Benarkah Wanita Lebih Cerewet Dari Pria?

bicara_doktersehat_1
Photo Source: Flickr/Simon Blackley

DokterSehat.Com– Terdapat sebuah hal yang dipercaya oleh banyak orang di seluruh dunia, yakni wanita dianggap sebagai makhluk yang lebih banyak berbicara jika dibandingkan dengan pria. Karena alasan inilah, wanita cenderung dianggap lebih sering ditemukan dalam kondisi mengobrol bersama dengan teman-temannya atau keluarganya jika dibandingkan dengan pria. Apakah hal ini benar adanya?

Pakar kesehatan menyebutkan bahwa anggapan ini ternyata memang benar. Berdasarkan sebuah penelitian yang dilakukan di Amerika Serikat, dihasilkan fakta bahwa rata-rata wanita mampu mengeluarkan 20 ribu kata dalam sehari. Sementara itu, kaum pria justru hanya mengeluarkan 7 ribu kata dalam sehari. Hal ini berarti, terdapat perbedaan 13 ribu kata yang dikeluarkan antara kaum pria dan kaum wanita. Selain itu, hal ini berarti rata-rata wanita mengeluarkan kata hampir 3 kali lipat jika dibandingkan dengan pria.

Lantas, apa penyebab dari kecenderungan wanita bisa lebih banyak berbicara dibandingkan dengan pria? Hal ini ternyata disebabkan oleh keberadaan protein bernama Foxp2 yang lebih banyak di dalam otak wanita. Sebagai informasi, protein ini dikenal sebagai protein berbahasa yang memang bisa mempengaruhi kebiasaan seseorang untuk memiliki hobi berbicara.

Telah banyak penelitian yang membuktikan bahwa kaum hawa memang cenderung lebih suka berbicara sejak usia muda, termasuk anak-anak. Selain itu, jika kita cermati, anak perempuan juga cenderung lebih cepat belajar berbicara daripada anak laki-laki. Saat anak sudah mulai berbicara, kosakata dan pilihan kata yang diucapkannya juga lebih banyak dan lebih bervariasi jika dibandingkan dengan anak laki-laki.

Melihat adanya fakta ini, sudah bisa mengerti kan mengapa banyak wanita yang suka berbincang-bincang dalam waktu yang lama?