Wanita, Jangan Lakukan Ini Usai Seks agar Vagina Sehat

doktersehat larangan setelah seks

DokterSehat.Com – Organ seksual wanita berbeda dengan pria karena memiliki vulva dan permukaannya terbuka lebar. Dengan bentuk seperti ini wanita harus lebih memperhatikan kebersihannya setiap hari agar kesehatan tetap terjaga. Kalau wanita tidak bisa menjaga kesehatan vaginanya, kondisi seperti keputihan patogen bisa saja terjadi.

Selain menjaga kebersihan, wanita juga harus menjaga kondisi vagina agar selalu sehat usai bercinta. Saat berhubungan badan, vagina akan mengalami gesekan sehingga beberapa bagian pasti mengalami bengkak. Selain itu, kemungkinan ada bakteri yang tumbuh dari cairan kelamin juga cukup tinggi.

Nah, agar vagina selalu sehat setiap saat, jangan lakukan beberapa hal ini usai bercinta dengan pasangan.

  1. Mencuci dengan sabun wangi

Jangan sesekali mencuci vagina dengan menggunakan sabun apalagi kalau sabunnya terlalu wangi. Sabun jenis ini mengandung banyak zat kimia yang bisa saja membuat bakteri baik di dalam vagina akhirnya mati dan infeksi dari luar bisa masuk dan mengacaukan kesehatan vagina secara umum.

Gunakan saja air bersih untuk membersihkan vagina kalau saja ada banyak cairan yang tercipta di dalam. Anda boleh menggunakan jari yang bersih untuk mengorek hingga ke dalam. Namun, sekali lagi jangan menggunakan sabun yang wangi dan berbahan kimia.

  1. Mengenakan celana dalam yang sama

Jangan mengenakan celana dalam yang sama seperti saat sedang melakukan foreplay. Celana dalam ini bisa saja mengandung cairan pelumas yang tercecer dan kotor bercampur bakteri. Kalau celana dalam tetap dipakai, kemungkinan terjadi infeksi pada vagina akan sangat besar dan berbahaya.

Lebih baik tidak menggunakan celana dalam saat tidur. Gunakan celana ringan saja agar vagina bisa bernapas dengan lega dan sembuh. Kalau Anda memaksakan diri menggunakan celana dalam, esok hati malah terasa ngilu atau malah gatal-gatal.

  1. Memakai celana yang ketat

Memakai celana dalam saja kadang tidak disarankan, apalagi mengenakan celana luar yang terlalu ketat seperti legging atau celana jins. Celana ini akan menekan erat ke vagina sehingga memberikan rasa tidak nyaman yang cukup lama. Vagina yang baru saja mengalami seks tidak akan sembuh dengan mudah.

Anda lebih disarankan untuk tidur telanjang daripada menggunakan celana yang terlalu ketat. Celana hanya mengganggu sirkulasi udara di area vulva. Selain itu, pembuluh darah juga bisa terhambat alirannya di area vagina.

  1. Tidur begitu saja

Setelah bercinta wanita memang diwajibkan mandi alih-alih langsung tidur. Namun, setelah mandi pun wanita juga tidak disarankan untuk langsung tidur begitu saja. Usai bercinta, tubuh akan mengalami penurunan energi sehingga wanita membutuhkan asupan nutrisi agar tubuh bisa beristirahat dengan maksimal.

Coba konsumsi beberapa makanan atau minuman sehat. Anda boleh minum susu cokelat untuk membuat tubuh lebih kenyang. Selanjutnya coba untuk mengonsumsi makanan atau minuman dengan kandungan probiotik seperti yoghurt. Makanan ini akan membuat bakteri baik di dalam vagina tumbuh subur.

  1. Hindari menggunakan lingerie

Beberapa wanita ada yang ingin selalu tampil seksi dan menarik di depan pasangannya. Akhirnya mereka mengenakan lingerie saat tidur. Esok hari kalau memungkinkan seks bisa dilakukan dengan intens lagi.

Memakai lingerie mungkin bisa meningkatkan gairah seksual pasangan. Namun, melakukannya hanya akan membuat vagina dan kulit di sekitarnya tersiksa. Bahan lingerei kadang tidak nyaman dan bisa membuat kulit jadi gatal atau malah terluka karena gesekan.

Nah, mari kita ingat baik-baik apa yang tidak boleh dilakukan wanita usai bercinta di atas. Semoga bisa Anda gunakan sebagai rujukan.