Terbit: 24 November 2019 | Diperbarui: 25 November 2019
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com– Tahukah anda jika kaum hawa ternyata membutuhkan waktu tidur yang lebih lama daripada pria? Hal ini ternyata disebabkan oleh kondisi tubuh wanita yang memang berbeda daripada pria. Seperti apakah perbedaan tersebut?

Wanita Butuh Tidur Lebih Lama daripada Pria

Dilansir dari Times of India, tubuh wanita cenderung memiliki suhu tubuh lebih dingin dari pria. Hal ini ternyata berdampak pada kebutuhan tidur yang berbeda. Sebuah penelitian yang dilakukan oleh Sleep Research Center at Loughborough University, Inggris, membuktikan hal tersebut.

Menurut penelitian ini, cukup banyak wanita yang lebih mudah merasa lelah dan akhirnya tidur lebih awal daripada pria. Selain itu, otak wanita juga membutuhkan waktu lebih lama untuk puih setelah kelelahan dalam melakukan berbagai aktivitas harian. Hal ini disebabkan oleh otak wanita yang cenderung bekerja dengan lebih keras daripada pria.

Dalam sebuah penelitian, disebutkan bahwa otak wanita bekerja dengan cara yang bekerja, khususnya dalam memaksimalkan sisi emosional dan penelitian analiktik. Hal ini membuat wanita cenderung melakukan berbagai hal secara multitasking sehingga membuat otak sangat sibuk dan bekerja keras.

Tak hanya itu, lebih banyak darah yang mengalir pada otak wanita, khsusnya pada bagian prefrontal cortex yang membuat mereka lebih baik dalam fokus dan lebih dominan di sisi emosional. Karena alasan inilah wanita cenderung lebih baik dalam berempati dan berintusisi. Sayangnya, hal ini juga berimbas pada kecemasan dan hal ini membuat tubuh mereka lebih mudah lelah.

- Iklan -
Iklan DokterSehat Farmaku Cetaphil Promo - Advertisement

Penyebab lain dari kebutuhan tidur wanita yang lebih lama dari pria adalah keberadaan hormon tubuh yang berbeda. Sebagai informasi, hormon wanita bekerja keras untuk mengatur siklus menstruasi, kehamilan, atau menopause. Hal ini sama sekali tidak terjadi pada tubuh pria.

National Sleep Foundation menyarankan wanita berusia 30-60 tahun untuk tidur setidaknya 6 jam 45 menit setiap hari agar bisa beristirahat dengan maksimal dan bangun dengan kondisi bugar keesokan harinya.


DokterSehat | © 2021 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi