Terbit: 2 Juni 2018
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com– Puasa sudah berjalan lebih dari dua minggu, apa biasanya menu takjil favorit Anda?

Wajib Coba! 4 Pilihan Takjil dari Puding Super Segar & Sehat!

Kira-kira untuk berbuka hari ini sudahkah Anda mempersiapkan menu untuk takjil? Jika belum, maka pilihan menu puding yang segar dan sehat untuk berbuka di bawah ini bisa tentu bisa Anda pertimbangkan.

Manfaat mengonsumsi puding untuk berbuka puasa

Puding bisa menjadi pilihan sajian buka puasa yang menyegarkan dan nikmat apalagi jika disajikan dalam keadaan dingin, ya.

Selain itu puding bisa menjadi menu buka puasa yang menyehatkan lho, selama puding dibuat dari bahan baku yang cocok dengan kebutuhan gizi untuk berbuka puasa.

Dua asupan penting bagi tubuh yang bisa kita peroleh dari puding adalah asupan gula alami serta cairan. Keduanya menjadi salah satu zat gizi yang harus dipenuhi pada awal berbuka untuk menggantikan energi dan cairan tubuh yang telah hilang setelah seharian berpuasa.

- Iklan -
Iklan DokterSehat Farmaku Family Fest - Advertisement

Lalu, apa saja sih pilihan puding yang segar dan menyehatkan untuk berbuka?

Puding yang segar dan tetap sehat bisa kita kreasikan dari berbagai jenis bahan baku mulai dari buah, cokelat atau oatmeal.

Selain itu penggunaan gula juga bisa kita pilih dari gula alami yang menyehatkan misalnya saja sari buah, sari kurma, madu atau kayu manis.

Untuk lebih jelasnya, yuk simak pilihan puding di bawah ini:

1. Puding cokelat vanila dengan topping atau fla dari buah

Siapa yang tidak suka puding cokelat? Rasa pahit bercampur manis dari cokelat tentu membuat banyak orang ketagihan.

Anda bisa memadukan puding cokelat dengan adonan puding dari vanila. Buatlah adonan puding dari putih telur, kakao tanpa pemanis buatan, tepung maizena, susu tanpa lemak, pemanis alami, misalnya sari kurma dan garam.

Setelah menata lapisan adonan puding berwarna cokelat dan putih, Anda bisa membuat fla atau saus dari buah-buahan misalnya fla dari stroberi yang sudah matang & manis. Puding yang Anda buat tentu sangat menarik dan super lezat, bukan?

2. Puding mangga dengan fla susu

Olahan mangga belakangan ini menjadi hits untuk diolah sebagai minuman, kini tentu tak ada salahnya Anda membuatnya menjadi puding mangga.

Haluskan mangga menggunakan blender agar kandungan seratnya lebih optimal, lalu buatlah sebagai bahan baku campuran dalam puding. Anda bisa membuat saus alami dari susu rendah lemak dan sari mangga atau membuat saus dari kayu manis dan susu kental manis rendah gula yang tentu juga cocok sebagai teman puding mangga.

Jangan lupa pastikan memilih mangga yang telah matang agar Anda tidak perlu menambahkan banyak gula, ya.

3. Puding oatmeal dengan buah blueberi

Puding dari oatmeal bisa menjadi pilihan yang tetap menyegarkan saat berbuka puasa. Tekstur atau tampilan puding yang disajikan memang berbeda, namun rasanya tetap sama enaknya.

Cara membuatnya adalah dengan merebus atau panaskan oatmeal hingga lembek lalu tambahkan dua sendok makan susu rendah lemak, bubuk kayu manis, garam, tambahkan sari buah blueberi atau potongan buah blueberi segar.

Sebagai pemanis, penambahan madu boleh digunakan. Masukkan adonan dalam wadah dan sajikan dingin. Puding yang satu ini tentu tetap nikmat dan sehat bukan?

4. Puding buah mix

Ada banyak buah di rumah namun sedang bosan Anda olah menjadi jus atau salad? Olah buah tersebut menjadi puding buah mix bisa menjadi pilihan yang tepat.

doktersehat-puding-diabetes

Photo Credit: Flickr.com/James Petts

Anda bisa menambahkan potongan buah dalam adonan puding atau menyajikan puding berlapis yang masing-masing lapisnya berasal dari berbagai sari buah.

Selain itu membuat buah sebagai topping atau fla dari sari buah bisa jadi pilihan yang tepat. Pastikan buah yang Anda gunakan sudah matang sempurna agar penggunaan gula bisa ditekan, ya.


DokterSehat | © 2021 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi