5 Vitamin untuk Daya Tahan Tubuh (Terbukti Ampuh)

vitamin-untuk-daya-tahan-tubuh-doktersehat

DokterSehat.Com – Tubuh yang rentan terhadap penyakit diakibatkan oleh sistem kekebalan tubuh yang tidak dapat berfungsi secara optimal. Guna menjaga daya tahan tubuh, kita memerlukan asupan vitamin dan nutrisi lainnya. Lantas, apa saja vitamin untuk daya tahan tubuh? Bagaimana cara menjaga daya tahan tubuh selain mengonsumsi vitamin?

Daftar 5 Vitamin untuk Daya Tahan Tubuh

Asupan vitamin dan nutrisi yang mencukupi akan menghasilakn daya tahan tubuh yang baik sehingga tubuh tidak rentan terserang penyakit. Berikut ini vitamin untuk daya tahan tubuh yang patut untuk Anda ketahui.

1. Vitamin A

Vitamin A adalah salah satu vitamin yang kita kenal akan manfaatnya untuk menjaga kesehatan mata, menjaga sistem reproduksi, dan merawat kulit. Selain tiga manfaat vitamin A tersebut, jenis vitamin satu ini juga merupakan vitamin untuk daya tahan tubuh.

Angka kebutuhan vitamin A harian agar daya tahan tubuh teap terjaga yakni 0,6 mg untuk pria, 0,5-0,6 mg untuk wanita, dan 0,8-0,9 mg untuk wanita hamil.

Vitamin A bisa Anda dapatkan dari buah-buahan seperti alpukat, nanas, melon, dan mangga, daging sapi, ikan salmon, wortel, bayam, susu, serta telur.

2. Vitamin B

Terdiri atas 8 jenis, yakni B1 (thiamine), B2 (riboflavin), B3 (niacin), B5 (asam pantotenik), B6 (piridoksin), B7 (biotin), B9 (asam folat), dan B12 (kobalamin), vitamin B adalah jenis vitamin yang sudah pasti harus Anda konsumsi secara rutin agar daya tahan tubuh tetap terjaga.

Selain vitamin untuk daya tahan tubuh, vitamin B juga efektif untuk menghasilkan energi, meningkatkan daya ingat, merawat kesehatan rambut, dan memperbaiki mood.

Vitamin B terdapat di dalam buah-buahan seperti mangga, persik, alpukat, pisang, dan jeruk, serta pada ikan salmon, daging sapi, susu, dan telur.

3. Vitamin C

Berbicara mengenai vitamin C, vitamin ini memiliki manfaat di antaranya untuk merawat kesehatan gigi, tulang, dan kulit. Vitamin C juga memiliki sifat antioksidan sehingga efektif untuk menangkal radikal bebas.

Mengonsumsi vitamin C secara rutin akan meningkatkan sistem kekebalan tubuh, sehingga tidak salah untuk memasukkan vitamin C sebagai salah satu vitamin untuk daya tahan tubuh.

Vitamin C banyak terdapat di dalam buah-buahan seperti jeruk, strawberry, kiwi, dan jambu biji.

4. Vitamin D

Sebuah studi mengungkapkan bahwasanya vitamin D efektif dalam meningkatkan sistem kekebalan tubuh, pun berperan aktif dalam melawan infeksi. Manfaat vitamin D sebagai vitamin untuk daya tahan tubuh ini bisa kita dapatkan lewat sinar matahari, maupun sejumlah jenis makanan seperti telur, sereal, kerang, dan minyak hati ikan kod.

5. Vitamin E

Vitamin daya tahan tubuh yang satu ini perannya juga tak kalah penting dengan vitamin lainnya. Ya, vitamin E adalah jenis vitamin yang berfungsi sebagai antioksidan dan memiliki fungsi untuk menjaga kelenjar timus, pun membantu sel darah putih (leukosit) dalam melawan infeksi yang masuk ke dalam tubuh akibat virus dan kerusakan jaringan yang diakibatkan oleh radikal bebas.

Pepaya, kacang almond kacang tanah, alpukat, biji bunga matahari, dan bayam adalah beberapa contoh makanan mengandung vitamin E yang patut untuk Anda konsumsi guna menjaga daya tahan tubuh.

Selain dari makanan yang mengandung vitamin untuk daya tahan tubuh sebagaimana disebutkan di atas, cara meningkatkan daya tahan tubuh juga bisa melalui bahan herbal dan zat nutrisi lainnya berikut ini.

1. Ginseng

Penelitian yang diterbitkan oleh American Journal of Chinese Medicine mengatakan bahwa ekstrak ginseng mampu menginduksi antibodi antigen spesifik. Antibodi ini lanta bekerja untuk mengikat antigen berupa racun atau virus, pun mencegah sel tubuh mengalami kerusakan. Atas dasar hal tersebut, ekstrak ginseng dinilai efektif dalam membasmi mikroorganisme jahat atau antigen pathogen.

2. Echinacea

Mungkin Echinacea masih terdengar asing di telinga Anda. Ya, Echinacea adalah sejenis bunga yang masuk ke dalam familia daisy. Meskipun tidak familiar, siapa sangka jika bunga ini ternyata sering dijadikan bahan untuk membuat suplemen untuk meningkatkan daya tahan tubuh.

