Terbit: 5 April 2018 | Diperbarui: 6 April 2018
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com – Alergi sperma atau human seminal plasma hypersensitivity adalah kondisi langka yang bisa terjadi pada pria dan wanita. Akibat alergi ini pria dan wanita kerap alami gangguan pada alat vitalnya sehingga kemungkinan terjadi kehamilan sangat kecil.

Wanita Alergi Sperma, Bisakah Mendapatkan Kehamilan?

Nah, kalau bersentuhan dengan sperma saja bisa alergi, bagaimana wanita bisa mendapatkan kehamilan. Selain itu, kalau alerginya pada pria bagaimana dia bisa menikmati seks kalau terkena cairan mani yang berisi sperma saja alergi.

Alergi sperma pada pria dan wanita

Alergi sperma yang terjadi pada wanita biasanya berupa rasa gatal, bengkak, dan rasa tidak nyaman pada vagina. Kondisi ini tentu membuat kaum hawa tidak nyaman. Setiap vagina terkena air mani yang berisi sperma, tubuh akan bereaksi terlalu sensitif sehingga gatal dan pembengkakan tidak bisa dihindarkan.

Pada pria, alergi yang ditimbulkan kurang lebih sama. Saat penis mengeluarkan sperma, area batang penis akan gatal dan rasanya tidak nyaman. Kondisi ini akan membuat pria jadi malas bercinta sehingga libidonya selalu kecil.

Cara mengatasi alergi sperma

Oh ya, hingga sekarang tidak ada obat yang bisa digunakan untuk mengobati alergi ini. Pria dan wanita akan mengalami kondisi ini seumur hidup. Meski alergi ini tidak bisa disembuhkan bukan berarti tidak bisa dicegah. Beberapa wanita biasanya mengonsumsi obat anti alergi.

- Iklan -
Iklan DokterSehat Farmaku Darlie - Advertisement

Hal lain yang bisa dilakukan adalah dengan terapi. Biasanya pasangan akan menempelkan sampel sperma di tangan pria atau wanita. Sekitar 20 menit tubuh akan memberikan reaksi dan membuat semacam kekebalan. Setelah melakukan prosedur ini pasangan dipersilahkan untuk melakukan seks seperti biasa.

Semoga kita semua tidak mendapatkan alergi yang cukup memusingkan ini ya. Kalau sampai terkena, sedikit atau banyak pasti mengganggu aktivitas seka dan reproduksi. Semoga ulasan di atas bermanfaat


DokterSehat | © 2021 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi