Ragam Vitamin dan Mineral yang Ampuh Usir Jerawat

vitamin-dan-mineral-usir-jerawat-doktersehat-1
Photo Credit: Pexels.com

DokterSehat.Com– Kulit berjerawat merupakan salah satu masalah yang paling sering menyerang banyak orang di segala usia. Penyebab jerawat sendiri sangat beragam. Kendati demikian, pada umumnya jerawat disebabkan oleh produksi sebum yang berlebihan sehingga menyebabkan pori-pori kulit tersumbat.

Kondisi yang demikian pun akhirnya memicu berkembangnya bakteri, virus dan jamur pada permukaan kulit. Untungnya saat ini sudah banyak cara untuk mengatasi masalah satu ini. Baik secara alami mau pun dengan melakukan sejumlah perawatan khusus. Kendati demikian, Anda yang tidak ingin terlalu rumit mengatasi jerawat dapat memanfaatkan sejumlah vitamin dan mineral berikut:

1. Vitamin A

Salah satu vitamin yang sangat direkomendasikan untuk mengatasi masalah kulit berjerawat adalah vitamin A. Vitamin A atau yang dikenal dengan retinoid ini memiliki kemampuan dalam meregenerasi sel-sel kulit serta mempercepat proses penyembuhan kulit. Kendati demikian, Anda lebih disarankan untuk menggunakan vitamin A secara topikal. Para dermatologist pun melarang pengonsumsian vitamin A untuk mengatasi jerawat karena dapat menyebabkan masalah lain yang lebih serius.

2. Zinc

Dilansir dari laman Healthline, Anda juga dapat menggunakan zinc untuk mengatasi masalah jerawat. Mineral satu ini tidak hanya ampuh dalam mengontrol produksi sebum pada kulit, tetapi juga dapat mencegah terjadinya proses infeksi oleh bakteri. Lebih lanjut, zinc juga berperan sebagai bahan anti peradangan yang mencegah jerawat semakin meradang. Kabar baiknya, Anda dapat menggunakan zinc secara oral maupun topikal.

3. Vitamin E

Sejumlah penelitian ternyata juga mengungkapkan jika salah satu penyebab jerawat adalah kurangnya asupan vitamin E. Tidak heran jika mengonsumsi vitamin E secaa teratur mampu mengatasi masalah jerawat. Tidak hanya membasmi jerawat pada kulit, kandungan vitamin E juga menjadikan kulit terasa lebih lembap dan lembut. Vitamin satu ini pun akan menghindarkan Anda dari serangan breakout.

Nah, setelah mengetahui ragam vitamin dan mineral di atas, tidak ada salahnya untuk segera menjajalnya dalam mengatasi jerawat. Kendati demikian, Anda membutuhkan proses yang cukup panjang untuk mendapatkan hasil yang memuaskan. Maka dari itu, jangan malas untuk mengaplikasikan atau mengonsumsi sejumlah vitamin dan mineral di atas secara rutin.