Terbit: 30 April 2018
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com – Yang kita tahu selama ini adalah pria lebih sering mengorok ketimbang wanita. Kondisi ini terjadi karena ada perbedaan struktur tubuh di area leher dan juga karena faktor kecapaian. Lebih lanjut, mengorok juga sering terjadi pada pria yang mengalami obesitas parah.

Wanita Mengorok Berisiko Terkena Gangguan Jantung

Meski mengorok banyak terjadi pada pria, wanita juga kerap mengalami kondisi ini. Bahkan pada wanita, mengorok juga merupakan tanda adanya gangguan jantung yang cukup parah.

Penelitian tentang Mendengkur pada Wanita

Mendengkur pada wanita memang jarang, tapi kalau terjadi bisa saja tanda gangguan jantung. Kondisi ini diteliti oleh beberapa praktisi kesehatan di Amerika. Mendengkur pada wanita membuat risiko terkena penyakit jantung naik hingga 200% ketimbang wanita yang tidak mengalaminya.

Salah satu pemicu dari kondisi mendengkur yang cukup parah pada wanita adalah tingginya tekanan darah. Hal ini bisa semakin parah kalau kolesterol jahat di dalam tubuh semakin tinggi.

Wanita yang mengorok secara reguler biasanya mengalami kenaikan serangan jantung dan stroke hingga dua kali lipat. Selanjutnya pada wanita yang mengorok pada saat tertentu saja biasanya mengalami kenaikan risiko hingga 50%. Penelitian ini dilakukan selama 8 tahun pada 10.000 responden.

- Iklan -
Iklan DokterSehat Farmaku PTH - Advertisement

Segera Melakukan Pemeriksaan

Kalau pasangan mendapati Anda mengorok, mintalah pada dia untuk memberi tahu. Kalau mengoroknya terjadi berkali-kali, segera lakukan pemeriksaan ke dokter. Kondisi ini biasanya berkaitan erat dengan penyakit jantung meski tidak semua akan mengalaminya secara langsung.

Selain melakukan pemeriksaan secara langsung, Anda juga harus mulai menerapkan gaya hidup sehat. Misal dengan tidak makan yang terlalu berminyak, pedas, dan mengandung kolesterol tinggi. Terakhir, mulailah bergerak untuk olahraga meski hanya 15-30 menit saja setiap hari.

Demikianlah ulasan tentang mengorok dan korelasinya dengan gangguan jantung pada wanita. Semoga bermanfaat!


DokterSehat | © 2020 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi