DokterSehat.Com – Kanker serviks adalah petaka bagi wanita karena bisa membahayakan kesehatannya dan juga menurunkan peluang punya momongan. Untuk itu, wanita dianjurkan untuk mengecek kesehatan rahim dan vagina secara rutin agar masakah seperti ini tidak terjadi dan menghancurkan sebagian besar hal penting dalam hidupnya.

kanker-serviks-doktersehat

Nah, kalau wanita sudah terlanjut mendapatkan kanker serviks stadium 1, apa yang harus dilakukan. Dokter yang menangani pasien biasanya menganjurkan mereka untuk melakukan beberapa hal di bawah ini.

Tindakan operasi
Begitu stadium dari kanker serviks diketahui, pasien akan diminta untuk menjalani operasi agar sel tidak menyebar ke mana-aman. Tindakan operasi yang kerap diambil meliputi Radical trachelectomy yang dilakukan dengan mengambil bagian atas dari vagina dan membiarkan rahim sehingga wanita masih tetap bisa memiliki anak.

Lebih lanjut ada histerektomi yang dilakukan dengan pengangkatan rahim, dan pelvic exenteration yang merupakan operasi besar meliputi pengangkatan vagina, rahim, kemih, indung telur, dan tuba falopi.

Radioterapi
Radioterapi bisa dilakukan dengan kombinasi operasi. Selanjutnya kalau kanker sudah ada pada tahap lanjut akan ditambah dengan kemoterapi untuk mengurangi munculnya perdarahan dan rasa sakit yang dialami oleh wanita.

Radio terapi dilakukan dengan memaparkan area yang terkena kanker dengan radiasi. Caranya bisa dilakukan secara internal atau eksternal. Radioterapi biasanya hanya berjalan 5-8 minggu.

Mengubah gaya hidup
Selain melakukan pengobatan dengan berbagai metode. Wanita yang alami kanker rahim stadium 1 harus mengubah gaya hidupnya. Kalau gaya hidupnya tetap saja tidak dijaga seperti tetap makan sesuatu yang berlemak hingga merokok dan minum alkohol, proses penyembuhan tidak akan berjalan dengan lancar. Bahkan bisa membuat kanker berkembang menjadi lebih ganas.

Selanjutnya, wanita juga harus optimis dengan kesehatannya. Kalau mereka down dengan keadaan, penyembuhan akan jadi terganggu.