Terbit: 5 April 2018
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com– Ngidam saat hamil adalah hal yang wajar, namun bagaimana dengan ngidam saat menyusu? Pada beberapa perempuan, mereka tidak hanya mengalami ngidam saat hamil namun juga ketika menyusui. Banyak yang beranggapan bahwa meningkatnya nafsu makan saat menyusui terkait dengan kebutuhan kalori yang perlu dipenuhi saat menyusui. Benarkah demikian?

Wajarkah Mengalami Ngidam Saat Menyusui?

Penyebab ngidam saat menyusui

Saat menyusui, kebutuhan kalori Anda meningkat sekitar 500 kcal per hari. Peningkatan kalori ini dapat menyebabkan Anda mengalami peningkatan nafsu makan saat menyusui. Namun dilansir dari Mom Junction, beberapa penyebab ngidam saat menyusui antara lain:

1. Kurang tidur
Kurang tidur adalah kondisi yang wajar dialami oleh ibu menyusui. Saat kurang tidur, otak akan lebih sulit untuk membuat keputusan. Otak bagian depan yang mengatur pengambilan keputusan dapat terganggu karena Anda kurang tidur. Akibatnya otak akan mengirim sinyal untuk makan makanan manis atau berlemak.

2. Stres
Stres berkepanjangan dapat menyebabkan meningkatnya hormon kortisol yang memicu meningkatknya nafasu makan. Saat stres, keinginan untuk makan akan meningkat untuk meredakan gejala stres. Namun, Anda perlu lebih cermat saat menuruti makanan yang Anda inginkan saat ngidam agar tubuh tetap mendapatkan gizi yang seimbang.

Cara mengendalikan ngidam saat menyusui

Ibu menyusui tidak selalu bisa makan makanan yang diinginkan saat ngidam. Untuk mengatasinya, Anda bisa melakukan beberapa cara berikut ini:

- Iklan -
Iklan DokterSehat Farmaku Darlie - Advertisement

1. Makan dalam porsi kecil
Wajar jika Anda ingin makan makanan yang tinggi lemak atau gula, namun mengonsumsi makanan ini terlalu banyak dapat meningkatkan kadar gula darah Anda. Ketika rasa ngidam ini muncul, Anda bisa menurutinya dengan makan dalam jumlah kecil.

2. Pilih alternatif yang lebih sehat
Setiap Anda menginginkan suatu makanan, pertimbangkan untuk memilih makanan yang diolah dengan cara yang lebih sehat. Misalnya Anda sedang ingin makan kentang goreng, mengingat kentang goreng memiliki kalori yang sangat tinggi, Anda bisa mempertimbangkan untuk makan kentang yang dipanggang daripada kentang yang digoreng dengan cara deep fried.

3. Sediakan camilan sehat
Saat ngidam umumnya tubuh Anda menginginkan gula. Untuk memenuhinya, Anda bisa menggantinya dengan gula alami dari buah-buahan seperti pisang, jeruk, atau buah-buahan yang memiliki kandungan gula alami yang tinggi.


DokterSehat | © 2021 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi