Waktu Terbaik Berolahraga untuk Menurunkan Berat Badan

Photo Credit: Flickr.com/Bob Mims Memphis

DokterSehat.Com– Olahraga memang memiliki peranan penting dalam proses penurunan berat badan, yakni untuk menjaga massa otot agar bisa membakar lemak dan kalori secara maksimal. Mengingat perannya yang sangat penting tersebut, maka tak heran jika mereka yang ingin memiliki bentuk tubuh ideal akan berolahraga secara rutin.

Bahkan, tak sedikit dari mereka berolahraga hampir setiap hari dengan pilihan waktu seperti pagi hari ataupun sore hari. Namun, banyak yang memilih melakukan latihan di pagi hari karena kondisi tubuh yang masih segar. Lantas, waktu seperti apa yang terbaik untuk berolahraga agar bisa menurunkan berat badan secara efektif?

Perlu diketahui, berolahraga di pagi hari sebenarnya memiliki manfaat, yakni Anda dapat membangun rutinitas dan melakukannya dalam waktu yang lama. Dalam kata lain, ketika Anda melakukan latihan di pagi hari, maka Anda akan siap melakukan aktivitas pekerjaan lainnya di siang hari.

Namun, jika Anda melakukan latihan di sore hari, kemungkinan besar Anda akan merasa lelah karena siang hari Anda telah melakukan berbagai aktivitas sehingga membuat Anda merasa malas untuk berolahraga di sore hari, apalagi malam hari.

Akan tetapi, olahraga di pagi hari pun memiliki kekurangan,  yakni bisa memicu stres akibat tubuh yang tidak bisa menerima tugas yang menegangkan tersebut. Selain itu, olahraga di pagi hari dalam keadaan perut kosong juga tidak baik. Sebab, bukan lemak ataupun kalori yang akan dibakar, melainkan otot. Hal ini akan menyebabkan massa otot Anda berkurang dan memberikan dampak buruk bagi tubuh setelah berhenti berolahraga.

Sementara itu, berolahraga di sore hari dapat memberikan performa yang lebih baik dibanding dengan berolaraga di pagi hari. Hal ini dibenarkan oleh hasil dari sebuah penelitian yang menunjukkan bahwa latihan di sore hari dapat memberi hasil yang lebih baik dalam hal kinerja, daya tahan, dan kekuatan. Dan manfaat yang lebih penting adalah mampu menurunkan berar badan secara maksimal.