Terbit: 28 April 2018
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com– Kanker merupakan salah satu penyakit paling berbahaya di dunia yang bisa menyerang siapa saja dan tidak memandang usia. Selain itu, kanker juga tidak mengenal gender atau jenis kelamin, baik pria maupun wanita memiliki risiko yang sama.

Wanita Karir Berisiko Lebih Tinggi Terkena Kanker Rahim

Photo Credit: pexels.com

Untuk wanita, kanker yang paling ganas dan mematikan adalah kanker serviks atau kanker rahim. Faktanya, sampai sekarang tidak sedikit wanita yang kehilangan nyawa akibat dari penyakit ini.

Kanker rahim sendiri bisa terjadi akibat kurangnya kebersihan pada area organ intim. Misalnya berhubungan seks lebih dari satu pria alias gonta ganti pasangan, pola hidup yang tidak sehat, dan sebagainya. Menurut dokter dari salah satu rumah sakit di Singapura mengatakan bahwa kanker yang di derita oleh seorang wanita dipengaruhi oleh gaya hidup yang berbeda.

Tapi tak sampai di situ, ada lagi penyebab lain yang bisa menyebabkan wanita terkena kanker rahim, yakni faktor pekerjaan. Ternyata wanita karir berisiko lebih tinggi terkena kanker rahim dibandingkan dengan wanita yang hanya menjadi ibu rumah tangga. Dari hasil penelitian, dikatakan bahwa negara maju, atau misalnya di kota-kota besar, banyak populasi wanita yang lebih cenderung bekerja kantoran dan memiliki karir yang sukses.

- Iklan -
Iklan DokterSehat Farmaku Kids Baby - Advertisement

Karena alasan pekerjaan dan takut karir mereka menurun, maka mereka memutuskan untuk menunda kehamilan. Padahal, memutuskan untuk tidak memiliki keturunan dalam kurun waktu yang terlalu lama memperbesar risiko terjadinya kanker rahim.

Selain itu, pola hidup yang tidak sehat juga sangat mempengaruhi risiko terkena penyakit berbahaya tersebut. Pekerjaan yang padat membuat mereka jarang makan di rumah, sehingga mereka memilih untuk makan sembarangan. Seperti yang Anda ketahui bahwa masakan yang di olah sendiri di rumah akan lebih sehat bila dibandingkan dengan makanan yang Anda beli sembarangan yang justru dapat memperbesar risiko terkena kanker rahim.

Selain itu, penyebab lainnya adala usia yang terus bertambah, obesitas, menstruasi terlalu dini, menopause yang lama, serta adanya riwayat kanker payudara atau endometrium di keluarga. Untuk itu, sebelum penyakit kanker rahim ini mengintai Anda, ada baiknya jika Anda mencegahnya dengan menerapkan pola hidup sehat, serta rajin untuk memeriksanya ke dokter spesialis kandungan.


DokterSehat | © 2020 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi