Alkohol Sebabkan Tubuh Kehilangan Vitamin dan Mineral

alkoholisme-kecanduan-alkohol
Photo Credit: SteadyHealth

DokterSehat.Com– Konsumsi alkohol apalagi berlebihan memang bisa memicu berbagai penyakit serius. Nah, mungkin belum banyak yang tahu bawah alkohol juga dapat memengaruhi  vitamin dan mineral dalam tubuh yang kemudian bisa berdampak pada kondisi kesehatan tubuh.

Meskipun tidak berbahaya jika dikonsumsi dalam jumlah yang normal, namun berbagai asosiasi kesehatan dunia menganjurkan pembatasan yang ketat dalam konsumsinya. Bahkan alkohol dilarang untuk ibu hamil.

Hal ini menunjukkan bahwa alkohol dapat memengaruhi kondisi kesehatan tubuh. Menurut US Departement of Health And Human Services, kandungan yang ada pada alkohol mampu mengganggu pemenuhan vitamin dan mineral tubuh, yaitu:

  1. Mengganggu penyerapan vitamin

 

Konsumsi alkohol akan memengaruhi penyerapan, metabolisme dan berbagai jenis vitamin. Alkohol akan mengganggu penyerapan lemak yang berfungsi melarutkan vitamin. Hal ini akan menyebabkan pemenuhan kebutuhan vitamin A, D, E dan K/vitamin larut lemak berkurang yang akan memengaruhi kesehatan mata, tulang, kulit dan pembekuan darah.

2. Kekurangan vitamin

 

Berkaitan dengan poin sebelumnya, karena penyerapannya terganggu maka kebutuhannya dalam tubuh tidak terpenuhi. Asupan vitamin A,C,D,E dan K pada orang yang mengonsumsi alkohol berlebihan, terbukti tidak tercukupi.

3. Kebutuhan mineral tidak terpenuhi

 

Kekurangan mineral kalsium, magnesium, zat besi dan zink akan terjadi jika konsumsi alkohol berlebihan. Secara umum, hal ini akan menyebabkan gangguan pada sistem tubuh, misalnya organ kemih.

Kalsium yang tidak tercukupi akan mengganggu kesehatan tulang, magnesium dan zat besi yang rendah menyebabkan gangguan pencernaan sedangkan zinc yang tidak terpenuhi mengganggu penyerapan zat gizi lain.

Selain itu, konsumsi alkohol berlebihan meningkatkan risiko kebiasaan makan yang tidak sehat, karena alkohol umumnya dapat memberikan asupan kalori. Penelitian menyebutkan asupan yang tidak sehat diiringi dengan gangguan penyerapan zat gizi meningkatkan risiko terjadinya kurang gizi.

Jadi, konsumsi alkohol akan memengaruhi kondisi zat gizi utamanya vitamin dan mineral tubuh. Untuk itu sebaiknya kita mematuhi anjuran bahwa alkohol sebaiknya dibatasi atau tidak dikonsumsi sama sekali, ya!