Wah, Ternyata 3 Jenis Makanan ini Menyebabkan Masalah Buang Air Besar

tepung-doktersehat
Photo Credit : pexels.com

DokterSehat.Com– Saat Anda mengalami gangguan pencernaan atau susah buang air besar, Anda akan merasa tidak nyaman dikarenakan perut terasa penuh dan sakit. Masalah susah buang air besar ini biasanya terjadi akibat salah makan atau pola makan yang tidak sehat. Biasanya untuk mengobatinya, Anda akan mengonsumsi obat-obatan yang befungsi untuk melancarkan buang air besar.

Photo Credit : pexels.com

Ada beberapa jenis makanan yang ternyata berpotensi untuk menimbulkan masalah buang air besar. Sebelum Anda mengalaminya, sebaiknya Anda ketahui terlebih dahulu jenis makanan apa saja yang dapat membuat susah buang air besar sehingga Anda  bisa menghindarinya.

  • Nasi Putih

Nasi putih merupakan salah satu makanan pokok yang dikonsumsi setiap hari, terutama bagi orang Indonesia. Jika belum makan nasi putih, maka dikatakan masih belum makan. Nasi putih mengandung karbohidrat tinggi yang dapat memberikan energi cukup untuk memulai aktvitas. Namun, jika terlalu banyak mengonsumsi nasi putih tanpa lauk yang mengandung serat, maka akan menyebabkan susah buang air besar. Selain itu, nasi putih juga mengandung dedak yang menimbulkan kuman sehingga Anda akan merasa sakit perut seperti mulas jika Anda mengonsumsi nasi putih dari beras yang tidak bersih.

  • Pisang yang Belum Matang

Buah pisang sangat baik untuk kesehatan tubuh dan kulit karena buah ini mengandung zat protasium, zinc, dan kalium. Rasanya yang manis dan lembut membuat banyak orang menyukai buah ini. Akan tetapi, jika Anda mengonsumsi buah pisang yang masih belum matang, maka Anda kan terkena masalah pada pencernaan atau susah buang air besar. Pisang yang masih mentah mengandung pati yang berbahaya untuk usus.

  • Tepung Terigu

Tepung terigu merupakan bahan makanan yang bisa diolah menjadi berbagai macam makanan, salah satunya adalah kue. Tepung juga mengandung karbohidrat. Sama seperti nasi putih, tepung terigu juga bisa menyebabkan susah buang air besar jika terlalu banyak mengonsumsinya. Hal ini terjadi karena tepung hanya mengandung karbohidrat saja yang susah dicerna oleh usus. Untuk itu, konsumsilah kue yang terbuat dari bahan dasar tepung dengan sewajarnya saja.