10 Jenis Vitamin yang Wajib Dipenuhi oleh Pria

vitamin-terbaik-untuk-pria-doktersehat

DokterSehat.Com – Dibandingkan dengan trio makro nutrien seperti karbohidrat, lemak, dan protein, vitamin memang lebih sering diabaikan. Meski demikian, vitamin sangat penting untuk tubuh. Bahkan, saking pentingnya, kekurangan vitamin bisa menyebabkan masalah yang besar pada tubuh dan muncul penyakit tertentu.

Nah, secara spesifik vitamin sangat dibutuhkan oleh pria. Banyaknya aktivitas yang dilakukan saat bekerja membuat tubuh pria butuh banyak sekali nutrisi yang jumlahnya sangat banyak. Berikut beberapa jenis yang penting dan wajib dipenuhi oleh pria setiap harinya.

10 jenis vitamin untuk pria yang wajib dipenuhi

Berikut jenis vitamin yang harus dipenuhi oleh pria setiap harinya. Vitamin ini sebagian besar berasal dari makanan sehingga Anda bisa mengusahakannya setiap hari.

  1. Vitamin A

Vitamin A bermanfaat untuk pria karena bisa membuat penglihatannya menjadi lebih sehat dan jelas. Pria yang bekerja di depan laptop selama berjam-jam bisa memanfaatkan vitamin ini agar mata tidak minus dan lelah. Selain itu. Vitamin ini juga bisa menguatkan daya tahan.

Anda bisa mendapatkan vitamin A dari beberapa makanan dengan warna merah seperti wortel, pepaya, semangka, dan beberapa sayuran dengan warna daun hijau dan gelap.

  1. Vitamin B1

Pria sangat membutuhkan energi untuk bekerja setiap harinya. Tanpa energi yang kaya, pria akan menjadi lemas dan produktivitasnya menurun. Agar tubuh tidak mudah lelah setiap harinya, ada baiknya untuk mencukup kebutuhan vitamin B1 setiap harinya.

Vitamin B1 atau sering disebit tiamin ini mampu mengubah karbohidrat menjadi energi yang banyak. Vitamin ini banyak terkandung di telur. Jadi, Anda bisa makan nasi dengan telur secara langsung atau mengolahnya menjadi nasi goreng.

  1. Vitamin B2

Vitamin B2 bekerja pada tingkat sel tubuh. Mendapatkan asupan vitamin B2 akan membuat sel menghasilkan energi. Kalau semua sel tubuh bisa menciptakan energi, kemungkinan pria mengalami lemas selama bekerja akan rendah. Setiap hari mereka akan semangat dari awal hingga akhir.

  1. Vitamin B3

Sistem pencernaan dan saraf juga sangat penting untuk pria. Gangguan pada dua hal itu bisa menyebabkan mereka susah bergerak dengan baik. Oleh karena itu penuhi vitamin B3 yang berfungsi untuk meningkatkan sistem saraf dan pencernaan ini setiap hari. Konsumsi telur, avokad, dan kacang-kacangan.

  1. Vitamin B6

Vitamin B6 yang juga terdapat di dalam avokad dan kacang-kacangan baik untuk tubuh khususnya untuk membantu tubuh memproduksi hemoglobin. Selain itu vitamin ini juga membantu penghancuran lemak, mengaja gula darah, dan meningkatkan kerja dari sistem saraf.

  1. Vitamin B12

Mengonsumsi makanan seperti olahan susu bisa meningkatkan kerja dari sel darah merah. Selain itu kemungkinan terjadi gangguan pada sistem saraf dan metabolisme akan rendah. Penuhi kebutuhan vitamin ini setiap harinya agar tidak mudah sakit.

  1. Vitamin C

Vitamin C banyak sekali terdapat pada buah yang asam seperti jeruk. Mengonsumsi vitamin C akan membuat kesehatan mulut dan gusi meningkat. Selanjutnya daya tahan tubuh juga akan meningkat cukup tajam dan membantu penyerapan zat besi pada tubuh.

  1. Vitamin D

Vitamin D yang bisa muncul dengan hanya dengan berjemur selama 10-15 menit setiap harinya ini juga sangat penting untuk tubuh. Memenuhi kebutuhan vitamin D akan membuat tubuh mudah menjaga kadar gula darah dan kalsium.

  1. Vitamin E

Vitamin E baik sekali untuk menjaga kesuburan dari pria secara umum. Selain itu, mengonsumsi vitamin E juga bisa meningkatkan daya tahan tubuh pada tingkat sel. Kandungan antioksidan yang kaya bisa menjaga sel dari kerusakan akibat infeksi oleh bakteri atau virus. Oh ya, vitamin E bisa didapatkan dari kacang-kacangan, biji-bijian, dan kecambah.

  1. Vitamin K

Vitamin K baik untuk mengatasi kekentalan atau penggumpalan pada darah. Dengan asupan yang seimbang, peredaran darah bisa berjalan dengan lancar dan produktivitas pria bisa meningkat. Penuhi kebutuhan vitamin ini dengan mengonsumsi telur dan aneka sayuran berdaun hijau.

Tips memenuhi vitamin harian pria

Mencukupi kebutuhan protein tidak semudah untuk mencukupi kebutuhan protein, lemak, dan karbohidrat. Nah, agar Anda bisa mencukupi kebutuhannya, simak beberapa tips di bawah ini.

  • Usahakan untuk bisa memasak sendiri atau paling tidak mengonsumsi makanan rumahan dibandingkan makanan cepat saji. Mengapa demikian? Karena makanan yang dimasak terlebih dahulu lebih bisa memberikan asupan vitamin yang cukup dan kadar lemaknya bisa ditekan.
  • Kenali bahan makanan dengan kandungan vitaminnya. Misal Anda membutuhkan vitamin C. Jenis makanan yang dibutuhkan adalah jeruk atau buah yang ada rasa asamnya. Sebaliknya kalau butuh vitamin D bisa dari olahan susu baik itu keju atau krim. Cara ini mungkin ada repot, tapi Anda bisa mengeceknya dari ponsel untuk bahan-bahan yang tidak dihafalkan sebelumnya.
  • Lakukan perekaman nutrisi harian. Perekaman ini dilakukan dengan mengukur atau mengira-ira berapa banyak makanan yang dikonsumsi, bahannya, hingga beratnya. Dari sini akan terlihat secara langsung jumlah vitamin yang dibutuhkan oleh tubuh.
  • Mengonsumsi multivitamin sehari sekali. Cara ini bisa dilakukan kalau Anda memang tidak bisa memenuhi kebutuhan harian dari makanan atau minuman.
  • Kenali kondisi tubuh. Kalau ada masalah, segera cari tahu apakah penyebabnya karena kekurangan vitamin atau tidak. Kalau kekurangan vitamin segera beri suplemen vitamin yang spesifik pada tubuh.

Inilah beberapa ulasan tentang jenis protein yang cocok untuk pria dan harus dipenuhi setiap harinya. Nah, dari beberapa jenis vitamin yang disebutkan di atas, mana saja yang sering terlupakan? Semoga setelah mengetahui manfaat dari vitamin di atas, Anda bisa berusaha untukĀ  memenuhi kebutuhan vitamin harian.