Terbit: 18 November 2019 | Diperbarui: 19 November 2019
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com– Memiliki badan yang gemuk adalah hal yang kurang disukai kaum hawa. Masalahnya adalah hal ini tak hanya akan membuat penampilan lebih buruk. Penelitian membuktikan bahwa wanita yang gemuk ternyata lebih rentan terkena kanker payudara. Kok bisa?

Awas, Wanita Gemuk Lebih Rentan Kanker Payudara

Kaitan Antara Berat Badan dengan Risiko Kanker Payudara

Pakar kesehatan menyebut obesitas atau kelebihan berat badan memang bisa menjadi penyebab dari berbagai macam masalah kesehatan layaknya penyakit jantung, hipertensi, diabetes, hingga berbagai macam kanker seperti kanker lambung, tiroid, pankreas, usus besar, prostat, dan lain-lain.

Para wanita yang sudah berada dalam fase menopause diminta untuk lebih cermat dalam menjaga berat badannya. Jika sampai mereka mengalami kondisi kegemukan, maka risiko untuk terkena kanker payudara bisa meningkat hingga 20 atau 40 persen jika dibandingkan dengan mereka yang memiliki berat badan yang normal.

Kelebihan berat badan akan membuat jaringan lemak di dalam tubuh lebih banyak. Masalahnya adalah hal ini bisa memicu peradangan dan kerusakan pada sel yang bisa saja berujung pada kanker payudara. Selain itu, tingginya kadar lemak di dalam tubuh juga bisa membuat kadar steroid dan hormon insulin meningkat. Kedua faktor ini bisa mempengaruhi risiko terkena kanker payudara.

Peradangan yang terkait dengan kadar lemak yang tinggi bisa membuat sistem kekebalan tubuh menurun, memicu kerusakan DNA, dan akhirnya berimbas pada berkembangnya kanker payudara.

- Iklan -
Iklan DokterSehat Farmaku Kids Baby - Advertisement

Berdasarkan penelitian yang dipublikasikan hasilnya dalam jurnal berjudul Annals of Oncology, disebutkan bahwa risiko terkena kanker payudara pada wanita gemuk bisa mencapai 21 hingga 41 persen lebih besar. Mereka juga memiliki risiko kematian dini lebih besar 25 hingga 68 persen lebih tinggi jika dibandingkan dengan wanita yang memiliki berat badan normal.

Melihat fakta ini, kaum hawa memang sebaiknya menjaga berat badannya tetap ideal, khususnya jika mulai menerapkan gaya hidup sehat demi memastikan diri mencegah datangnya berbagai macam masalah kesehatan seperti kanker payudara.

Mencegah Kanker Payudara

Pakar kesehatan menyebut ada beberapa cara yang bisa kita lakukan demi mencegah datangnya kanker payudara.

Berikut adalah beberapa kebiasaan yang sebaiknya kita perhatikan jika ingin mencegah datangnya penyakit ini.

  1. Menghindari Senyawa Paraben

Senyawa paraben bisa memberikan efek layaknya hormon di dalam tubuh. Jika sampai jumlahnya di dalam tubuh berlebihan, maka akan memicu gangguan sel-sel tubuh yang berpotensi menyebabkan datangnya kanker. Pakar kesehatan menyebut paraben bisa ditemukan di dalam kosmetik. Karena alasan inilah kita harus lebih cermat dalam memilih kosmetik.

  1. Menghindari Senyawa BPA

BPA bisa ditemukan di dalam beberapa produk plastik seperti botol minuman, peralatan makanan, hingga dot bayi. Bahkan, beberapa kemasan kalengan makanan juga memiliki kandungan ini. Sebaiknya kita cermat dalam memilih barang-barang tersebut demi mencegah datangnya kanker.

  1. Rutin Melakukan Pengecekan Payudara

Lakukan pengecekan sendiri di dalam rumah atau di depan cermin untuk mengetahui apakah sudah ada benjolan pada payudara atau tidak. Cara ini adalah SADARI atau Periksa Payudara Sendiri. Deteksi dini disebut-sebut cukup efektif dalam mencegah kematian dini akibat kanker.

  1. Hobi Makan Sayuran

Sayuran hijau tinggi kandungan antioksidan yang bisa melawan paparan buruk radikal bebas sekaligus mencegah perkembangan sel-sel tidak normal yang bisa berujung pada kanker payudara. Konsumsi minyak zaitun yang tinggi lemak sehat juga bisa memberikan manfaat yang sama.

  1. Rutin Berjalan Kaki

Meski terlihat sepele, pakar kesehatan menyebut rutin berjalan kaki ternyata bisa membantu menurunkan berbagai macam risiko kanker, termasuk kanker payudara.

 

Sumber:

  1. 2019. Women, take note! High body fat levels may increase breast cancer risk. economictimes.indiatimes.com/magazines/panache/women-take-note-high-body-fat-levels-may-increase-breast-cancer-risk/articleshow/62672748.cms?from=mdr. (Diakses pada 25 Oktober 2019).


DokterSehat | © 2021 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi