Terbit: 9 April 2020
Ditulis oleh: Devani Adinda Putri | Ditinjau oleh: dr. Eko Budidharmaja

Minuman vitamin C 1000 mg digunakan untuk meningkatkan sistem imun, mencegah infeksi, berperan sebagai antioksidan untuk melawan radikal bebas, dan manfaat kesehatan lainnya. Ketahui manfaat vitamin C 1000 mg dan apakah bahaya vitamin C dengan kadar sebanyak itu?

Vitamin C 1000 Mg: Manfaat, Bahaya, Rekomendasi Harian, dll

Apa Itu Vitamin C 1000 Mg?

Vitamin C 1000 mg adalah suplemen dengan kadar vitamin C hingga 1000 mg. Vitamin C adalah vitamin yang larut dalam air dan berperan sebagai antioksidan untuk membantu dan menjaga saraf, aliran darah, tulang, dan juga jaringan kulit.

Manfaat vitamin C juga untuk mendukung pertumbuhan, menyerap zat besi, meningkatkan sistem imun, dan menjaga tubuh dari serangan infeksi. Tubuh manusia tidak dapat memproduksi vitamin C sendiri, jadi asupan vitamin C biasanya didapatkan dari sayur dan buah seperti jeruk, stroberi, brokoli, kiwi, jambu, kembang kol, kentang, sawi, dll.

Bagi mereka yang tidak mendapat cukup asupan vitamin C dari menu makanan sehari-hari, maka mereka mungkin perlu mengonsumsi suplemen vitamin C tambahan. Sementara vitamin C 1000 mg biasanya ditujukan untuk mereka yang sedang sakit, demam, tidak enak badan, flu, atau pilek untuk membantu tubuh meningkatkan sistem imun dalam melawan infeksi.

Berapa Rekomendasi Asupan Vitamin C Harian Mg?

Berdasarkan anjuran dari Kementrian Kesehatan Republik Indonesia (Kemenkes), dosis vitamin C harian adalah sekitar 45 mg per hari dan batas dosis yang ditoleransi oleh tubuh adalah 2000 per hari.

Berikut ini informasi tentang dosis vitamin C harian bagi setiap orang berdasarkan usia:

Usia Rekomendasi Asupan Harian (RDA)
Anak 1-3 Tahun 15 mg
Anak 4-8 Tahun 25 mg
Remaja 9-13 Tahun 45 mg
Remaja 14-18 Tahun 65-75 mg
Wanita 19 ke Atas 75 mg
Laki-laki 19 Tahun ke Atas 90 mg
Wanita Hamil (19 Tahun dan Lebih Tua) 85 mg
Wanita Menyusui (19 Tahun dan Lebih Tua) 120 mg

Sementara itu, kelebihan vitamin C mungkin akan menimbulkan efek samping. Berikut ini adalah informasi tentang berapa kadar vitamin C yang dapat ditolerir oleh tubuh:

Usia Batas Toleransi Dapat Diserap Tubuh
Anak 1-3 Tahun 400 mg
Anak 4-8 Tahun 650 mg
Remaja 9-13 Tahun 1.200 mg
Remaja 14-18 Tahun 1.800 mg
Dewasa 19 ke Atas 2.000 mg

Kebutuhan harian vitamin C tersebut umumnya sudah bisa terpenuhi oleh makanan sehari-hari apabila Anda makan sehat. Sementara kadar vitamin C 1000 mg sangat tinggi hingga berkali-kali lipat dari asupan harian yang direkomendasikan, sisa kadar vitamin C tersebut biasanya akan dibuang melalui proses urinisasi karena tidak mampu diserap oleh tubuh.

Manfaat Vitamin C 1000 Mg untuk Kesehatan

Vitamin C adalah salah satu vitamin penting untuk kesehatan dan kebugaran tubuh secara keseluruhan. Terlepas dari berapa kadarnya, ketahui manfaat vitamin berikut ini:

1. Meningkatkan Sistem Imun

Membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh untuk menjaga tubuh dari berbagai serangan infeksi. Apabila sistem kekebalan tubuh Anda kuat, maka Anda akan terhindar dari infeksi atau tubuh Anda dapat memperbaiki sendiri infeksi tersebut agar cepat sembuh.

2. Mencegah Infeksi

Kekurangan vitamin C akan membuat Anda lebih rentan terpapar infeksi seperti infeksi dari virus influenza atau flu biasa. Kadar vitamin C yang rendah juga berpengaruh buruk pada kesehatan seperti gangguan kulit, nyeri otot, cepat lelah, nyeri sendi, dan gigi rapuh.

3. Mengatasi Flu

Manfaat vitamin C selanjutnya adalah untuk mengatasi gejala flu atau pilek biasa, termasuk demam, batuk, masuk angin, dan badan lemas. Berdasarkan penelitian, asupan vitamin C dapat mempersingkat durasi gejala masuk angin sebesar 18% pada anak-anak dan 8% pada orang dewasa.

4. Menjaga Kesehatan Sehari-hari

Berdasarkan penelitian pada tahun 1982, asupan vitamin C yang cukup dapat membantu mengatasi luka, luka sayatan, dan luka bakar jadi lebih cepat sembuh. Selain itu, vitamin C juga berperan sebagai kolagen dan antioksidan untuk memperbaiki berbagai kerusakan jaringan, mengurangi peradangan, melawan infeksi, dan menjaga kondisi tubuh.

Baca Juga: 8 Bahaya Kelebihan Vitamin C yang Harus Anda Ketahui

Selain itu, manfaat vitamin C 1000 mg lainnya meliputi:

  • Mengurangi risiko anemia karena vitamin C membantu penyerapan zat besi dengan baik
  • Mengurangi risiko terkena penyakit katarak
  • Menurunkan kadar kolesterol yang tinggi
  • Menjaga kesehatan kardiovaskular untuk mengurangi risiko hipertensi dan penyakit jantung
  • Membunuh tuberkulosis yang kebal obat (TB)
  • Digunakan untuk terapi kanker karena vitamin C berperan sebagai antioksidan dalam tubuh
  • Menjaga kesehatan dan kecantikan kulit

Melihat ada berbagai manfaat vitamin C 1000 mg untuk tubuh, bukan berarti Anda dapat mengonsumsinya setiap hari. Anda harus melihat tabel dosis vitamin C harian yang direkomendasikan dan mengonsumsi makanan sehat yang bervariasi dengan asupan nutrisi seimbang.

Perlukah Konsumsi Minuman Vitamin C 1000 Mg Setiap Hari?

Berdasarkan laporan dari American Journal of Clinical Nutrition, setiap manusia hanya mampu menyerap sekitar 120 mg sampai 200 mg vitamin C per hari. Apabila Anda mengonsumsi sebanyak seribu mg, maka sisanya akan dibuang dalam proses urine karena vitamin C memiliki sifat larut dalam air.

Jika Anda mengonsumsi minuman vitamin C 1000 mg, jangan terlalu banyak karena ini bisa berbahaya. Anda mungkin meminumnya setiap hari apabila Anda sedang sakit atau dalam perawatan kesehatan lainnya. Konsultasikan kembali pada dokter dosis vitamin C yang sesuai dengan kebutuhan harian Anda.

Sebenarnya, manusia tidak memerlukan minuman vitamin 1000 mg setiap hari karena asupan vitamin C sudah didapat dari buah dan sayur yang Anda konsumsi setiap hari. Selain itu, buah dan sayur memberikan Anda nutrisi dan vitamin seimbang untuk segala fungsi di tubuh Anda.

Baca Juga: 19 Buah yang Mengandung Vitamin C Tinggi (Tidak Kalah Dengan Jeruk)

Bahaya Vitamin C 1000 Mg Setiap Hari

Berikut ini bahaya vitamin C 1000 mg yang mungkin terjadi:

  • Diare
  • Mual dan muntah
  • Perut kembung
  • Kram perut
  • Sakit perut

Bahaya Vitamin C 1000 mg yang mungkin namun jarang terjadi termasuk:

  • Reaksi alergi
  • Pusing
  • Ruam kulit
  • Pembengkakan
  • Kelelahan
  • Masalah pernapasan

Walaupun efek samping minum vitamin C 1000 jarang terjadi, segera hubungi dokter apabila Anda mengalami efek samping serius.

Itulah pembahasan tentang bahaya vitamin C 1000 apabila diminum berlebihan. Konsultasi pada dokter apabila Anda butuh tambahan vitamin C di luar konsumsi sayur dan buah alami. Semoga informasi ini bermanfaat.

 

  1. Kemenkes. 2017. Awas! Overdosis Vitamin C. http://promkes.kemkes.go.id/?p=7949. (Diakses pada 9 April 2020).
  2. Nordqvist, Joseph. 2017. Vitamin C: Why is it important?. https://www.medicalnewstoday.com/articles/219352. (Diakses pada 9 April 2020).
  3. Snyder, Cecilia MS, RD. 2019. How Much Vitamin C Should You Take?. https://www.healthline.com/nutrition/how-much-vitamin-c-should-i-take-daily. (Diakses pada 9 April 2020).
  4. WebMD. 2020. C-1000. https://www.webmd.com/drugs/2/drug-58297/c-1000-oral/details. (Diakses pada 9 April 2020).
  5. Zeratsky, Atherine R.D., L.D. 2020. Nutrition and healthy eating. https://www.mayoclinic.org/healthy-lifestyle/nutrition-and-healthy-eating/expert-answers/vitamin-c/faq-20058030. (Diakses pada 9 April 2020).


DokterSehat | © 2020 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi