5 Vitamin Terbaik untuk Meningkatkan Kesuburan Pria dan Wanita

doktersehat vitamin untuk kesuburan

DokterSehat.Com – Pria dan wanita yang sehat secara fisik kadang tidak bisa sepenuhnya subur. Oleh karena itu mereka harus menunjang kesuburan tubuhnya dengan mengonsumsi makanan tertentu atau suplemen yang mengandung banyak gizi khususnya vitamin. Dengan mengonsumsi vitamin tertentu, fungsi organ reproduksi bisa dimaksimalkan dengan baik.

Kalau Anda sedang menjalani program mendapatkan kehamilan atau sudah menikah lama, tapi susah mendapatkan kehamilan, mungkin daftar vitamin penambah kesuburan di bawah ini bisa membantu. Imbangi olahraga dan seks di waktu yang tepat dengan makanan yang sehat dan bervitamin.

  1. Vitamin B6

Vitamin B6 cukup penting untuk meningkatkan kesuburan wanita karena vitamin ini identik dengan kesehatan jantung dan folikel pada ovarium. Wanita yang memiliki kandungan vitamin B6 cukup tinggi di dalam tubuh akan mengalami penurunan asam amino bernama homosistein yang berbahaya untuk produksi sel telur.

Sel telur harus keluar dalam kondisi berkualitas. Oleh karena itu, wanita disarankan untuk mengonsumsi aneka makanan sehat seperti susu, salmon, tuna, telur, wortel, dan hati ayam. Makanan itu memiliki banyak sekali vitamin B6 yang baik untuk kesuburan.

  1. Vitamin B9

Vitamin B9 atau sering disebut dengan asam folat ini baik untuk pria dan wanita. Konsumsi makanan seperti brokoli, bayam, dan edamame yang banyak asam folat-nya bisa menjaga kesehatan dari sistem reproduksi wanita. Siklus menstruasi bisa berjalan dengan lancar dan sel telur tidak alami cacat.

Pada pria konsumsi asam folat baik untuk memperbaiki kualitas sperma mulai dari jumlah hingga kesehatannya. Jadi, kalau ingin mendapatkan kehamilan, pria dan wanita harus sama-sama mengonsumsi vitamin B9 dalam jumlah yang tepat.

  1. Vitamin C

Vitamin C baik untuk pria dan juga wanita. Pada pria vitamin yang banyak terdapat pada buah-buahan seperti jeruk dan beberapa jenis sayuran bisa meningkatkan kekebalan. Radikal bebas akan susah masuk ke dalam tubuh sehingga sperma yang diproduksi akan meningkat dan tidak ada gangguan DNA. Vitamin C bisa dikombinasikan dengan vitamin E untuk hasil yang lebih baik.

Fungsi vitamin C pada wanita meliputi pencegahan peradangan pada pembuluh darah. Selain itu, gangguan saat ovulasi akan jarang terjadi sehingga sel telur bisa keluar dengan mudah dan pembuahan bisa terjadi. Kalau kekurangan vitamin C, kemungkinan terjadi cacat pada sperma atau sel telur akan besar.

  1. Vitamin D

Mengonsumsi vitamin D dengan jumlah yang disarankan bisa menaikkan fungsi ovarium cukup besar. Vitamin itu bisa membuat folikel bekerja dengan maksimal sehingga ovulasi bisa terjadi dengan baik dan kemungkinan terjadi pembuahan oleh sperma akan semakin besar.

Selanjutnya, vitamin D yang berguna daya tahan tubuh dan kepadatan tulang ini juga mencegah terjadinya endometriosis. Seperti yang kita tahu sendiri, endometriosis adalah salah satu penyebab terbesar gangguan kehamilan padan wanita. Sel tidak normal pada lapisan luar rahim ini bisa tumbuh ke mana-mana termasuk ke luar rahim dan ovarium dan memicu kista.

  1. Vitamin E

Vitamin E cukup esensial dan penting untuk kesuburan pria. Mengonsumsi makanan dengan kandungan vitamin E yang cukup tinggi bisa meningkatkan kualitas dari sperma. Motilitas atau pergerakan dari sperma ini bisa naik 5%. Selanjutnya, peluang terjadinya kehamilan juga naik hingga 10%.

Saat menjalankan program kehamilan, pria disarankan mengonsumsi vitamin E secara rutin baik dalam bentuk suplemen atau makanan. Untuk makanan, pria bisa mengonsumsi ubi jalar, sayuran hijau, aneka biji, kacang tanah, dan alpukat yang mengandung lemak nabati terbaik.

Semoga membantu Anda untuk mencukupi kebutuhan vitamin!