7 Vitamin Kulit Kering dari Bahan Alami yang Praktis dan Mudah Didapat

vitamin-kulit-doktersehat

DokterSehat.Com – Kekurangan vitamin kulit bisa menyebabkan kulit wajah menjadi kering. Masalah kulit wajah kering memang tidak bisa dianggap enteng. Kondisi kulit wajah kering bisa lebih berbahaya daripada kondisi kulit wajah berminyak. Kulit wajah kering akan sangat rentang terhadap gesekan sehingga mudah terkena iritasi.

Kulit wajah kering juga membuat kita sulit untuk mengaplikasikan make up ke wajah. Sudah bosan dengan masalah kulit wajah kering Anda?

Berikut vitamin kulit kering dari bahan alami yang bisa Anda coba:

1. Minyak

Vitamin kulit kering yang pertama adalah minyak. Minyak-minyak ini dapat bertugas untuk membantu mengembalikan kelembaban kulit kembali. Beberapa minyak esensial yang dapa dijadikan vitamin kulit kering antara lain adalah minyak zaitun, minyak almond, minyak kelapa, dan minyak jojoba.

Cara penggunaannya sangat mudah, Anda bisa mengaplikasikan minyak ke seluruh wajah sambil dipijat halus pada malam hari, setelah itu baru dibilas keesokan paginya. Anda bisa melakukannya setiap hari hingga masalah kulit wajah kering Anda hilang.

2. Susu

Bahan alami kedua yang bisa dijadikan sebagai vitamin kulit kering adalah susu. Kandungan antiinflamasi dalam susu mampu untuk menenangkan kulit dan mencegah kulit dari iritasi. Susu juga mengandung asam laktat yang sangat baik untuk kulit dan mampu untuk meningkatkan kelembaban kulit.

Cara menggunakan susu untuk masker, Anda bisa memilih jenis susu cair dan juga susu bubuk. Cara pertama adalah dengan mengompres wajah dengan susu cair selama 5-7 menit menggunakan susu cair. Cara kedua adalah menggunakan susu bubuk yang diberi sedikit air hingga membentuk pasta lalu dibalurkan ke seluruh wajah. Tunggu masker hingga kering, baru kemudian bilas wajah dengan air hangat.

3. Madu

Madu memang terkenal memiliki banyak sekali manfaat untuk kulit. Madu juga termasuk ke dalam bahan alami yang sangat mudah didapat. Kandungan antioksidan dan antinikroba dalam madu tidak hanya mampu melembabkan kulit tapi juga mampu mengunci kelembaban kulit.

Cara menggunakan madu untuk kulit wajah kering adalah dengan mengoleskan madu ke seluruh wajah. Diamkan kurang lebih 10-15 menit, lalu bilas dengan air bersih. Aplikasikan juga madu di bibir jika Anda memiliki masalah bibir kering.

4. Lidah Buaya

Vitamin kulit dari bahan alami selanjutnya adalah lidah buaya. Lidah buaya bisa bertindak sebagai antiseptik antiinflamasi, sekaligus antifungal bagi kulit wajah kita. Mengaplikasikan lidah buaya di kulit wajah kering juga bisa memberikan sensasi sejuk seketika di wajah.

Cara menggunakannya adalah dengan mengaplikasikan gel lidah buaya ke seluruh wajah. Anda bisa menunggunya hingga kering, lalu langsung di bilas atau Anda juga bisa membawanya tidur dan membilasnya di pagi hari.

5. Mentimun

Sama halnya seperti lidah buaya, mentimun juga bisa memberikan sensasi sejuk seketika pada wajah kita. Kandungan air yang tinggi dalam mentimun juga bisa membantu menghidrasi kulit kita sehingga kulit wajah kering menjadi lebih lembab.

Hancurkan mentimun dengan blender, lalu campurkan dengan sedikit minyak zaitun atau minyak kelapa. Setelah itu, oleskan campuran tersebut ke seluruh wajah. Diamkan kurang lebih 15 menit sebelum dibilas dengan air bersih.

baca juga : Kulit Wajah Anda Kering? Ini 6 Tahap Mudah Perawatannya

6. Alpukat

Vitamin alami untuk kulit wajah kering selanjutnya adalah buah alpukat. Lemak nabati dalam jumlah tinggi yang terkandung dalam alpukat memiliki kemampuan untuk menjaga kelembaban kulit. Pilihlah jenis alpukat dengan daging yang lembut seperti alpukat mentega agar lebih mudah dijadikan masker.

Cara mengaplikasikannya adalah dengan menghancurkan alpukat dengan blender. Oleskan alpukat yang sudah hancur ke seluruh bagian wajah, lalu diamkan selama 15-20 menit. Setelah itu bilas wajah dengan air hangat.

7. Vitamin dari dalam

Selain memberikan vitamin kulit dari luar, kita juga bisa menutrisi kulit dari dalam tubuh. Makanan yang baik untuk kulit kering antara lain adalah jenis buah-buahan yang banyak mengandung air, sayur-sayuran, ikan seperti tuna dan salmon. Jangan lupa juga untuk mengonsumsi lebih banyak air putih agar kulit kita terhidrasi dengan baik.

Anda juga bisa mencoba suplemen vitamin E yang ampuh untuk menjaga kelembaban kulit. Selain membuat kulit lembab, vitamin E juga ampuh untuk mencegah terjadinya penuaan dini.

Jika masalah kulit wajah kering semakin parah dan menimbulkan gejala seperti gatal, muncul ruam merah, hingga iritasi, segera konsultasikan ke dokter agar segera dapat segera ditangani.