Wajah Terasa Nyeri, Waspada Hipertensi

sakit_kepala_migrain_doktersehat_1
Photo Source: Flickr/Nano Anderson

DokterSehat.Com– Hipertensi tergolong dalam masalah kesehatan yang tidak akan memberikan gejala yang kentara. Banyak orang yang bahkan tidak menyadari kondisi tekanan darahnya sudah sangat tinggi. Padahal, jika sampai tekanan darah berada dalam kondisi tinggi dalam waktu yang lama, organ-organ tubuh seperti jantung dan pembuluh darah menjadi lebih rentan terkena kerusakan. Mereka pun akan menjadi lebih rentan terkena penyakit mematikan seperti serangan jantung hingga stroke.

Memang, dalam beberapa kasus, penderita hipertensi terkadang mengalami gejala seperti kepala pusing atau bahkan gangguan pada penglihatan, namun ada baiknya mereka juga mulai mewaspadai adanya gangguan pada wajah, tepatnya dalam hal munculnya rasa nyeri. Bisa jadi hal ini disebabkan oleh trigeminal neuralgia, kondisi gangguan saraf yang bisa memicu rasa nyeri pada wajah yang dipicu oleh tekanan darah tinggi.

Menurut pakar kesehatan, saat seseorang terkena hipertensi, maka jantung akan bekerja dengan lebih keras demi bisa mengalirkan darah ke seluruh anggota tubuh. Hal ini akan berpengaruh besar pada tekanan yang ada dalam pembuluh darah di kepala. Bagi sebagian orang, rasa nyeri ini bahkan bisa dirasakan seperti sensasi berdenyut, apalagi jika sampai menyentuh saraf trigeminus.

Sebagai informasi, kondisi trigeminal neuralgia disebabkan oleh terganggunya saraf trigeminal yang berasal dari otak. Gangguan ini menyebabkan rasa nyeri tatkala ada kontak antara pembuluh darah dengan saraf trigeminal. Saat tekanan pada pembuluh darah sangat tinggi dan menyentuh saraf tersebut, muncullah rasa nyeri dan gangguan fungsi saraf.

Serangan rasa nyeri ini bisa muncul sekitar seminggu sekali. Hanya saja, frekuensi serangan ini juga bergantung pada seberapa dekat posisi saraf pada pembuluh darah. Masalahnya adalah serangan ini bisa menyebabkan stres, panik, hingga gangguan emosi akibat rasa nyeri yang tidak tertahankan.

Mengingat masalah tekanan darah tinggi juga tidak hanya menyebabkan munculnya rasa nyeri atau memicu datangnya sakit kepala, ada baiknya memang kita tidak lagi menyepelekan kondisi ini, apalagi jika kita memiliki riwayat keluarga dengan masalah kesehatan yang sama.

Pastikan untuk selalu mengonsumsi makanan sehat, rajin berolahraga, tidur dengan waktu yang cukup, mencegah stres, dan menghindari asap rokok demi menghindari masalah hipertensi.