Terbit: 20 April 2018
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com– Apa yang Anda ingat tentang manfaat vitamin E untuk tubuh? Vitamin E dikenal manfaatnya untuk kesehatan kulit dan reproduksi. Namun sebenarnya, asupan vitamin E yang tercukupi dapat mencegah tubuh dari terjadinya berbagai jenis penyakit lo.

Vitamin E Mampu Mencegah 4 Penyakit Ini

National Institute of Health menyebutkan kebutuhan vitamin E harian orang dewasa adalah sebesar 15 mg. Tercukupinya kebutuhan vitamin E, selain akan mendukung kesehatan kulit dan reproduksi juga akan mencegah terjadinya berbagai penyakit, yaitu:

1. Penyakit jantung

Berbagai penelitian telah membuktikan bahwa vitamin E mampu mencegah terjadinya penyakit jantung dengan menghambat pembentukan kolestereol jahat atau LDL yang dapat menyebabkan aterosklerosis. Selain itu vitamin E mampu mencegah terbentuknya gumpalan darah yang menyebabkan pembuluh darah jantung tersumbat.

2. Kanker

Vitamin E juga terkenal akan kandungan antioksidannya yang tinggi. Hal ini akan membuat vitamin E mampu melawan radikal bebas yang merupakan salah satu penyebab kanker. Selain itu kandungan vitamin E mampu menghambat proses pembentukan karsinogenik dari makanan sehingga tubuh akan terlindungi dari salah satu penyebab kanker.

Fungsi antioksidan pada vitamin E dan C juga pernah diteliti oleh American Cancer Society, hasilnya penggunaan suplemen vitamin E, pada orang dewasa selama tahun 1982 hingga 1988, mampu mengurangi risiko terjadinya kanker di bagian perkemihan.

- Iklan -
Iklan DokterSehat Farmaku Kids Baby - Advertisement

3. Kelainan pada mata

Salah satu manfaat konsumsi vitamin E yang tercukupi adalah berkurangnya risiko katarak. Efek kumulatif dari konsumsi vitamin E yang cukup serta kandungan antioksidan pada vitamin E mampu mencegah terjadinya berbagai gangguan penglihatan.

4. Menurunnya fungsi kognitif tubuh

Membran dan fungsi sel otak yang terganggu, akibat asupan vitamin E yang tidak tercukupi akan meningkatkan risiko terjadinya menurunnya fungsi kognitif dan penyakit neurodegeneratif seperti alzheimer. Asupan suplemen vitamin E pada penderita alzheimer terbukti mampu melindungi fungsi saraf otak.

Nah, jadi asupan vitamin E yang cukup akan memberikan berbagai manfaat untuk tubuh. Sudahkah Anda memenuhi kebutuhan vitamin E harian Anda?


DokterSehat | © 2020 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi