Terbit: 19 Agustus 2020 | Diperbarui: 24 Agustus 2020
Ditulis oleh: Devani Adinda Putri | Ditinjau oleh: dr. Eko Budidharmaja

Asupan vitamin kuku, mineral, dan nutrisi yang cukup akan mendukung kesehatan dan kecantikan kuku Anda. Ketahui apa saja vitamin untuk kuku serta cara membuat kuku jadi cantik dan sehat dalam pembahasan ini.

9 Vitamin Kuku Alami agar Sehat dan Cantik 

Nutrisi dan Vitamin Kuku agar Sehat dan Cantik

Sebagian orang mungkin menyepelekannya, namun penampilan kuku Anda ternyata dapat mengukur kesehatan tubuh Anda. Sebagai contoh, kuku yang rapuh dan kuning menandakan tubuh Anda kekurangan nutrisi dan vitamin. Kuku yang mudah patah bisa juga menjadi tanda adanya masalah liver, ginjal, infeksi jamur, atau penyakit kulit.

Apabila Anda ingin merawat kesehatan kuku Anda, Anda disarankan untuk memenuhi kebutuhan vitamin kuku, termasuk:

1. Zat Besi

Kekurangan zat besi akan membuat tekstur kuku menjadi menonjol atau cekung. Zat besi bertugas untuk mengantar oksigen ke seluruh sel melalui sel darah merah, termasuk ke jaringan kuku.

Penuhi kebutuhan harian zat besi Anda, 8 mg per hari untuk pria dan 18 mg zat besi per hari untuk wanita usia 19-50 tahun. Sumber zat besi didapatkan dari konsumsi makanan sehari-hari, seperti ikan, telur, daging ayam, daging sapi, sayuran berdaun hijau, dan kacang-kacangan.

- Iklan -
Iklan DokterSehat Farmaku Darlie - Advertisement

2. Biotin

Kekurangan biotin akan membuat kuku menjadi rapuh atau mudah patah, ruam kulit, dan rambut menipis. Biotin adalah kelompok vitamin B kompleks, yaitu vitamin B7, koenzim R, dan vitamin H. Biotin sangat dibutuhkan untuk pembentukan jaringan tubuh yang sehat, termasuk kuku.

Berdasarkan National Institutes of Health, kasus kekurangan biotin pada tubuh jarang terjadi. Pasalnya, Anda sudah dapat memenuhi kebutuhan harian biotin dari menu makanan sehari-hari seperti susu, kuning telur, ubi, kol, salmon, ragi, hati ayam, kacang-kacangan, dan sayuran hijau.

3. Vitamin C

Vitamin C adalah vitamin esensial untuk pembentukan sistem imun, memproduksi kolagen, memperbaiki kerusakan sel, dan bertanggung jawab pada fungsi penting lainnya untuk tubuh. Vitamin C juga dibutuhkan untuk memelihara kesehatan kuku, rambut, kulit, dan gigi.

Berdasarkan laporan dari National Academies of Medicine, laki-laki harus memenuhi kebutuhan vitamin C harian sebanyak 90 mg, 75 mg untuk wanita, dan 120 mg untuk wanita menyusui. Sumber vitamin C adalah jeruk, kiwi, paprika, brokoli, tomat, sayuran hijau, dan buah beri sebagai vitamin kuku alami.

Anda juga dapat mengonsumsi suplemen atau minuman vitamin C untuk menjaga kesehatan tubuh secara keseluruhan tubuh. Bila perlu, Anda juga dapat menggunakan minyak esensial yang mengandung vitamin C khusus untuk kuku.

Baca Juga: 13 Sayuran yang Mengandung Vitamin C Tinggi

4. Vitamin B12

Selain biotin, kuku juga membutuhkan asupan vitamin B12 yang cukup. Vitamin B12 ini juga berperan membantu penyerapan zat besi di dalam sistem pencernaan. Kekurangan vitamin B12 akan membuat pigmen warna kuku menjadi kebiruan dengan tekstur bergelombang.

Vitamin B12 juga berfungsi untuk mendukung produksi DNA dan sistem saraf yang sehat. Penuhi kebutuhan vitamin B12 dari makanan seperti hati ayam atau sapi, kerang, daging sapi, ikan sarden, tuna, sereal, susu, udang, keju, dan daging ayam.

