Sering Lupa, 3 Vitamin Ini Juga Harus Dipenuhi oleh Ibu dan Anak

doktersehat-vitamin

DokterSehat.Com– Asupan makanan dan gizi tentu menjadi kunci kesehatan ibu dan anak, ya.

Hal ini bisa dimulai sejak ibu berada pada kondisi persiapan kehamilan, saat hamil, pasca melahirkan, hingga menyusui. Setelah melahirkan, asupan gizi anak tentu juga menjadi salah satu hal yang diprioritaskan.

Ternyata, ada lho beberapa jenis vitamin penting yang kebutuhannya meningkat pada ibu dan anak secara bersamaan.

Hal ini disebabkan ibu sedang berada pada kondisi pasca hamil dan menyusui membuat kebutuhan gizi harian ibu meningkat.

Sedangkan, bayi baru lahir hingga berusia 2 tahun merupakan periode emas dimana kebutuhan gizi anak harus selalu terpenuhi.

Beberapa jenis zat gizi penting, namun jarang terpenuhi biasanya adalah jenis yang sama antara ibu dan anak. Hal ini cukup wajar karena dalam satu kali sajian makanan biasanya jenis bahan makanan yang dikonsumsi dalam satu rumah kurang lebih sama.

Dengan mengetahui apa saja vitamin penting yang harus diperhatikan oleh ibu dan anak, tentu akan sangat membantu pemenuhan kebutuhan gizi ibu dan anak.

Lantas, apa saja jenis vitamin penting yang harus dicukupi oleh ibu dan anak? Yuk, sama-sama kita simak di bawah, ini!

1. Vitamin D

Baik di luar maupun dalam negeri, hampir sebagian besar asosiasi kesehatan selalu menekankan pentingnya asupan vitamin D yang cukup untuk ibu hami.

Hal ini tentu wajar mengingat ibu hamil kerap mengalami kekurangan vitamin D disebabkan vitamin D dalam tubuh ibu digunakan untuk bahan baku pembentukan tulang dan gigi janin.

Saat bayi lahir dan telah melewati masa ASI eksklusif, vitamin D menjadi vitamin yang harus terpenuhi, tak hanya dari ASI, namun juga dari MPASI yang tepat.

doktersehat-khasiat-susu-kambing-untuk-kulit
Photo Credit: Pexels.com

Di Indonesia sendiri, vitamin D paling baik dipenuhi dari paparan sinar matahari pada pukul 8-10 pagi selama minimal 15 menit. Akan tetapi, pemenuhan vitamin D dari paparan sinar matahari, belakangan kurang dapat dipenuhi, padahal keduanya amat penting untuk ibu dan anak.

Untuk itu, usahakan ibu dan anak usia di atas 6 bulan selalu mengonsumsi susu dan produk olahan susu yang rendah lemak. Selain itu, biasakan pula untuk ibu dan anak untuk berjemur atau mengajak anak main di luar rumah saat pagi hari.

2. Vitamin E

Vitamin E merupakan vitamin larut lemak yang kerap terlupakan. Padahal, salah satu kandungan gizi hebat yang ada pada vitamin E adalah antioksidan yang tinggi.

Jika ibu dan anak mendapatkan asupan gizi vitamin E yang cukup, maka salah satu manfaat yang bisa dirasakan adalah mendukung fungsi berbagai sel dalam tubuh hingga mencegah terjadinya penyakit akibat kanker.

doktersehat-kacang-hijau

Untuk memenuhinya, ibu dan anak di atas usia 6 bulan sebaiknya selalu membiasakan diri mengonsumsi kacang-kacangan atau olahan makanan dari biji-bijian.

Kacang hijau, kacang merah, kacang almond atau mengonsumsi roti dari biji gandum utuh, bisa dibiasakan untuk ibu dan anak.

Dalam porsi harian yang cukup, yaitu 2-3 porsi, disesuaikan masing-masing untuk porsi ibu dan anak.

3. Omega 3

Jika tidak mendapatkan perhatian khusus, maka omega 3 juga akan mudah terlupakan. Padahal omega 3 merupakan zat gizi penting yang dibutuhkan oleh ibu dan anak.

khasiat-vitamin-E-doktersehat-1
Photo Credit: Pexels.com

Asupan omega 3 yang cukup mampu mendukung kesehatan jantung ibu, perkembangan otak anak serta asupan lemak yang baik untuk tubuh.

Maka dari itu, ibu dan anak yang sudah mengonsumsi MPASI, sebaiknya memilih bahan makanan tinggi omega 3, yaitu ikan sebagai pilihan lauk hewani utama saat makan.

doktersehat-ayo-makan-ikan
Photo Credit: PRObrownpau

Usahakan ibu dan anak mengonsumsi ikan paling tidak 3-4 kali sajian dalam satu minggu, ya.