Sakit, Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini Ditangani 15 Dokter Spesialis

wali-kota-surabaya-tri-rismaharini-sakit-doktersehat
Photo source: www.brilio.net

DokterSehat.Com– Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini atau yang biasa disapaBu Risma dikabarkan sedang sakit. Sejak Selasa, 25 Juni 2019, Risma dirawat di RSUD Dr. Soetomo, Surabaya. Berdasarkan keterangan dokter yang merawatnya, Risma menderita maag dan asma. Kondisinya sempat membaik dan diizinkan pulang, namun ternyata Bu Risma masih harus mendapatkan perawatan medis.

Asma Akut, Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini Ditangani 15 Dokter Spesialis

Dr. Pesta Pariluan, Kepala Humas RSUD Dr. Soetomo menyebut kondisi Risma jauh lebih baik semenjak dipindah dari RSUD Dr. M. Soewandhie. Hanya saja, dr. Pesta menyebut tim dokter masih memantau kondisi Risma secara intensif. Bahkan, pihak rumah sakit sampai menurunkan 15 dokter spesialis demi menangani sang Wali Kota.

15 dokter spesialis yang dikerahkan terdiri dari dokter anestesi, dokter paru, dokter penyakit dalam, dokter mikrobiologi, dokter jantung, dokter radiologi, serta dokter patologi klinik.

“Jadi kami harus memonitor kondisi Bu Risma sebaik mungkin. Dengan adanya dokter-dokter spesialis ini, diharapkan kita bisa meraih pendapat yang tepat untuk melakukan hal-hal yang perlu dilakukan,” ucap dr. Pesta.

Hingga saat ini, Bu Risma masih diminta untuk beristirahat. Selain itu, dokter juga membatasi komunikasi dan kunjungan dari orang lain demi memastikannya bisa beristirahat dengan tenang dan mampu memulihkan diri.

Ramai Tagar #GWSBuRisma di Twitter

Kondisi kesehatan Risma ternyata menarik perhatian warganet. Tagar #GWSBuRisma pun menggema di media sosial Twitter.

Sejak Rabu, 26 Juni 2019, tagar ini sampai menempati posisi kedua Trending Topic di Indonesia. Berdasarkan analisa dari keyhole.co, tagar ini tercantum pada lebih dari 260 ribu cuitan dari para warganet.

Salah satu akun yang menjadi perhatian warganet adalah akun milik Humas Kota Surabaya @BanggaSurabaya. Akun ini terus mengunggah kondisi terkini dari Wali Kota yang dikenal disayangi oleh warga kota Surabaya ini.

Penyebab Asma Akut Bisa Kambuh

Asma adalah salah satu masalah kesehatan yang bisa membuat penderitanya mengalami masalah sesak napas yang cukup parah. Selain itu, terkadang hal ini juga bisa memicu gejala seperti batuk-batuk, bengek, dan mengi.

Berikut adalah beberapa hal yang bisa memicu asma akut kambuh sebagaimana yang dialami oleh Bu Risma:

  1. Faktor makanan

Bagi sebagian orang, mengonsumsi makanan dengan kandungan bahan pengawet dan MSG tinggi seperti makanan cepat saji atau camilan kemasan, dan makanan yang memiliki kandungan alergen seperti kacang dan cokelat bisa menyebabkan kekambuhan asma. Selain itu, minuman dingin juga bisa menjadi pemicunya.

  1. Faktor psikis

Jika kita mengalami stres berat atau sedang mengalalmi gangguan emosi, maka hal ini akan bisa menyebabkan kenaikan risiko terkena kambuhnya asma.

  1. Faktor lingkungan

Penyebab asma seringkali terjadi akibat faktor lingkungan seperti kondisi yang penuh dengan asap dan debu. Bahkan, jika cuaca sedang cukup dingin, bisa jadi akan menyebabkan kekambuhan asma. Karena alasan inilah penderita asma harus pandai-pandai membersihkan rumah atau area tempatnya beraktivitas sehari-hari agar bebas dari debu atau alergen lainnya.

  1. Mengalami flu

Meski kasusnya jarang terjadi, terkadang flu bisa memicu datangnya asma dan sesak napas. Biasanya, hal ini terkait dengan produksi lendir yang meningkat di saluran pernapasan.

  1. Kenaikan asam lambung

Penelitian membuktikan bahwa 80 persen penderita asma juga memiliki riwayat masalah asam lambung tinggi (GERD). Masalahnya adalah kenaikan asam lambung ini bisa saja terjadi dua atau tiga kali dalam seminggu.

Melihat fakta ini, penderita GERD harus menjaga gaya hidup agar tidak sampai mengalami gejala asam lambung tinggi dan mencegah kekambuhan asma.