Terbit: 6 Agustus 2018
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com – Maag adalah penyakit yang terjadi pada pria dan juga wanita. Tua dan muda bisa terkena maag akibat infeksi bakteri saat makan sesuatu yang kotor, stres, sering telat makan, dan makan sesuatu yang terlalu pedas atau asam. Seseorang yang terkena maag sering merasakan sakit di ulu hati hingga lemas tidak bisa melakukan apa-apa.

Mengapa Wanita Lebih Rentan Terkena Maag?

Dalam bahasa medis, maag sering disebut dengan nama gastritis. Kondisi ini muncul akibat produksi asam lambung yang berlebih dan melukai jaringan yang ada di sekitarnya. Kalau asam lambung terlalu tinggi di dalam tubuh, kemungkinan naik ke kerongkongan dan terjadi GERD juga semakin tinggi.

Penyakit ini ternyata lebih banyak menyerang wanita ketimbang pria, mengapa demikian? Simak beberapa ulasan di bawah ini.

Penderita maag di Indonesia dan dunia

Maag adalah penyakit yang sering dianggap sepele tapi memiliki dampak yang cukup besar. Di seluruh dunia ada setidaknya 2 juta orang terkena maag setidaknya sekali selama satu tahun. Jumlah ini cukup tinggi karena beberapa penderita maag ada juga yang berisiko mengalami kematian.

Kasus penderita maag di Indonesia sendiri cukup tinggi dan bisa dibilang mengkhawatirkan. Data dari Kementerian Kesehatan Indonesia setidaknya ada lebih daro 40 persen penduduk di Indonesia terkena maag. Bahkan data pada tahun 2013 menunjukkan kalau dari 100.000 wanita ada 15 orang yang meninggal dunia akibat maag.

- Iklan -
Iklan DokterSehat Farmaku Darlie - Advertisement

Wanita lebih rentan terkena maag

Dibandingkan dengan pria, wanita sering mengalami stres akibat banyak hal. Kalau pria mengalami stres akibat ada tekanan pekerjaan, wanita bisa stres karena mereka mengalami menstruasi. Saat PMS, beberapa wanita mengalami perubahan emosi yang naik turun sehingga memicu terjadinya stres.

Nah, agar stres tidak mengganggu aktivitas sehari-hari, beberapa wanita lebih memilih untuk melarikan diri dengan makan. Mereka lebih banyak makan untuk memberikan efek tenang pada tubuh. Apa saja akan disantap tanpa mempertimbangkan efek yang diberikan.

Beberapa wanita lebih suka mengonsumsi makanan yang terlalu pedas atau asam dalam jumlah yang banyak. Akibat makanan yang terlalu ekstrem ini, asam lambung di dalam tubuh bisa naik. Selanjutnya stres yang berlebihan juga memicu perubahan hormon di dalam tubuh.

Cara mencegah penyakit maag

Meski maag bisa menyerang dengan mudah pada siapa saja, bukan berarti penyakit ini tidak bisa diatasi. Ada beberapa hal yang bisa dilakukan untuk mengatasi terjadinya maag yang berlebihan.

  • Hindari makanan dan minuman yang mengandung kafeina dalam jumlah yang besar. Beberapa makanan dan minuman yang bisa dihindari adalah kopi, cokelat, teh, dan aneka soda.
  • Hindari makanan yang bisa menghasilkan gas di dalam perut. Makanan itu adalah aneka jenis ubi, sawi, dan kol.
  • Hindari makanan yang bisa memicu asam lambung naik. Makanan yang bisa memicu asam lambung naik signifikan adalah makanan yang terlalu pedas dan juga asam. Hindari capai terlalu banyak atau buah-buahan yang terlalu asam.
  • Atur pola makan dengan benar seperti tiga sekali. Jangan pernah melupakan sarapan setiap harinya, bawa bekal saat siang, dan selalu makan malam dengan tepat.
  • Perbanyak karbohidrat kompleks agar kenyang lebih lama.
  • Hindari makanan yang terlalu berlemak dan juga bersantan.
  • Kelola stres di dalam tubuh. Kalau sampai mengalami stres yang berlebihan, kemungkinan terkena maag terlalu tinggi. Kalau ada masalah, coba segera atasi dengan meminta bantuan orang lain.

Inilah ulasan singkat tentang maag yang lebih rentan mengenai wanita ketimbang pria. Nah, Anda sendiri bagaimana, sering terkena maag atau tidak?


DokterSehat | © 2021 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi