Benarkah Teh Basi Mampu Mengatasi Uban? Cek Faktanya

cara-menghilangkan-uban-dengan-teh-basi-doktersehat
Photo Credit: Flickr.com/cml599

DokterSehat.Com – Munculnya rambut berwarna putih atau sering disebut dengan uban, pada umumnya hanya terjadi pada mereka yang sudah lanjut usia. Faktanya, uban kini dapat muncul pada mereka yang masih muda. Salah satu cara yang cukup populer untuk mengatasi uban adalah menggunakan teh basi. Lantas, apakah cara menghilangkan uban dengan teh basi ampuh?

Manfaat Teh Basi untuk Rambut

Sebelum menjelaskan mengenai cara menghilangkan uban dengan teh basi, perlu Anda ketahui bahwa warna rambut adalah hasil pewarnaan pada folikel rambut dari zat warna yang disebut melanin.

Terdapat dua jenis zat warna pada rambut yaitu pheomelanin dan eumelanin. Warna rambut akan lebih gelap jika eumelanin lebih dominan. Namun, tingkat melanin di dalam tubuh dapat berubah seiring berjalannya waktu, di mana hal ini yang menyebabkan rambut mengalami perubahan warna.

Lantas, bagaimana cara menghilangkan uban dengan teh basi? Teh basi untuk uban sering digunakan oleh orang zaman dahulu untuk menjaga kesehatan rambut, khususnya untuk mengatasi masalah uban.

Sebuah penelitian membuktikan bahwa teh basi memiliki antioksidan yang cukup untuk menutrisi rambut dari akarnya sehingga membuat rambut menjadi lebih berkilau dan tidak mudah patah.

Cara menghilangkan uban dengan teh basi cukup sederhana, Anda hanya perlu membuat satu gelas teh kemudian diamkan semalaman. Pada pagi harinya, guna mendapatkan manfaat teh basi untuk uban bisa dilakukan dengan menggunakannya untuk membilas rambut, khususnya pada bagian yang penuh uban.

Lakukan cara ini dengan sedikit pijatan agar sel-sel kulit terbuka sehingga nutrisi dalam teh tersebut bisa diserap baik oleh rambut dari akarnya. Terakhir, bilas menggunakan air bersih.

jika rutin melakukannya minimal 2 kali dalam seminggu, cara menghilangkan uban dengan teh basi ini dipercaya akan membuat Anda akan terhindar dari berbagai permasalahan pada rambut. Namun, kendati terbukti ampuh dalam mengatasi masalah rambut, Anda pun harus memperhatikan nutrisi lainnya yang diperlukan oleh rambut, perbanyaklah minum air putih serta makan makanan sehat setiap hari.

Teh Basi untuk Menghilangkan Uban

Rambut uban biasanya terjadi karena kurangnya nutrisi rambut sehingga warna pigmen menjadi hilang. Seperti dijelaskan sebelumnya mengenai cara menghilangkan uban dengan teh basi, perlu Anda ketahui bahwa teh basi yang berasal dari teh hijau dipercaya untuk mengatasi hal tersebut, setidaknya pada mereka yang ubannya belum menyebar

Teh hijau mengandung senyawa yang memiliki khasiat untuk mengontrol produksi minyak dan menyeimbangkan tingkat pH di kulit kepala. Kadar minyak dan pH seimbang bisa mengurangi kemungkinan terjadinya uban pada rambut.

Selain itu, kandungan penting lain dari teh basi adalah vitamin C, E dan polifenol. Ketiga kandungan tersebut bisa membantu Anda memperoleh rambut sehat, sekaligus mengurangi bertambahnya uban.

Pada akhirnya, meski penjelasan sebelumnya mengungkapkan cara menghilangkan uban dengan teh basi, hingga kini banyak pakar kesehatan mengatakan belum ada produk herbal (teh basi), suplemen, atau vitamin yang terbukti secara ilmiah dapat menghilangkan uban.

