Terbit: 4 Juni 2018
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com– Memiliki rambut yang sehat tentu saja menjadi dambaan banyak orang. Rambut yang sehat sendiri rupanya bisa diketahui dari teksturnya yang lembut, batangnya yang tebal dan akar yang kuat. Sayangnya, tidak semua orang memiliki rambut yang sehat.

Ragam Vitamin yang Ampuh untuk Melebatkan Rambut

Terutama bagi Anda yang kerap mengaplikasikan beragam produk perawatan rambut atau pun menggunakan beragam alat untuk menata rambut. Kebiasaan tersebut akan menjadikan rambut menjadi lebih tipis dan mudah rontok. Untungnya Anda masih bisa menyiasatinya dengan mengembalikan kelebatan rambut menggunakan sejumlah vitamin seperti berikut.

1. Biotin

Biotin atau vitamin B7 merupakan salah satu vitamin yang dapat memvantu Anda dalam menebalkan dan melebatkan rambut secara alami. Dilansir dari laman Viviscal, biotin yang juga dikenal dengan vitamin H ini berperan dalam memperkuat struktur rambut. Selain itu, biotin juga ampuh dalam melindungi rambut dari paparan sinar matahari yang kerap menjadikan rambut lebih mudah merah dan lepek. Biotin sendiri biasanya terkandung pada sejumlah bahan makanan seperti telur dan kacang-kacangan.

2. Vitamin C

Siapa bilang vitamin C hanya diperlukan untuk menjaga kesehatan kulit saja. Usut punya usut, vitamin C ini ternyata juga memegang peranan penting dalam menjaga kesehatan rambut. Terutama dalam melebatkan rambut secara alami. Mengonsumsi makanan yang mengandung vitamin C atau mengaplikasikan masker rambut Dengan kandungan vitamin C akan menjadikan batang rambut lebih tebal dan kuat. Nah, vitamin C sendiri tidak hanya diperoleh dari buah jeruk saja. Anda juga dapat mengonsumsi sejumlah bahan makanan lain seperti paprika merah, tomat hingga sayuran hijau.

3. Niacin

vitamin lainnya yang dapat membantu Anda dalam menebalkan dan melebatkan rambut adalah niacin. Niacin yang juga dikenal dengan vitamin B3 ini berperan dalam memperbaiki folikel rambut sehingga rambut yang tumbuh dalam kondisi lebih sehat dan tebal. Tidak hanya itu saja, niacin juga merangsang pertumbuhan sel-sel rambut yang baru lebih cepat dan sehat. Anda dapat memperoleh niacin dengan mengonsumsi atau menggunakan sejumlah bahan seperti ikan laut, susu, yoghurt, hingga daging merah.

- Iklan -
Iklan DokterSehat Farmaku Cetaphil Promo - Advertisement

Nah, siapa yang mengira ternyata sejumlah vitamin di atas dapat menjaga kesehatan rambut secara alami. Apalagi beberapa vitamin di atas juga menstimulasi proses pertumbuhan rambut yang lebih tebal dan sehat. Tidak heran jika penggunaan atau pengonsumsian sejumlah vitamin di atas menjadikan rambut lebih lebat.


DokterSehat | © 2021 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi