5 Vitamin Terbaik untuk Kulit dan Manfaatnya

vitamin-terbaik-untuk-kulit-doktersehat

DokterSehat.Com – Kulit adalah organ paling luar dari manusia yang akan menerima serangan patogen untuk pertama kali. Dengan kondisi ini kulit akan mudah sekali mengalami gangguan entah dalam bentuk kulit kering atau infeksi yang berbahaya lainnya. Oleh karena itu, menjaga kesehatan kulit adalah sesuatu yang harus kita lakukan agar tubuh tidak mengalami masalah lebih serius.

Cara menjaga kulit dengan baik

Meski berada di luar, kita jarang sekali menjaga kesehatan kulit kecuali wajah. Padahal kesehatan kulit sangat penting dan bisa memengaruhi banyak hal. Berikut beberapa cara menjaga kesehatan kulit yang bisa dilakukan dengan mudah.

  • Selalu berusaha menghidrasi tubuh dengan baik. Kalau Anda kekurangan cairan, kemungkinan besar kulit juga ikut terdampak. Kulit jadi lebih kering dari biasanya dan bisa memicu infeksi.
  • Kalau berada di luar ruangan khususnya di kawasan pantai, selalu gunakan tabir surya. Krim pelindung matahari ini akan membuat kulit tidak terbakar dan melepuh.
  • Konsumsi makanan yang baik untuk kulit. Berbagai buah dan sayur bisa dikonsumsi untuk menyuplai vitamin dan mineral.
  • Selalu bersihkan wajah kalau Anda menggunakan makeup. Jangan tidur dengan kondisi wajah penuh dengan makeup karena kemungkinan besar bisa merusak kulit perlahan-lahan dan memicu pengeriputan.
  • Tidak menggunakan produk perawatan kulit secara sembarangan. Kalau Anda menggunakan produk secara sembarangan, kemungkinan besar bisa memicu masalah serius, apalagi ada kandungan merkurinya.
  • Lakukan olahraga dengan teratur setiap harinya. Dengan melakukan olahraga, kesehatan dari kulit juga bisa mengalami peningkatan. Saat berolahraga, kulit akan sering berkeringat. Kotoran yang di kulit bisa luntur sehingga peremajaan bisa berjalan dengan baik.
  • Melakukan senam pada wajah juga bisa dilakukan untuk menjaga kesehatan kulit.
  • Hindari kebiasaan buruk yang membuat kulit di wajah mengalami gangguan. Kebiasaan buruk itu mencakup merokok atau mengonsumsi terlalu banyak alkohol. Dua aktivitas ini bisa menyuplai racun ke dalam tubuh dalam jumlah banyak.
  • Perawatan rutin bisa dilakukan untuk melihat kondisi kesehatan kulit terkini. Dengan pengecekan ini akan terlihat dengan jelas ada atau tidaknya masalah pada kulit. Kalau masalah pada kulit muncul, Anda bisa segera mengatasinya agar tidak parah.
  • Menggunakan suplemen vitamin yang baik untuk tubuh kalau diperlukan.

Berbagai vitamin terbaik untuk kulit

Vitamin juga memiliki peran yang besar untuk tubuh. Peran ini cukup beragam dan tergantung dengan jenis-jenisnya. Berikut berbagai jenis vitamin yang bermanfaat untuk tubuh.

  1. Vitamin A

Vitamin A dikenal sangat baik untuk kesehatan mata. Namun, vitamin yang banyak terdapat pada sayuran hijau, ubi merah, dan wortel ini juga bermanfaat untuk menjaga kesehatan kulit. Manfaat ini bisa didapatkan setelah retinoid atau penyusun Vitamin A diaplikasikan dalam bentuk krim.

Bahan retinoid yang diaplikasikan pada kulit bisa mengurangi tanda penuaan dini. Kerutan di wajah perlahan-lahan akan berkurang karena kelenturannya meningkat. Sayangnya bahan retinoid ini membuat sensitivitas kulit jadi menurun. Dampaknya, kalau Anda sedang pergi ke pantai disarankan Ir menggunakan tabir surya agar tidak mudah gosong.

  1. Vitamin B Kompleks

Berbagai jenis vitamin B juga memiliki banyak manfaat untuk tubuh. Salah satu manfaat yang bisa didapatkan adalah sel baru yang akan terbentuk dengan mudah. Dengan sel baru ini, kulit juga akan menjadi lebih muda. Efek ini bisa didapatkan dengan mengonsumsi suplemen. Beberapa penelitian juga mengatakan kalau efek ini lebih bisa dirasakan kalau diaplikasikan langsung ke kulit.

Asam folat atau niacin yang termasuk dalam golongan vitamin B juga bermanfaat untuk mencegah terjadinya penuaan di wajah. Bahkan, bintik hitam yang menyebabkan wajah terlihat lebih tua bisa dibuat menjadi lebih samar lagi. Dengan manfaat yang lebih besar ini, wanita hamil yang kerap mengonsumsi asam folat akan memiliki kulit yang jauh lebih sehat dari sebelumnya.

Penggunaan vitamin B-5 secara rutin juga meningkatkan kekuatan kulit dalam melawan inflamasi. Dengan kekuatan ini wajah dan bagian kulit lainnya akan sehat dan kuat. Kemungkinan terjadi jerawat dan sejenisnya bisa diminimalkan.

  1. Vitamin C

Vitamin C adalah antioksidan yang sangat kuat dan mudah didapatkan dari mana saja khususnya buah yang mengandung rasa asam seperti jeruk. Mengonsumsi  vitamin C dalam jumlah yang cukup tidak hanya mengatasi masalah kesehatan di mulut saja, tapi juga kulit di seluruh tubuh.

Mengonsumsi buah dan sayur yang mengandung vitamin C bisa meningkatkan kesehatan dari kulit. Kekenyalan dari kulit akan meningkatkan serta radikal bebas tidak bisa mendekat. Kalau radikal bebas tidak bisa mendekat, gangguan pada kulit tidak akan terjadi. Penuaan dini juga bisa dicegah dengan lebih mudah.

  1. Vitamin D

Mengonsumsi vitamin D dengan jumlah yang cukup bisa membantu kesehatan kulit karena vitamin ini memicu metabolisme sel. Dengan metabolisme sel yang berjalan dengan baik, tubuh bisa dengan mudah melakukan peremajaan termasuk sel kulit.

Vitamin D dalam jumlah banyak bisa didapatkan dari susu, sereal, dan ikan berlemak seperti ikan salmon dan tuna. Selanjutnya Anda juga bisa mencukupi kebutuhan vitamin D dari berjemur.

  1. Vitamin E

Vitamin E adalah salah satu nutrisi yang paling dipromosikan untuk kesehatan kulit. Dengan mengonsumsi vitamin E, kulit bisa lebih sehat, kenyal, dan mempercepat penyembuhan kalau terjadi luka.

Inilah beberapa ulasan tentang berbagai jenis vitamin yang baik sekali untuk kesehatan kulit. Vitamin di atas bisa didapatkan dengan mudah dari makanan atau multivitamin. Nah, dari beberapa ulasan di atas, adakah yang sebelumnya belum Anda ketahui? Semoga setelah ini Anda bisa menjaga kesehatan kulit dengan baik, ya!