Jika penyebab uban disebabkan karena kondisi medis dan Anda ingin segera mengatasinya, sebaiknya segera konsultasikan dengan dokter.

Manfaat Teh untuk Kecantikan

Setelah Anda mengetahui cara menghilangkan uban dengan teh basi adalah sesuatu yang masih dibutuhkan penelitian lanjutan lagi, terdapat manfaat teh lainnya yang juga membutuhkan penelitian lebih lanjut, di antaranya:

1. Mengatasi rambut rontok

Kurangnya nutrisi pada rambut bisa menyebabkan kerontokan rambut. Beberapa vitamin yang bermanfaat untuk menangani masalah rambut rontok adalah vitamin B, C, dan E–di mana semuanya terdapat pada teh hijau.

2. Menjadi tabir surya alami

Sebuah penelitian mengungkapkan, senyawa epigallocatechin gallate yang terdapat pada teh hijau berfungsi menjadi tabir surya alami dalam melindungi kulit dari efek negatif sinar matahari.

3. Mendinginkan kulit

Jika Anda mendengar mengenai informasi yang mengatakan mengenai cara menghilangkan uban dengan ampas teh, sepertinya informasi ini jangan langsung diyakini sebagai sesuatu yang benar. Karena terdapat informasi lain mengatakan bahwa kantong teh dingin mampu menghilangkan kemerahan dan rasa sakit.

Sifat antiradang dalam teh hijau bekerja untuk mendinginkan sekaligus mencegah kanker kulit akibat pengaruh buruk sinar matahari. Namun data mengenai efek teh hijau pada kulit ini masih belum konsisten dan perlu penelitian lebih lanjut.

4. Mencegah penuaan dini pada kulit

Banyak produk yang beredar di pasaran menggunakan ekstrak teh untuk mengatasi masalah kulit seperti keriput. Manfaat teh ini berasal dari kandungan senyawa antioksidan dan vitamin C yang berguna untuk melawan tanda-tanda penuaan kulit seperti kusam dan keriput. Selain itu, senyawa antioksidan di dalam teh juga dipercaya bisa mencerahkan bintik-bintik hitam akibat sinar UV.

5. Mengatasi kantung mata

Bagi Anda yang mempunyai kantung mata atau mata panda, cobalah untuk mengatasinya dengan kompres dingin dari kantong teh pada area mata yang bengkak. Karena memiliki kandungan antiradang dan antioksidan, teh dipercaya mampu memperbaiki kondisi kulit.

6. Mengobati jerawat

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa penggunaan ekstrak teh, baik yang dioles atau diminum dapat mengobati dan mencegah jerawat. Kandungan polifenol di dalamnya terbukti mengurangi produksi sebum pada kelenjar minyak.

Nah, itulah beberapa manfaat teh untuk kecantikan yang masih diperlukan penelitian lanjutan.

Pada umumnya, orang Asia akan mengalami pertumbuhan uban saat memasuki usia 30-an. Memutihnya rambut pada usia sebelum itu bisa dimasukan dalam kategori yang terlalu dini.

Sedangkan, jika Anda merasa tidak nyaman dengan uban yang tumbuh, pilihan yang bisa dilakukan adalah menggunakan cat rambut. Perlu diketahui, karena rambut uban cenderung lebih kering, perhatikan produk pewarna rambut yang tepat serta hindari mewarnai rambut terlalu sering.

Pada akhirnya, setelah Anda mengetahui cara menghilangkan uban dengan teh basi dan cara menghilangkan uban dengan ampas teh adalah sebuah informasi yang tidak didasari oleh penelitian yang benar serta tidak dipublikasikan di komunitas medis, pakar kesehatan tidak bisa memberikan jaminan mengenai keefektifan teh basi untuk uban.

Apabila Anda merasa pertumbuhan uban yang dialami tidak normal, segera konsultasikan dengan dokter agar mendapat penanganan yang tepat.