Terbit: 6 Mei 2018
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com – Kanker serviks biasanya terjadi pada wanita yang sudah berumur, misal di atas 40 tahun. Kanker ini menyerang serviks yang menjadi penghubung antara rahim dan juga vagina. Kanker menyebabkan terjadi pembengkakan dan juga infeksi pada serviks dan memengaruhi organ seksual dan reproduksi wanita secara langsung.

Wanita Muda Bisa Kena Kanker Serviks, Ini Penyebabnya

Kanker serviks pada wanita sangat berbahaya karena bisa menyebabkan kematian. Itulah mengapa pencegahan kanker harus dilakukan sejak dini karena kanker serviks juga menyerang wanita yang masih muda. Berikut beberapa hal yang menyebabkan wanita muda rentan terkena kanker serviks.

  1. Melakukan seks terlalu dini

Wanita yang melakukan seks terlalu dini menyebabkan organ reproduksinya rentan terinfeksi HPV. Seperti yang kita tahu HPV bisa menyebabkan kanker serviks meski sebagian besar dari strain virus hanya menyebabkan kutil kelamin.

  1. Sering berganti pasangan

Infeksi dari HPV mudah menyebar dengan berbagai aktivitas seks yang tidak sehat, Wanita yang sering berganti pasangan dan melakukan berbagai jenis seks tanpa kondom akan mudah terkena kanker serviks.

  1. Tidak melakukan vaksinasi HPV

Vaksinasi HPV adalah hal wajib yang harus dilakukan oleh wanita. Pasalnya sekitar 30 persen wanita sering mendapatkan infeksi HPV meski melakukannya dengan pasangan resmi. Jadi, tidak ada salahnya untuk mencegah sejak dini.

- Iklan -
Iklan DokterSehat Farmaku Darlie - Advertisement

  1. Merokok

Wanita yang merokok juga semakin rentan dengan infeksi HPV serta kanker serviks. Saat merokok, sel kanker akan terpicu untuk keluar dan akhirnya tumbuh menjadi besar.

  1. Sudah terkena penyakit menular seks lain

Apabila Anda sudah pernah terkena penyakit menular seks seperti klamidia, sifilis, dan gonore, peluang terjadi kanker serviks akan semakin besar. Bahkan virus HPV bisa dengan mudah menembus sistem kekebalan tubuh yang menurun.

Nah, inilah penyebab kanker serviks yang terjadi pada wanita muda. Semoga bisa Anda gunakan sebagai rujukan.


DokterSehat | © 2021 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi