Wanita Ini Bisa Mengingat Detail Semua Hal Sejak Lahir

DokterSehat.Com– Hampir semua orang hanya bisa mengingat memori yang dianggap penting atau berkesan saat kecil. Hanya saja, wanita bernama Rebecca Sharrock dari Brisbane, Australia ini bisa mengingat semua hal yang dialaminya sejak kecil, termasuk hal-hal kecil seperti kapan ia pertama kali disuapi oleh ibunya saat bayi. Apa yang bisa membuatnya bisa melakukan hal ini?

Dilansir dari Bored Panda, wanita berusia 28 tahun ini mengalami Highly Superior Autobiographical Memory (HSAM). Kondisi ini membuatnya tidak memiliki kemampuan untuk melupakan sesuatu. Hanya 60 hingga 80 orang di seluruh dunia yang memiliki kemampuan yang sangat unik ini.

“Ingatan pertama yang aku benar-benar ketahui adalah saat usiaku baru 12 hari. Saat itu, aku ditempatkan di kursi pengemudi dan difoto oleh orang tuaku,” ucap Rebecca.

“Saat aku membaca koran pada 2014 silam, terdapat sebuah artikel yang menyebutkan bahwa kita tidak akan mungkin semua hal yang kita alami sebelum usia kita 4 tahun. Saat itu, barulah aku sadar jika aku bisa mengingat semua hal sejak bayi,” lanjutnya.

Meski terlihat seperti hal yang menyenangkan, dalam realitanya Rebecca juga terkadang merasa tidak nyaman dengan kemampuan mengingatnya yang sangat super ini. Bagaimana tidak, karena tidak bisa lupa dengan berbagai hal yang pernah ia jalani, mau tidak mau ia bisa mengingat pengalaman buruk yang dialaminya dan membuatnya sedih.

Dalam realitanya, otak kita memang masih menjadi salah satu organ tubuh yang paling misterius bagi para peneliti. Kemampuan otak yang sangat luar biasa bisa memungkinkan seseorang memiliki kondisi langka seperti HSAM seperti yang dialami Rebecca.

Kini, Rebecca telah dilibatkan dalam beberapa penelitian yang berkaitan dengan memori. Penelitian-penelitian ini diharapkan bisa menjadi solusi untuk mengatasi masalah alzheimer.