Echinacea mempunyai zat aktif kompleks, di antaranya adalah zat antimikroba. Sementara itu, zat aktif kompleks lainnya pada Echinacea dikatakan memiliki dampak positif dalam meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

Manfaat Echinacea untuk meningkatkan daya tahan tubuh ini telah dibuktikan oleh penelitian yang dirilis oleh Lancet Infectious Diseases, University of Connecticut, AS, yag mengatakan jika Echinacea efektif untuk menghasilkan sistem kekebalan tubuh yang kokoh.

Penelitian lainnya juga mengungkapkan bahwa Echinacea dapat mengurangi potensi tubuh terseran flu sebanyak 58 persen, dan mempercepat proses penyembuhan flu hingga satu hari lebih cepat.

3. Mangan

Mangan adalah jenis mineral yang ditengarai juga memiliki peran penting dalam meningkatkan dan menjaga daya tahan tubuh. Mangan bisa ditemui di berbagai jenis makanan, seperti:

  • Bayam (0,3 mg/30 gr)
  • Kacang panjang (0,2 mg/110 gr)
  • Pisang (0,6 mg/225 gr)
  • Jagung (0,8 mg/166 gr)
  • Beras merah (1,8 mg/195 gr)

Selain sebagai suplemen untuk daya tahan tubuh, mangan juga berfungsi untuk membantu pembentukan tulang, menyeimbangkan hormon, dan produksi enzim pencernaan.

4. Selenium

Fungsi selenium adalah untuk merangsang kinerja sistem kekebalan tubuh. Selenium dianggap efektif dalam meminimalisir risiko kanker, dan mencegah perkembangan virus HIV/AIDS. Beberapa contoh makanan yang mengandung selenium adalah:

  • Ayam
  • Oat
  • Telur
  • Keju
  • Ikan tuna

5. Zinc

Mengonsumsi makanan yang mengandung zinc juga diklaim mampu meningkatkan sistem kekebalan tubuh Anda. Selain itu, zinc juga berfungsi untuk memecah karbohidrat sehingga tubuh tidak akan mudah merasa lelah. Zinc bisa didapatkan dari makanan-makanan seperti:

  • Tiram (oyster)
  • Daging sapi
  • Kuning telur
  • Jamur
  • Bawang putih

6. Magnesium

Salah satu fungsi utama magnesium adalah mengendalikan detak jantung, pun penghasil energi bagi tubuh. Tak hanya itu, magnesium juga punya kontribusi yang tak kalah pentingnya untuk menjaga daya tahan tubuh. Jadi, Anda yang ingin daya tahan tubuhnya tetap terjaga, baiknya rutin mengonsumsi makanan yang mengandung magnesium, seperti:

  • Ikan
  • Yoghurt
  • Alpukat
  • Kacang almond
  • Cokelat

Cara Meningkatkan Daya Tahan Tubuh Selain Vitamin untuk Daya Tahan Tubuh

Selain mencukupi kebutuhan vitamin untuk daya tahan tubuh, cara meningkatkan daya tahan tubuh bisa dilakukan dengan menerapkan pola hidup sehat, seperti olaharaga teratur dan tidur yang cukup, atau melakukan sejumlah aktivitas seperti di bawah ini.

1. Bermain Drum

Anda yang hobi bermain alat musik drum berbahagialah karena menurut penelitian yang dilakukan di Pennsylvania, sebagaimana dilansir dari Prevention, orang-orang yang gemar bermain drum cenderung memiliki imunitas yang lebih baik ketimbang ornag-orang lainnya yang tidak bisa bermain drum atau hanya sekedar mendengarkan.

2. Rekreasi di Hutan atau Tempat Terbuka

Berekreasi ke hutan maupun ke area terbuka diklaim mampu meningkatkan kadar sel pembunuh alami pada tubuh seseorang. Fakta ini didapat setelah peneliti di negeri sakura, Jepang, mendapati seseorang yang melakukan pendakian (hiking) di gunung selama 6 jam memiliki jumlah sel pembunuh alami yang lebih tinggi ketimbang mereka yang tidak melakukan aktivitas serupa.

Jadi, cobalah mulai dari ssekarang untuk menggunakan waktu luang Anda dengan berjalan-jalan di hutan kota, atau mendaki gunung bersama rekan-rekan.

3. Bercinta

Siapa yang tidak suka bercinta? Nah, selain nikmat, ternyata berhubungan badan juga efektif guna meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Diketahui bahwa pasangan yang melakukan hubungan intim 1-2 kali dalam seminggu secara rutin memiliki kadar immunoglobulin A yang lebih banyak ketimbang pasangan lainnya yang jarang bercinta.

Immunoglobulin A sendiri adalah jenis antibodi yang berfungsi untuk melawan bakteri dan virus yang menyerang tubuh. Jadi, ajaklah suami atau istri Anda untuk bercinta malam ini, ya!

Itu dia informasi seputar vitamin daya tahan tubuh dan sumber nutrisi lainnya yang bermanfaat dalam meningkatkan daya tahan tubuh. Jagalah kesehatan tubuh agar senantiasa dapat beraktivitas dengan normal setiap hari. Semoga bermanfaat!