Warna Bibir dan Kaitannya dengan Kondisi Kesehatan Anda

warna-bibir-doktersehat
Photo Credit: Flickr.com/Paco Navarro

DokterSehat.Com – Bibir adalah salah bagian tubuh yang memiliki peran penting dalam mendukung penampilan karena bisa memengaruhi rasa percaya diri dalam berkomunikasi dengan orang lain. Akan tetapi, tahukah Anda bahwa kondisi bibir, khususnya warna bibir bisa menandakan kondisi kesehatan?

Mengenali Berbagai Macam Warna Bibir

Sebelum menjelaskan mengenai macam-macam warna bibir, perlu Anda ketahui bahwa warna bibir normal pada umumnya memunculkan warna merah muda dan terlihat segar. Berikut adalah penjelasan antara warna bibir dengan kondisi kesehatan tubuh, di antaranya:

1. Berwarna merah terang

Warna bibir merah menandakan kondisi kesehatan organ hati dan limpa dalam kondisi baik. Namun, jika warna bibir merah cenderung lebih terang, hal itu justru bisa menandakan adanya masalah kesehatan pada organ hati

Menurut para ahli, gejala lain yang bisa terjadi adalah munculnya bau mulut dan keinginan berlebih untuk konsumsi camilan. Selain itu, penyebab bibir berwarna merah juga bisa menandakan adanya alergi dari makanan atau minuman yang Anda konsumsi, sehingga bisa menyebabkan pembengkakan pada bibir.

2. Berwarna merah tua atau kehitaman

Warna bibir merah tua atau kehitaman adalah warna bibir yang kerap kali ditemui para perokok, khususnya perokok berat. Hal ini disebabkan oleh bibir yang kerap terpapar kandungan beracun dari asap rokok.

Hanya saja, jika Anda bukan perokok namun memiliki warna bibir yang kehitaman, bisa jadi hal ini adalah tanda dari sistem pencernaan yang tidak bekerja dengan baik. Untuk mengatasinya, Anda bisa memperbanyak asupan kaya serat dan minuman hangat.

Warna bibir ini juga bisa menandakan sistem pencernaan mengalami stres akibat keracunan. Untuk mengatasi hal ini, Anda bisa melakukan diet alkali untuk menyingkirkan agen-agen yang mengganggu.

3. Berwarna putih atau pucat

Warna bibir putih atau pucat bisa menjadi tanda bahwa Anda mengalami anemia. Kondisi ini menandakan bahwa tubuh Anda mengalami kekurangan sel darah merah atau hemoglobin.

Hemoglobin sendiri adalah bagian utama dari sel darah merah yang berfungsi untuk mengikat oksigen. Oleh karena itu, jika tubuh Anda kekurangan hemoglobin, maka bibir Anda akan menjadi pucat.

Agar hal ini tidak terjadi pada Anda, cobalah makanan kaya zat besi seperti bayam, buah-buahan kering. Konsumsi roti adalah awal yang baik untuk meningkatkan hemoglobin Anda.

4. Berwarna ungu atau kehijauan

Warna bibir ungu biasanya disebabkan oleh kondisi tubuh yang sedang kedinginan akibat suhu udara yang rendah. Hanya saja jika suhu udara berada dalam kondisi normal namun warna bibir memiliki warna keunguan, kehijauan, atau kebiruan, bisa jadi hal ini menandakan adanya masalah kesehatan pada jantung atau saluran pernapasan. Segera ke dokter untuk mendapatkan penanganan dengan tepat.

Bibir berwarna ungu adalah sesuatu yang tidak boleh diabaikan, karena bisa saja hal ini menandakan Anda memiliki masalah jantung dan pernapasan. Jika ada tanda garis hijau di sekitar bibir, hal itu menandakan sirkulasi darah yang buruk di sekitar hati dan limpa.

5. Berwarna merah muda

Warna bibir normal adalah warna merah muda. Warna bibir sehat ini menandakan bahwa Anda memiliki kesehatan tubuh yang baik. Teruslah mempertahankan gaya hidup sehat untuk mempertahankan kondisi ini.

Warna bibir merah muda menunjukkan tubuh dan pikiran yang sehat. Ini berarti bahwa Anda melakukan segalanya dengan benar untuk menjaga tubuh tetap bugar.

Menjaga Warna Bibir Sehat

Perlu Anda ketahui bahwa bibir tidak memiliki kelenjar minyak dan kelenjar keringat. Tidak adanya dua kelenjar tersebut membuat bibir sangat rentan pecah-pecah dan kering. Berikut adalah beberapa langkah yang bisa dilakukan untuk menjaga warna bibir normal, di antaranya:

1. Memanfaatkan lidah buaya

Bagi Anda yang memiliki warna bibir hitam dan ingin mengembalikan warnanya kembali normal, cara alami yang bisa Anda coba adalah menggunakan gel lidah buaya. Senyawa pada lidah buaya dapat menghambat produksi melanin di bibir sehingga bibir akan terlihat segar dan cerah.

Cara penggunaannya sangat mudah yaitu hanya dengan mengoleskan pada bibir kemudian diamkan gel hingga mengering. Kemudian, bilas hingga bersih.

2. Memanfaatkan minyak kelapa

Selain lidah buaya, Anda juga bisa menggunakan minyak kelapa untuk mengatasi masalah warna bibir. Selain dipercaya dapat memberikan warna bibir normal, minyak kelapa juga dipercaya mampu mengatasi bibir pecah-pecah. Oleskan minyak kelapa secara rutin pada siang dan malam.

3. Campuran madu dan gula

Campuran 1 sendok gula dan 1 sendok madu dipercaya dapat mengatasi masalah warna bibir. Gula dan madu bisa dimanfaatkan sebagai scrub alami untuk memerahkan bibir

Scrub alami dari gula dan madu dipercaya dapat merangsang produksi kolagen baru sekaligus memperlambat proses penuaan kulit bibir. Kondisi inilah yang pada akhirnya membuat warna bibir dapat terlihat lebih cerah.

4. Kebiasaan menjilat dan mengigit bibir

Warna bibir normal adalah idaman semua orang, namun banyak orang juga tidak menyadari terdapat kebiasaan yang membuat warna bibir menjadi lebih gelap yaitu menjilat dan menggigit bibir. Oleh karena itu, hindari kebiasaan ini jika Anda ingin memiliki bibir berwarna merah muda.

5. Batasi konsumsi minuman berkafein

Kebiasaan mengonsumsi minuman panas berkafein seperti kopi atau teh dapat membuat warna bibir menjadi lebih gelap. Membatasi konsumsi minuman berkafein bisa mengatasi warga gelap di bibir.

6. Tidak merokok

Selain memunculkan garis kerut di area sekitar bibir, merokok juga bisa menyebabkan warna bibir menghitam. Panas yang ditimbulkan dari batang rokok berisiko untuk membakar kulit pada bibir.

Jika hal ini terjadi, bibir bisa terluka dan menyebabkan pigmentasi kulit. Kondisi inilah yang sering kali membuat para perokok memiliki warna bibir yang menghitam.

7. Jangan terpapar sinar matahari terlalu sering

Warna bibir bisa menjadi lebih gelap apabila Anda terlalu sering terpapar sinar matahari. Selain menjadikan warna bibir terlihat lebih gelap, sinar matahari juga bisa membuat bibir Anda lebih kering. Namun, jika aktivitas Anda menuntut berada di luar ruangan untuk waktu yang lama, Anda bisa menggunakan lip balm.