Terbit: 22 Juni 2018
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com– Uban adalah rambut yang telah berubah warna menjadi keabu-abuan kemudian putih. Uban merupakan salah satu masalah rambut yang pasti dialami oleh setiap orang. Sebab, dengan bertambahnya usia, rambut yang hitam pekat pun akan berubah menjadi putih, bahkan merata sampai seluruh rambut.

3 Jenis Vitamin yang Bisa Cegah Tumbuhnya Uban

Walau rambut putih identik dengan orang tua, tapi tidak menutup kemungkinan pula anak muda mengalami hal ini. Telah banyak anak muda zaman sekarang yang beruban, bahkan rela menyemir rambutnya agar uban tersebut tidak kelihatan. Sebab, bagaimanapun juga, beruban saat usia muda dapat dikatakan terlalu dini dan dianggap tidak normal.

Adapun penyebab uban adalah terjadinya perubahan hormon akibat kekurangan nutrisi vitamin yang dibutuhkan oleh rambut. Pasalnya, rambut membutuhkan beberapa vitamin yang akan membuatnya menjadi lebih sehat. Berikut adalah beberapa vitamin rambut:

1. Vitamin B5

Vitamin B5 adalah salah satu jenis nutrisi yang sangat dibutuhkan oleh rambut. Vitamin ini sering disebut sebagai asam patothenic yang dibutuhkan untuk membentuk antibody tubuh dan menekan terjadinya rambut beruban. Anda bisa mendapatkan vitamin B5 dari berbagai macam makanan, seperti brokoli, apokat, susu, dan masih banyak lagi.

2. Vitamin B12

Untuk jenis vitamin yang satu ini memang sangat penting dalam proses metabolisme tubuh. Namun, selain itu, ternyata vitamin B12 juga bisa berkontribusi pada repigmentasi rambut Anda. Maka dari itu, perbanyaklah mengonsumsi makanan yang kaya akan vitamin B12 seperti wortel, ikan, daging, serta kembang kol.

3. Vitamin B1

Vitamin B1 sangat penting dan dipercayai sebagai sumber energi bagi tubuh. Dengan rutin mengonsumsi vitamin B1, maka Anda akan terhindar dari rasa lemas sehingga tubuh menjadi bugar dalam melakukan aktivitas sehari-hari. Tidak hanya sampai di situ, vitamin B1 juga dibutuhkan oleh rambut sebagai pelindung dari ancaman radikal bebas. Anda bisa mendapatkan vitamin ini dari jagung, legume, kismis, dan sebagainya.


DokterSehat | © 2021 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi