Penting, Ini Vitamin yang Harus Dipenuhi Saat Sering Terkena Polusi Udara

doktersehat olahraga setelah Lebaran
photo credit: Pexels

DokterSehat.Com– Saat pergi keluar rumah, polusi udara seakan sudah menjadi bagian dari lingkungan kita.

Bagaimana tidak, penggunaan bahan bakar mesin pada kendaraan yang semakin banyak jumlahnya, hasil polusi dari pabrik dan industri serta berkurangnya ruang terbuka hijau di perkotaan membuat polusi udara tak lagi bisa dielakkan.

Hal ini memang mau tidak mau harus kita hadapi. Kini, menjaga dan memperbaiki lingkungan sudah mulai banyak mendapat perhatian instansi pemerintah serta atensi dari masyarakat. Akan tetapi, kita tetaplah harus menyadari bahwa kesehatan tubuh merupakan hal yang utama.

doktersehat-polusi-udara-ginjalUntuk itu, melindungi diri dari paparan polusi udara sebaiknya kita lakukan dengan cara yang maksimal.

Selain dengan melakukan perlindungan terhadap organ pernafasan, baik dengan penggunaan masker atau penutup hidung lainnya, Anda juga bisa memberikan perlindungan tubuh dari asupan vitamin.

Ya, ternyata ada jenis vitamin yang ampuh untuk melindungi tubuh dari bahaya atau paparan polusi udara, lho, penasaran?

Bahaya polusi udara bagi tubuh

Polusi udara merupakan zat yang berbahaya untuk kesehatan tubuh, mengapa?

Hal ini disebabkan adanya kandungan partikel PM2.5 yang terkandung pada polusi udara. Partikel yang berukuran sangat kecil ini dapat menyebabkan bahaya karena jika terhirup dapat menempel pada organ tubuh dan akan menimbulkan berbagai masalah kesehatan bagi paru-paru dan jantung.

Penumpukan partikel tersebut juga bisa menyebabkan berbagai kondisi mulai dari munculnya peradangan hingga stress oksidatif pada sel tubuh.

doktersehat sakit fluJika paparan polusi udara secara terus menerus masuk dalam tubuh, dapat meningkatkan risiko berbagai jenis penyakit, mulai dari penyakit pernafasan hingga penyakit yang bisa menyerang berbagai sistem dan metabolisme tubuh.

Beberapa jenis penyakit yang bisa disebabkan oleh paparan polusi udara, adalah penyakit pernafasan ringan, misalnya batuk, hingga penyakit pernafasan akut seperti sesak nafas. Selain itu risiko terjadinya alzheimer, gangguan mental, hingga stroke juga semakin besar jika tubuh kita rentan mengalami paparan polusi udara.

Lantas, vitamin apa yang bisa mencegah terjadinya bahaya tersebut?

Suatu studi yang dilakukan oleh University of California menunjukkan bahwa ada satu jenis vitamin yang bisa memberikan manfaat berupa pencegahan kerusakan dan perbaikan sel tubuh akibat paparan polusi udara.

Vitamin tersebut adalah vitamin B kompleks, yang terbukti mampu memberikan manfat berupa pencegahan terhadap kelelahan sel, menurunkan risiko penyakit jantung, mengurangi stres, serta merangsang sistem kekebalan tubuh.

Hal ini ditunjukkan dengan pemberian vitamin B kompleks pada responden dengan paparan partikel PM2.5 yang tinggi selama satu bulan.

Vitamin B kompleks yag diberikan adalah vitamin B6, B9 dan B12 dalam dosis yang cukup tinggi. Hasilnya pengurangan dampak pada kerusakan sel DNA menjadi lebih rendah pada responden yang mengonsumsi vitamin B kompleks ketimbang kelompok yang tidak menerima vitamin B kompleks.

Lalu, dari mana kita bisa memperoleh asupan vitamin B kompleks

Vitamin B kompleks yang bisa melindungi tubuh dari bahaya paparan polusi udara, bisa kita peroleh dari suplemen maupun bahan makanan segar.
doktersehat-telur-ikan-daging-sayur-susuAkan tetapi, penyerapannya akan lebih maksimal jika kita memperolehnya dari bahan makanan segar, seperti sayuran berdaun hijau gelap, daging merah yang rendah lemak, kacang-kacangan atau olahannya serta telur.

Anda tentu bisa dengan mudah menjadikan bahan makanan tersebut sebagai bagian dari bahan makanan harian Anda, bukan?

Usahakan untuk mengonsumsi bahan makanan sumber vitamin B kompleks dalam porsi yang cukup, sebagai bagian dari konsumsi makanan utama maupun camilan agar tubuh Anda bisa tetap terlindungi dari bahaya paparan polusi udara, ya.