Waduh, Diabetes Ternyata Bisa “Menular”!

tes-diabetes-doktersehat
Photo Source: Flickr/v1ctor

DokterSehat.Com– Diabetes dikenal luas sebagai salah satu penyakit tidak menular yang paling banyak menyerang manusia di muka bumi. Hanya saja, berdasarkan penelitian terbaru, disebutkan bahwa penyakit ini ternyata bisa “menular”. Penularan ini memang tidak seperti penularan penyakit akibat virus atau bakteri seperti flu. “Penularan” diabetes cenderung terjadi pada pasangan yang sudah menikah dimana salah satu dari pasangan tersebut menderita penyakit ini. Bagaimana bisa proses penularan ini bisa terjadi?

Dalam penelitian yang dilakukan oleh dr. Kaberi Dasgupta dan rekan-rekannya dari McGill University Health Center, Kanada, disebutkan bahwa pasangan dari penderita diabetes ternyata memiliki risiko 26 persen lebih tinggi untuk terkena penyakit yang sama dibandingkan dengan mereka yang tidak memiliki pasangan dengan diabetes. Tanpa disadari, mereka yang memiliki pasangan dengan diabetes cenderung ikut-ikutan menjalani gaya hidup tidak sehat seperti kurang gerak dan menerapkan pola makan yang buruk sehingga risiko untuk terkena diabetes pun meningkat.

“Penelitian kami mengungkap fakta tentang risiko kenaikan diabetes tipe 2 hingga lebih dari 25 persen pada pasangan yang memiliki diabetes tipe 2,” jelas dr. Dasgupta.

Melihat adanya fakta ini, dr. Dasgupta pun menyarankan setiap orang yang memiliki pasangan atau anggota keluarga dengan diabetes untuk lebih mewaspadai kemungkinan untuk terkena penyakit ini dan mewaspadai gejala-gejala awal dari diabetes. Kita juga harus menerapkan gaya hidup sehat sebaik mungkin demi mencegah kedatangannya.

Berdasarkan penelitian yang dipublikasikan hasilnya dalam jurnal berjudul BMC Medicine ini, disebutkan bahwa jika kita memiliki pasangan dengan diabetes dan mulai ikut menerapkan gaya hidup yang sehat, maka kita justru akan membantunya mencegah kedatangan komplikasi diabetes yang mematikan dan membuat kondisi kesehatannya tetap dalam kondisi yang baik.

Penelitian ini dilakukan dengan menganalisa data dari enam penelitian sebelumnya yang melibatkan lebih dari 75 ribu pasangan. Dalam penelitian ini, dihasilkan fakta bahwa risiko “tertular” diabetes dari pasangan yang juga memiliki penyakit yang sama sangatlah tinggi. Karena alasan inilah kita harus menerapkan gaya hidup yang sehat demi mencegah kedatangannya.