Terbit: 8 Agustus 2018
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com– Salah satu penyakit yang paling sering dialami oleh masyarakat Indonesia adalah maag atau dalam dunia medis disebut sebagai gastritis. Penyebab dari masalah kesehatan ini adalah peradangan pada lambung atau bahkan infeksi dari beberapa jenis bakteri. Hanya saja, seringkali pemicu dari maag adalah stres dan kebiasaan telat makan.

Doktersehat - Maag

Kaum hawa ternyata jauh lebih rentan untuk terkena maag jika dibandingkan dengan pria. Menurut Kementerian Kesehatan, pada 2013 lalu, disebutkan bahwa kematian yang dipicu oleh maag pada kaum hawa jauh lebih tinggi dibandingkan dengan pria. Untuk setiap 100 ribu korban, 15,3 wanita mengalami kematian akibat maag. Sementara itu, untuk pria hanya 12 korban untuk total 100 ribu kasus.

Mengapa wanita bisa jauh lebih rentan terkena maag? Hal ini ternyata disebabkan oleh kecenderungan wanita yang lebih mudah stres dibandingkan dengan pria. Saat stres, wanita juga ingin melampiaskannya dengan makanan yang kaya lemak dan kalori yang tentu bisa memberikan efek buruk bagi lambung dan akhirnya memicu kenaikan asam lambung.

Selain itu, jumlah wanita yang menjalani program diet demi menurunkan berat badan cenderung lebih banyak dibandingkan dengan pria. Yang menjadi masalah adalah, seringkali wanita menjalani diet yang tidak sehat atau bahkan mengonsumsi pil pelangsing yang belum tentu baik bagi kesehatan dan akhirnya memicu datangnya maag.

Meski terlihat sepele, maag yang sudah sangat parah bisa menyebabkan kematian jika dibiarkan. Karena alasan inilah ada baiknya kita selalu makan dengan teratur, tidak sembarangan mengonsumsi makanan pedas, asam, atau minuman bersoda, dan memperbanyak asupan makanan sehat seperti sayur dan buah-buahan. Perbaiki pula pengelolaan stres sehingga kita pun tidak akan mudah mengalami masalah pencernaan yang cukup merepotkan ini.


DokterSehat | © 2020 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi