Terbit: 24 Maret 2018
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com– Wanita dari Yaman bernama Fatima tidak mampu membuka mulutnya selama 30 tahun kehidupannya. Hal ini ternyata disebabkan oleh keberadaan tumor yang membuat mulutnya terus menutup. Selama hidupnya, Ia hanya mengonsumsi makanan yang berbentuk cairan agar bisa merasa kenyang.

Wanita Ini Tidak Mampu Membuka Mulut Selama 30 Tahun

Photo Source: Foxnews/Newslions/SWNS.COM

Dikutip dari Fox News, Fatima sudah berkali-kali memeriksakan kondisinya ke dokter yang berbeda-beda, namun, tidak ada satupun dokter yang mengetahui apa penyebab masalah kesehatannya. Beruntung, seorang pakar kesehatan dari India mendiagnosisnya terkena temporomandibular joint ankylosis, kondisi yang membuat sendi rahangnya terkunci dengan tulang tengkorak. Untuk kasus yang dialami Fatima, penyebabnya adalah adanya tumor pada pangkal rahang.

Dr. J.B Garde, ahli bedah yang menangani kondisi Fatima berkata bahwa sang wanita menjalani prosedur operasi selama satu jam untuk menghilangkan tumor tersebut. Kini, Ia pun bisa membuka mulutnya sebagaimana orang pada umumnya. Fatima juga sudah mampu menggerakan otot-otot rahang sehingga untuk pertama kalinya dalam hidupnya, Ia mampu mengunyah makanan meskipun makanan ini masih dalam kondisi encer.

Saat diwawancara, Fatima mengaku sangat bahagia. Ia tidak sabar untuk pulang ke rumah dan berteriak sekencang-kencangnya untuk memberitahu siapa saja bahwa Ia kini sudah bisa hidup normal.

- Iklan -
Iklan DokterSehat Farmaku PTH - Advertisement

“Aku bisa pergi keluar rumah sekarang, bersosialisasi dengan banyak orang dan menikmati hal-hal kecil dalam hidup. Aku sangat berterima kasih pada dokter yang sudah memberikanku kehidupan baru,” ucapnya dengan penuh semangat.

Sobat Sehat pasti juga senang dengan kondisi Fatima yang sekarang, kan?


DokterSehat | © 2021 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi