Wanita Ini Mengalami Sakit Perut Selama Enam Tahun

doktersehat-infeksi-saluran-kemih

DokterSehat.Com– Wanita berusia 33 tahun bernama Anne Freeman mengalami masalah sakit perut dan gangguan perut kembung dalam enam tahun terakhir. Kondisi ini selalu terjadi setelah mengonsumsi beberapa makanan tertentu. Anne berpikir jika dirinya terkena penyakit celiac atau kanker usus, namun, semua tes kesehatan yang dilakukannya menunjukkan bahwa bukan itu penyebabnya.

Dilansir dari IOL, saat masih berusia 20-an, Anne mulai beberapa kali mengalami gejala seperti keracunan makanan. Setelah mengonsumsi kue atau roti, perutnya akan mengembang dan memicu rasa nyeri.

Setelah berkunjung ke dokter, Anne pun diminta untuk menurunkan asupan gluten pada diet yang Ia konsumsi sehari-hari. Kondisinya menjadi lebih baik sehingga Anne pun berpikir jika hal ini disebabkan oleh penyakit celiac. Namun, hasil tes kesehatan menyebutkan bahwa Ia tidak terkena masalah kesehatan tersebut.

Tiga tahun lalu, Ia pun berkunjung ke rumah sakit dekat dengan tempat tinggalnya. Disanalah Anne akhirnya mengetahui apa penyebab dari sakit perut yang kerap dialaminya enam tahun terakhir, yakni FODMAP Sensitivity.

Masalah kesehatan ini membuat tubuh Anne mengalami reaksi yang tidak normal pada kandungan gula di beberapa jenis makanan, termasuk pada karbohidrat di dalam gandum, buah, dan sayuran. Sejak saat itu, Anne pun mengatur ulang asupan makanan sehari-hari.  Ia bisa mengonsumsi produk susu, jamur, dan buncis, namun, Ia memilih untuk menghindari bawang merah, bawang putih, dan avokad.

Meskipun kondisi ini membuat masalah kesehatannya tak lagi datang, Anne mengaku jika Ia merasa kurang nyaman dengan diet yang dijalaninya mengingat Ia tak mampu menikmati semua jenis makanan. Hanya saja, karena tahu jika sakit perut yang dialaminya bisa mengganggu pekerjaan dan kehidupan sosialnya, Ia pun memilih untuk tetap menjalaninya.

Bagaimana rasanya ya kerap sakit perut selama enam tahun? Pasti sangat tidak menyenangkan.