Waktu Terbaik Berhubungan Intim Agar Tidak Hamil

doktersehat-pasangan-seks

Cara agar tidak hamil – Sebagian pasangan suami istri sengaja menunda kehamilan Karena ingin fokus pada berbagai hal lain terlebih dahulu. Selain itu, menunda kehamilan juga biasanya dilakukan untuk menjaga jarak usia anak yang satu dengan yang lainnya. Untuk mencegah kehamilan ini, bukan berarti pasangan tidak akan melakukan hubungan intim sama sekali.

Untuk mencegah kehamilan, pasangan bisa dengan mudah mendapatkan alat kontrasepsi. Namun, jika anda termasuk dalam orang yang tidak ingin memakai alat kontrasepsi saat berhubungan intim, maka anda bisa mencari waktu terbaik untuk melakukannya agar tidak hamil.

1. Cara agar tidak hamil – Pasca menstruasi

Siklus haid setiap wanita berbeda-beda dari 21 hari hingga 31 hari. Siklus ini diawali dengan hari pertama datang bulan. Hal ini berarti hari terakhir siklus ini adalah sehari sebelum menstruasi dimulai. Di hari pertama haid inilah dinding Rahim luruh dan menyebabkan pendarahan haid. Setelah pendarahan ini berhenti, mulailah masa awal ovulasi. Fase awal ovulasi inilah yang disebut sebagai masa subur wanita sehingga jika kita berhubungan intim di waktu ini, kemungkinan untuk mendapatkan kehamilan sangatlah besar.

Jika anda tidak ingin hamil saat berhubungan intim, pastikan untuk menghitung dengan tepat kapan waktu dimana peluang untuk mendapatkan kehamilan paling kecil. Saat menstruasi, sangat kecil kemungkinan wanita untuk hamil. Namun, kita tentu sebaiknya tidak berhubungan intim saat masa ini, bukan?

Beruntung, pakar kesehatan menyebutkan bahwa 1 atau 2 hari setelah fase menstruasi ini selesai adalah masa dimana peluang untuk mendapatkan kehamilan sangat rendah. Hal ini disebabkan oleh belum adanya sel telur baru yang dilepas dalam tubuh wanita. Memang, sperma masih bisa hidup di dalam tubuh hingga beberapa hari kemudian, namun, jika belum ada sel telur yang dilepaskan, maka kecil kemungkinan kita mendapatkan kehamilan.

Memahami siklus reproduksi wanita

Memahami Siklus Reproduksi Wanita Artinya Anda harus mengetahui kapan saat berada dalam masa subur sehingga tidak berhubungan untuk menghindari terhadinya pembuahan yang menyebabkan kehamilan. Masa subur wanita yaitu saat dimana sel telur yang dilepaskan ovarium menuju leher rahim sudah matang dan siap untuk dibuahi.

Sel telur ini akan siap menunggu selama 12-24 jam kedepan untuk bertemu dengan sel sperma. Jika sperma datang dan berhasil menemukan sel telur yang sudah matang ini maka terjadilah pembuahan, sel telur kemudian menempel pada dinding rahim – artinya Anda hamil. Namun jika sel telur tidak bertemu dengan sel sperma dalam jangka waktu 12-24 jam setelah waktu pelepasan, maka kemudian sel telur akan dikeluarkan dari rahim oleh tubuh melalui proses yang disebut menstruasi.

Ovulasi adalah ketika sel telur dilepaskan dari ovarium dan mulai menuju saluran tuba falopi atau mulut rahim. Masa subur wanita adalah ketika sel telur sudah matang dan siap untuk dibuahi, berada dalam rentang masa ovulasi ini.

Baca juga: Kapan Waktu Terbaik untuk Bercinta Saat Bulan Puasa?

2. Cara agar tidak hamil – Menggunakan kondom saat sedang subur

Berhubungan intim di saat sedang masa kesuburan tanpa harus takut mendapatkan kehamilan adalah menggunakan kondom. Alat kontrasepsi kondom dapat mencegah aliran sperma masuk ke uterus dan menyebabkan kehamilan. Di banding dengan cara agar tidak hamil menghitung kalender menstruasi, cara ini terbukti lebih efektif.

Tidak banyak orang yang bisa menghitung dengan tepat siklus ovulasi dan menstruasi wanita, cara ini tentu masih memiliki resiko untuk mendapatkan kehamilan jika dibandingkan dengan penggunaan kontrasepsi yang tentu lebih menjamin.

3. Cara agar tidak hamil – Senggama putus

Kehamilan akan terjadi ketika sel sperma bertemu dengan sel telur di rahim wanita dan akhirnya terbuahi menjadi janin. Jika menggunakan kondom dirasa mengurangi kenikmatan dan stimulasi seksual, maka senggama putus adalah salah satu cara agar tidak hamil setelah penetrasi seksual. Senggama putus memerlukan kelihaian pasangan laki-laki dalam menahan keluarnya sperma saat bersenggama.

Sperma akan dikeluarkan di luar vagina sehingga pasangan wanita tidak hamil meskipun bersenggama tanpa kondom. Akan tetapi, senggama putus tidaklah menjamin ketidakhamilan setelah bersenggama. Pasalnya, laki-laki seringkali mengalami ejakulasi dini yang tanpa disadari.

Baca juga: Demi Kesehatan Vagina, Jangan Lupa Lakukan 4 Hal Ini Usai Bercinta

Salah satu cara terbaik agar tidak hamil adalah bersenggama dengan kondom. Cara Bercinta tanpa kondom tidak hamil masih menjadi perdebatan hingga saat ini.