Persalinan Makin Lancar dengan 5 Vitamin Penting Jelang Kelahiran

DokterSehat.Com– Saat-saat menjelang persalinan tentu menjadi saat yang cukup mendebarkan, ya. Berbagai persiapan tentu sudah dilakukan dengan maksimal, baik secara fisik, ekonomi, hingga psikologis.

Nah, selain 3 hal tersebut, ibu hamil juga bisa mempersiapkan persalinan dengan baik melalui asupan zat gizi, atau vitamin, yang mampu mendukung lancarnya persalinan, lho.

Ya, persiapan untuk mendukung persalinan yang lancar juga bisa diusahakan dengan memilih bahan makanan yang merupakan sumber zat gizi atau vitamin tertentu.

Beberapa jenis vitamin dapat memberikan manfaat yang super dalam mendukung lancarnya persalinan dengan memberikan suplai energi yang baik serta dukungan dengan mengoptimalisasi fungsi sel dan organ.

Penasaran apa saja jenis vitamin dan zat gizi yang penting untuk dipenuhi ibu jelang kehamilan? Yuk, sama-sama kita simak penjelasannya di bawah ini!

1. Vitamin B6

Asupan vitamin B6 merupakan salah satu asupan vitamin yang harus dicukupi ibu hamil jelang persalinan, karena vitamin B6 memiliki fungsi yaitu membantu proses pembentukan sel darah merah, mendukung terbentuknya energi yang semakin baik serta mendukung berbagai fungsi pada sistem pernafasan.

Ketiga hal tersebut tentu merupakan manfaat yang penting dalam mendukung proses persalinan yang lancar.

Untuk itu, ibu hamil dapat memenuhi kebutuhan vitamin B6 dengan mengonsumsi bahan makanan sumber vitamin B6, yaitu daging hewani, baik daging merah maupun daging unggas, serta kacang-kacangan, misalnya kacang kedelai, kacang almond, kacang merah, atau kacang edamame.

2. Vitamin D

Selain vitamin B6, vitamin D juga memiliki peran penting dalam mendukung persalinan yang lancar.

Hal ini disebabkan, vitamin D, selain memilliki fungsi untuk mendukung kepadatan dan kekuatan tulang dan gizi ibu & janin, juga memiliki fungsi mengontrol kadar gula darah dalam tubuh ibu jelang persalinan. Hal ini tentu penting mengingat gula darah yang tinggi jelang persalinan bukanlah kondisi yang baik.

Untuk itu, ibu hamil sebaiknya memenuhi kebutuhan vitamin D dari paparan sinar matahari yang cukup, serta mengonsumsi makanan yang banyak mengandung vitamin D, misalnya susu atau produk olahan susu seperti keju.

3. Omega 3

Selain dua jenis vitamin di atas, omega 3 memiliki peran penting dalam mendukung proses persalinan yang lancar.

Hal ini disebabkan omega 3 memiliki fungsi yang baik untuk kesehatan tubuh secara umum serta kesehatan jantung. Kondisi ini tentu sangat baik agar tubuh ibu semakin optimal kesehatannya jelang persalinan.

photo credit : pexels.com

Asupan omega 3 dapat dipenuhi dengan mengonsumsi ikan, beberapa jenis ikan yang banyak mengandung omega 3 adalah tuna atau salmon.

4. Potasium

Salah satu jenis mineral yang penting untuk mendukung lancarnya persalinan adalah potasium. Potasium terbukti mampu membantu kontraksi otot yang baik sehingga mendukung persalinan lebih lancar.

Ibu hamil dapat memenuhi kebutuhan potasium jelang persalinan dengan mengonsumsi makanan sumber potasium, salah satunya adalah buah pisang.

5. Karbohidrat kompleks

Selain 4 jenis vitamin dan mineral di atas, salah satu zat gizi penting yang harus dipenuhi ibu hamil agar asupan energi saat hamil dapat terpenuhi adalah karbohidrat jenis karbohidrat kompleks.

Karbohidrat kompleks merupakan jenis karbohidrat yang mampu mendukung asupan energi yang lebih baik dan mensuplai energi lebih tahan lama. Tentu sangat penting untuk mendukung kebutuhan energi yang tinggi jelang persalinan.

Photo Credit: Flickr.com/Jim Champion

Karbohidrat kompleks dapat dipenuhi ibu dari bahan makanan pokok yang kandungan seratnya cukup tinggi seperti nasi, nasi merah, roti, roti gandum, mi, atau beberapa jenis umbi, misalnya kentang atau singkong.