Manfaat Vitamin D untuk Kesehatan Sperma

sperma-dan-vitamin-D-doktersehat

DokterSehat.Com – Pria yang baru saja menikah dan ingin mendapatkan keturunan, diharuskan memiliki sperma berkualitas. Oleh karena itu, perhatikan asupan makanan untuk meningkatkan kualitas sperma. Faktanya, vitamin D untuk sperma sangatlah dibutuhkan.

Sebelum dan sesudah menikah biasanya pria disarankan untuk mengonsumsi makanan atau vitamin tertentu. Ditambah dengan asupan vitamin, sperma diharapkan bisa diproduksi dalam jumlah banyak dan meningkatkan kemungkinan terjadi pembuahan. Berikut ulasan tentang vitamin D untuk sperma.

Kriteria sperma yang berkualitas

Selama ini kita selalu tahu kalau sperma yang bisa membuahi sel telur adalah sperma yang berkualitas. Nah, sperma yang berkualitas ini sendiri seperti apa? Sebenarnya, ini kriteria sperma berkualitas:

  • Jumlah dari sperma per mililiter air mani
    Dalam satu mililiter air mani diharapkan ada sekitar 15 juta sel sperma. Kalau sel yang ada kurang dari ini, sperma tidak akan bisa membuahi sel telur dengan baik. Belum sampai ke tuba falopi, banyak sperma yang mati.
  • Bentuk sperma
    Normalnya sperma yang dihasilkan oleh pria memiliki bentuk memanjang. Bagian depan agak lancip dan ekornya bisa membuat gerakan dengan baik. Kalau bentuk sperma tidak normal, peluang melakukan pergerakan akan turun.
  • Kandungan DNA di dalamnya tidak rusak
    Kalau sampai rusak biasanya tidak bisa masuk serviks.
  • Pergerakan dari sperma
    Sering disebut dengan motilitas. Pergerakan sperma yang terganggu menyebabkan sel inti tidak bisa sampai ke rahim dan tuba falopi untuk melakukan pembuahan.

Manfaat vitamin D untuk sperma

Jika melihat berbagai kriteria sperma sehat yang telah dijabarkan sebelumnya, vitamin D membantu pria untuk memberikan kemampuan motilitas. Asupan vitamin yang masuk ke dalam tubuh akan membuat sperma bisa bergerak dengan lancar dan mempermudah terjadinya pembuahan.

Berdasarkan penelitian yang dipublikasikan pada jurnal Human Reproduction 2007 silam, vitamin D untuk sperma terbukti meningkatkan motilitas. Pemberian serum vitamin D secara rutin bisa mempercepat pergerakan sperma dengan cukup cepat. Selain itu, konsumsi vitamin D juga bisa mengatasi bentuk sperma yang tidak sempurna.

Penyebab pergerakan dari sperma jadi meningkat adalah adanya reseptor vitamin D yang ada pada sel itu sendiri. Saat konsumsi vitamin D meningkat dan tubuh menyerapnya dengan sempurna, sperma juga akan menggunakannya untuk meningkatkan kualitasnya.

Kekurangan vitamin D pada pria bisa melemahkan pergerakan sperma. Itulah kenapa meski pria bisa melakukan seks berkali-kali, tapi pembuahan susah terjadi. Hal ini terjadi karena ada defisiensi vitamin D.

Makanan dengan kandungan vitamin D

Vitamin D untuk sperma sangat penting untuk kesehatan, maka penuhi asupannya setiap hari. Anda bisa memenuhi vitamin D dengan mengonsumsi beberapa makanan di bawah ini.

  • Susu segar atau lahan.
  • Kuning telur. Kalau Anda ada alergi bisa sedikit dikurangi atau menggunakan ayam kampung.
  • Hati sapi yang sehat.
  • Minyak ikan kod.
  • Salmon, sarden, tuna, dan ikan laut lainnya. Selama tidak banyak cemaran logamnya, ikan ini bisa dikonsumsi dalam jumlah banyak.
  • Udang air tawar atau laut.
  • Sereal dengan tambahan vitamin D.

Selain mengonsumsi makanan di atas, vitamin D di dalam tubuh juga bisa dihasilkan dengan berjemur. Berdiamlah di bawah sinar matahari pagi sebelum pukul 09.00 selama 15 menit. Ulangi setiap hari secara teratur.

Itulah ulasan singkat mengenai manfaat vitamin D untuk sperma. Semoga ulasan di atas bermanfaat untuk Anda yang sedang berusaha memulai program kehamilan.