5. Magnesium

Magnesium adalah mineral yang bertanggung jawab pada kinerja penting organ tubuh, termasuk sistem saraf, produksi energi, kekuatan otot, dan kesehatan kuku. Salah satu tanda tubuh kekurangan magnesium adalah tekstur kuku terlihat menonjol.

Magnesium juga berperan untuk membantu produksi sintesis protein untuk pertumbuhan kuku yang sehat. Anda dapat memenuhi kebutuhan magnesium dari menu sehari-hari seperti sayuran berdaun hijau tua, wortel, dada ayam, susu, pisang, coklat, kentang, nasi merah, dll.

6. Protein

Protein adalah nutrisi esensial bagi tubuh untuk memperbaiki jaringan tubuh serta mendukung pertumbuhan tulang, otot, darah, kulit, dan kuku. Kekurangan protein akan menyebabkan kuku rapuh. Penuhi vitamin untuk kuku dari asupan sehari-hari seperti ikan, telur, daging, dan susu.

7. Asam Lemak Omega 3

Kekurangan asam lemak omega 3 menyebabkan kuku kering dan mudah patah.

Asupan asam lemak omega 3 dapat membantu mengurangi peradangan pada bantalan kuku, melembapkan lapisan kuku, dan membuat kuku tampak bening berkilau. Penuhi kebutuhan asam lemak omega 3 untuk kesehatan tubuh dari berbagai sumber makanan seperti telur, biji-bijian, dan kacang-kacangan.

8. Zinc

Zinc juga termasuk vitamin untuk kuku. Kekurangan zinc akan menyebabkan bintik-bintik putih pada kuku. Penuhi kebutuhan zinc dari konsumsi telur, ikan, daging, sayuran seperti buncis, dan kacang-kacangan.

9. Asam Folat

Vitamin kuku alami selanjutnya adalah makanan yang tinggi asam folat. Asam folat atau vitamin B9 berfungsi untuk meningkatkan produksi sel darah merah untuk mengantarkan ke seluruh sel agar sehat, termasuk sel kuku.

Kekurangan asam folat akan membuat kuku menjadi rapuh, kaku, dan kuku menjadi gelap akibat perubahan pigmen. Anda dapat menemukan sumber asam folat di unggas, ikan, telur, alpukat, kacang polong, susu, dan biji-bijian.

Baca Juga: 11 Cara Memutihkan Kuku Secara Alami (Mudah dan Cepat)

Cara Menjaga Kesehatan dan Kecantikan Kuku

Selain memenuhi kebutuhan vitamin kuku dari konsumsi makanan sehat sehari-hari, Anda juga disarankan untuk menerapkan pola hidup sehat untuk menjaga kuku selalu sehat dan bersih.

Berikut ini cara mencegah kesehatan kuku:

  • Cukupi kebutuhan air putih (8 gelas per hari). Kekurangan mineral akan membuat kuku jadi rapuh.
  • Hindari produk kuku yang mengandung bahan kimia seperti formaldehyde.
  • Hindari penggunaan cat kuku akrilik terus-menerus karena akan menyebabkan lapisan kuku mengelupas.
  • Anda mungkin harus menggunakan pelembap kuku atau losion untuk menjaga kelembapan kuku.
  • Menggunakan hand sanitizer terlalu sering akan membuat kulit dan kuku kering.
  • Anda mungkin harus memakai sarung tangan saat menggunakan produk-produk kebersihan rumah tangga.

Itulah pembahasan lengkap tentang vitamin kuku alami. Sebenarnya, konsumsi makanan sehat sehari-hari sudah dapat memenuhi kebutuhan vitamin agar kuku sehat. Semoga informasi ini bermanfaat.

 

  1. Braverman, Jody, CPT, FNS, RYT. 2019. What Vitamins Are Needed for Strong Nails?. https://www.livestrong.com/article/22016-vitamins-needed-strong-nails/. (Diakses pada 19 Agustus 2020).
  2. Fletcher, Jenna. 2019. Nail strengthening tips. https://www.medicalnewstoday.com/articles/325974. (Diakses pada 19 Agustus 2020).
  3. Goodson, Amy MS, RD, CSSD, LD. 2018. Top 8 Vitamins and Nutrients for Healthy, Strong Nails. https://www.healthline.com/nutrition/vitamins-for-nails. (Diakses pada 19 Agustus 2020).


DokterSehat | © 2021 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi