Terbit: 17 Agustus 2018
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com– Sarapan merupakan sebuah aktivitas makan yang dilakukan pada pagi hari. Sarapan sendiri sebenarnya adalah sebuah tradisi yang diajarkan secara turun-menurun oleh orang tua. Namun, semakin ke sini, sarapan dijadikan sebagai aktivitas makan yang sangat disarankan oleh pakar kesehatan.

Inilah Jam Sarapan yang Tepat Buat Anda Pecinta Olahraga

Sebab, sarapan memiliki berbagai manfaat baik bagi tubuh, mulai dari memberi cadangan energi, menyehatkan perut, meningkatkan fokus, serta menjaga tubuh dari radikal bebas yang didapat dari aktivitas sehari-hari.

Nah, bicara tentang sarapan, ternyata setiap orang punya caranya tersendiri. Ada yang suka sarapan sebelum mandi dan ada juga yang suka sarapan setelah mandi. Tidak sampai di situ saja, banyak juga yang melakukan sarapan setelah olahraga pagi.

Lantas, mana yang paling tepat dilakukan? Sarapan sebelum olahraga atau setelah olahraga? Dilansir dari laman EliteDaily, dijelaskan bahwa mengatur pola makan pagi sebenarnya bisa menggunakan teori dari diet, khususnya diet mayo. Teorinya adalah makanan akan diserap tubuh sekitar satu jam sesudahnya. Setelah makan, maka aktivitas akan berjalan lancar tanpa hambatan.

Itu artinya, ketika Anda gemar melakukan olahraga di pagi hari, maka sebaiknya Anda perlu makan terlebih dahulu, setidaknya satu jam sebelumnya. Namun ingat, porsinya tidak boleh banyak-banyak, alias tidak boleh makan berat. Tapi makanlah makanan ringan seperti pisang, oatmeal, roti, dan sebagainya.

- Iklan -
Iklan DokterSehat Farmaku Kids Baby - Advertisement

Hal itu dimaksudkan agar tubuh mendapatkan asupan protein dan energi yang cukup untuk melakukan olahraga. Sebab, mengonsumsi makanan berat sebelum olahrag bisa memicu terjadinya kram otot. Selain itu, tubuh akan menjadi lebih lambat dalam bergerak sehingga olahraga menjadi tidak maksimal.

Setelahnya, barulah Anda bisa mengonsumsi makanan berat. Namun jangan lupa untuk mandi dan membersihkan badan terlebih dahulu.


DokterSehat | © 2021 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi