Terbit: 10 Agustus 2021 | Diperbarui: 12 Agustus 2021
Ditulis oleh: Gerardus Septian Kalis | Ditinjau oleh: Tim Dokter

Vitamin untuk ibu menyusui pada dasarnya dibutuhkan meningkat produksi ASI dan meningkatkan kekebalan tubuh. Lantas, adakah vitamin untuk ibu menyusui agar bayi gemuk atau vitamin yang membuat bayi cerdas? Simak penjelasan lengkapnya di bawah ini.

5 Vitamin untuk Ibu Menyusui (Tidak Menimbulkan Efek Samping)

Beragam Vitamin untuk Ibu Menyusui

Meski ASI yang Anda produksi mengandung banyak nutrisi penting, ASI mungkin mungkin kehilangan beberapa vitamin dan mineral penting seperti Vitamin B dan Vitamin D, padahal kedua vitamin tersebut penting bagi tumbuh kembang anak. Bahkan, sejumlah penyakit dapat dikurangi dengan memastikan vitamin ini hadir dalam jumlah yang optimal.

Berikut adalah berbagai vitamin untuk ibu menyusui yang penting untuk Anda tahu, di antaranya:

1. Vitamin E

Vitamin ini mendukung pertumbuhan otot yang sehat dan memastikan gerakan yang baik serta terkoordinasi untuk bayi yang sedang berkembang. Di sisi lain, vitamin ini juga bekerja untuk meningkatkan kekebalan tubuh (terutama di antara sel-sel) dan meningkatkan produksi sel darah merah. Vitamin E bekerja dalam kombinasi untuk melindungi tubuh dari infeksi eksternal.

2. Vitamin D

Dampak langsung vitamin ini adalah mendukung penguatan dan perkembangan tulang dengan mendukung penyerapan mineral seperti magnesium dan kalsium.

Dampak sekundernya adalah pada kekebalan. Vitamin D tidak hanya membantu melawan infeksi eksternal tetapi juga mencegah pemicu autoimun pada penyakit tertentu.

Meskipun tubuh manusia dapat memproduksi vitamin D dengan sendirinya dan juga terdapat dalam ASI, jumlahnya tidak cukup untuk manfaat yang berkelanjutan. Hal inilah yang membuat Anda memerlukan konsumsi suplemen Vitamin D atau asupan lain, seperti susu atau sereal yang diperkaya dengan vitamin ini.

3. Vitamin C

Vitamin ini umumnya direkomendasikan untuk seseorang yang baru pulih dari cedera. Pasalnya, vitamin C mendukung perbaikan berbagai sel dalam tubuh dan mempercepat penyembuhan luka.

Selain itu, vitamin C juga mendorong produksi leukosit, sel darah putih yang melindungi tubuh dari patogen eksternal, terutama yang bisa menyerang luka. Manfaat penting lainnya yang dibawa oleh vitamin ini adalah menjaga kesehatan kulit dan rambut.

Baca Juga: 15 Buah yang Bagus untuk Ibu Menyusui & Pantangannya!

4. Vitamin B Kompleks

Vitamin untuk ibu menyusui lainnya yang aman dikonsumsi adalah vitamin B kompleks. Rekomendasi asupan harian yang dianjurkan bervariasi tergantung jenisnya:

  • B1 (tiamin): 1,4 mg.
  • B2 (riboflavin): 1,6 mg.
  • B3 (niasin): 17 mg NE (setara dengan niasin).
  • B5 (asam pantotenat): 7 mg.
  • B6 (piridoksin): 2,0 mg.
  • B7 (biotin): 35 mikrogram (mcg).
  • B9 (asam folat): 600 mcg DFE (setara dengan diet folat).
  • B12 (kobalamin): 2,8 mcg.

Vitamin B1

Seluruh keluarga vitamin B kompleks ini secara kolektif bertanggung jawab untuk mengembangkan neuron untuk perkembangan otak dan peningkatan memori serta kognisi yang berkelanjutan, tidak terkecuali vitamin B1.

Memiliki nama lain tiamin, vitamin B1 ini membantu dalam menghasilkan ATP atau adenosine triphosphat, yang merupakan sumber energi bagi sel-sel tubuh. Vitamin ini membantu dalam merangsang proses metabolisme yang diperlukan tubuh untuk beralih ke keadaan optimal.

Vitamin B2

Riboflavin yang juga merupakan nama lain dari vitamin ini adalah elemen yang membantu menyerap zat besi di dalam tubuh dan meningkatkan perkembangan sel darah merah. Pada akhirnya, vitamin ini mengurangi tanda-tanda anemia karena mengembalikan kadar hemoglobin dalam tubuh anak menjadi normal.

Perlindungan struktur sel adalah kunci keberhasilan membawa hemoglobin dengan zat besi ke tubuh. Kandungan sifat antioksidan dari vitamin ini yang mengurangi kerusakan sel dan menjaga kesehatannya tetap utuh.

Vitamin B3

Dalam kasus tubuh menderita segala jenis penyakit atau infeksi, vitamin B3 adalah suplemen penting yang harus ibu menyusui konsumsi. Vitamin yang memiliki sebutan niasin ini dapat membantu meningkatkan kesehatan kelenjar adrenal, sehingga menjaga hormon terkait stres di dalam tubuh tetap terkendali.

Efek positifnya, vitamin ini menjaga sistem saraf tetap sehat secara biologis dan menjaga kesehatan mental tetap stabil.

Vitamin B5

Banyak orang yang menjalani operasi diberi resep suplemen vitamin B5, semata-mata karena kemampuannya membantu mempercepat proses penyembuhan luka. Vitamin ini mengandung asam pantotenat yang mendukung kesehatan organ tubuh dan meningkatkan vitalitas sel darah merah.

Ini adalah salah satu vitamin yang membantu sistem pencernaan menyerap vitamin lain, sehingga menjadikannya sebagai sistem pendukung semuanya.

Vitamin B6

Tidur adalah komponen penting dari pertumbuhan bayi karena sebagian besar proses perbaikan dan pembentukan sel tubuh terjadi dalam tidur nyenyak. Vitamin B6 membantu mengatur siklus tidur dengan merampingkan produksi hormon melatonin.

Vitamin ini juga memainkan peran kunci dalam perkembangan saraf, karena mengandung piridoksin yang membawa peningkatan perkembangan otak dan sumsum tulang belakang.

Guna memastikan bahwa refleks anak sesuai dengan sasaran, vitamin untuk ibu menyusui agar bayi gemuk ini harus dimasukkan dalam makanan. Zat ini membangun neurotransmiter dalam tubuh, sehingga membantu neuron untuk mengirimkan sinyal listrik antara satu sama lain.

Vitamin B12

Kobalamin atau vitamin B12 memengaruhi sifat genetik anak. Hal ini penting untuk memastikan anak Anda tumbuh dengan cara yang benar. Bagaimanapun juga, DNA dan RNA adalah protein, dan ini juga membutuhkan dukungan unsur. Vitamin untuk ibu menyusui agar bayi cerdas ini selangkah lebih maju dan membawa pertumbuhan sel-sel saraf baru. Ini membantu dalam meningkatkan pertumbuhan kognitif anak dan membuatnya pintar.

5. Vitamin A

Salah satu vitamin paling serbaguna sepanjang masa, fungsi utamanya dikaitkan dengan perkembangan penglihatan, terutama dalam persepsi warna dan membangun kapasitas untuk melihat di malam hari.

Selain itu, vitamin ini membantu membangun blok dasar sistem kekebalan dan secara langsung memengaruhi perkembangan jaringan kulit, rambut, dan pertumbuhan anak yang sehat secara menyeluruh.

paket obat isolasi mandiri doktersehat

 

  1. Khan, Aliya. 2018. 13 Essential Postnatal Vitamins for Breastfeeding Moms. https://parenting.firstcry.com/articles/13-essential-postnatal-vitamins-importance-and-benefits/. (Diakses pada 10 Agustus 2021).
  2. Sara Lindberg. 2020. Boosting Immunity While Breastfeeding: Vitamins and Their Safety. https://www.healthline.com/health/breastfeeding-vitamins#echinacea. (Diakses pada 10 Agustus 2021).


DokterSehat | © 2021 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi