicampur maupun dan digunakan sendiri-sendiri. Anda bisa menggunakan bahan-bahan tersebut sebagai masker yang dioleskan pada bagian yang gelap, atau bahkan seluruh tubuh.

Selain sebagai masker, bahan-bahan dengan tekstur kasar seperti gula dan oatmeal juga bisa dimanfaatkan sebagai scrub yang mampu membersihkan kulit. Dengan kemampuan membersihkan yang mengagumkan, keduanya juga memiliki tekstur lembut sehingga tidak akan merusak kulit.

- Iklan -
Iklan DokterSehat Farmaku Cetaphil Promo - Advertisement

Meski demikian, Anda perlu disiplin saat menggunakannya sebagai bahan perawatan kulit. Lakukan secara teratur, setidaknya sekali dalam seminggu. Jikadilakukan dengan benar, maka hasilnya akan terlihat dalam beberapa minggu. Mungkin tidak akan membuat kulit Anda lebih putih dari seharusnya, namun akan mengurangi penumpukan pigmen sehingga memancarkan warna paling cerah kulit Anda secara lebih merata.


DokterSehat | © 2021 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi