Terbit: 5 Februari 2018
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com– Metabolisme tubuh yang berjalan dengan lancar akan membuat semua organ mendapatkan suplai nutrisi sesuai dengan kebutuhan. Kulit, tulang, jantung, hingga otak akan mendapatkan aliran sari makanan dan oksigen sehingga fungsinya berjalan dengan lancar. Kalau metabolisme tubuh tidak lancar, fungsi organ akan menurun dan gangguan tubuh akan mulai bermunculan.

doktersehat-obat-serangan-jantung

Agar metabolisme tubuh berjalan dengan lancar, beberapa orang disarankan untuk berolahraga secara rutin. Selain itu, mereka juga diwajibkan mengonsumsi beberapa jenis vitamin di bawah ini.

1. Vitamin C
Vitamin C yang masuk ke dalam tubuh akan membuat sistem kekebalan tubuh meningkat. Saat tubuh tahan terhadap radikal bebas, proses metabolisme bisa berjalan dengan lancar dan energi bisa segera disalurkan melalui pembuluh darah.

Kalau Vitamin C yang diserap tubuh turun, gangguan metabolisme bisa saja terjadi dan Anda gampang sakit. Vitamin C bisa diperoleh dari buah-buahan masam seperti jeruk, anggur, dan apel.

2. Vitamin B12
Vitamin B12 memiliki senyawa yang mampu memecah protein dan lemak menjadi energi saat metabolisme terjadi. Mengonsumsi Vitamin B12 akan memperlancar proses metabolisme dan membuat tubuh jadi lebih segar karena energi yang dibutuhkan selalu terpenuhi. Vitamin B12 bisa didapatkan pada kerang, gurita, lobster, dan daging sapi.

3. Vitamin B1
Vitamin B1 yang bisa didapatkan pada aneka biji-bijian, kacang-kacangan, dan daging ini mencerna karbohidrat dengan menghasilkan senyawa thiamin dipohosphate. Senyawa ini membantu memecahkan karbohidrat menjadi glukosa sehingga mudah diserap oleh tubuh.

4. Vitamin B2
Vitamin B2 membentuk dua buah koenzim bernama FAD dan FMN. Koenzim ini menghasilkan energi dalam tubuh. Vitamin B2 juga mendorong reaksi metabolisme yang ada dalam tubuh menjadi lebih cepat. Untuk mendapatkan Vitamin B2, Anda bisa mengonsumsi kedelai, yoghurt, bayam, tempe, dan telur.


DokterSehat | © 2020 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi