Wajib Tahu, Ternyata Make-Up Punya Masa Kedaluwarsa Sendiri

doktersehat-makeup-dandan-wajah
Photo Credit: Juanedc

DokterSehat.Com– Hobi mengoleksi alat makeup sudah menjadi hal yang wajar bagi wanita. Bukan lagi produk baru, jenis dengan warna yang sama juga membuat wanita selalu ingin membeli. Nah, bagi Anda yang hobi mengoleksi alat makeup, jangan lupa untuk memeriksa kapan produk Anda sudah tidak layak pakai lagi. Berdasarkan tips selebgram bernama Jamie Greenberg yang dilansir dari Huffingtonpost, banyak cara mengetahui kapan waktunya kosmetik harus dibuang. Salah satunya dengan mencium aromanya. Masih ragu kosmetik Anda berada pada masa kedaluwarsa? Yuk, cari tahu masa tak layak pakainya berikut ini.

Photo Credit: Juanedc

1. Lipstik, 2 Tahun

Lipstik atau gincu merupakan senjata paling wajib dibawa oleh kaum hawa. Tak heran jika mengoleksi semua jenis merek atau warna adalah wajib. Namun, Anda perlu teliti ketika hobi mengoleksi lipstik. Pasalnya, produk ini juga memiliki masa kedaluwarsanya sendiri. Setidaknya waktu layak pakai untuk lipstik ini sekitar dua tahunan setelah produksi. Jika tanggal tak tertera di dalam produk, lihat apakah warna, tekstur dan bau produk tersebut mengalami perubahan.

2. Bedak, 6-24 bulan

Selain lipstik, bedak merupakan salah satu produk yang selalu ada di tas cantik wanita. Bedak diketahui bisa tahan dari enam bulan hingga dua tahun untuk digunakan. Namun, pastikan untuk selalu memakai produk kecantikan ini dalam keadaan bersih. Hal ini tidak lain untuk mengurangi penyebaran bakteri pada kosmetik Anda. Nah, masa tak layak pakai ini juga berlaku untuk produk blush on dan eye shadow.

3. Eyeliner, 6-12 bulan

Produk penghias mata kini memang tengah digemari. Seperti lipstik, produk kecantikan ini juga memiliki masa layak pakai. Seperti eyeliner dalam kemasan gel hanya bertahan hingga enam sampai delapan bulan. Sedangkan untuk eyeliner pensil bisa layak pakai hingga satu tahun. Nah, Anda yang hobi merias mata agar lebih cantik, perlu cek lagi produk penghias Anda.

4. Maskara, 3-6 bulan

Berbeda dengan eyeliner yang bisa bertahan hingga satu tahun, maskara hanya bisa digunakan setidaknya 3-6 bulan setelah kemasan dibuka. Bukan karena tanggal kadaluarsa setelah produksi, ternyata produk ini tak layak pakai karena kecerobohan saat memakai. Hal ini memungkinkan berkembangnya bakteri yang berada di dalam botol. Ketika teksturnya mulai menggumpal dan mengeluarkan bau tak sedap, sebaiknya buang produk maskara tersebut.

Bagaimana, sudah lihat tanggal kedaluwarsa dan tanda-tanda tak layak pada produk kosmetik yang Anda punya? Tak hanya kolektor, Anda yang jarang menggunakan kosmetik juga wajib cek. Tak mau kan memakai barang yang sudah tak layak pakai. Apalagi berakibat pada wajah sehat Anda.